Pengertian Sosiologi dan Objek Studinya | Sosiologi Kelas 10

Kresnoadi Des 22, 2017 • 4 min read


sosiologi_10.jpg

Bagi kamu yang baru masuk SMA, mungkin kamu masih bingung karena tiba-tiba mendapat mata pelajaran sosiologi. Wah, pelajaran apa itu? Kalau kamu bertanya pengertian sosiologi kepada teman yang suka main plesetan, mungkin dia akan menjawab dengan, “Wah, itu mah pelajaran sok sial!” Kalau kamu bertanya kepada teman yang kelaparan, mungkin dia akan menjawab: “Sosis apaan tadi kata lo?”

Nah, sebenarnya apa itu sosiologi? Lalu, apa saja yang akan dipelajari selama SMA ini ya? Secara etimologis, istilah sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu “socio” yang berarti kawan/masyarakat, dan “logos” yang berarti “ilmu”.

Dari sini, banyak pakar yang mendefinisikan sosiologi. Di antaranya:

EMILE DURKHEIM

Sosiologi adalah ilmu yang memelajari fakta-fakta sosial. Yaitu fakta-fakta yang berisikan cara bertindak, berpikir, dan merasakan yang mengendalikan individu.

MAX WEBER

Sosiologi adalah ilmu yang memelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beranekaragam gejala sosial (seperti misalnya, gejala ekonomi, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala moral).

PETER L. BERGER

Sosiologi bertujuan untuk memahami masyarakat sehingga daya tarik sosiologi terletak pada kenyataan yang memungkinkan kita untuk memperoleh gambaran lain mengenai dunia yang sudah kita tempati sepanjang hidup.

AUGUSTE COMTE

Sosiologi adalah ilmu yang bertujuan untuk mengetahui masyarakat dan, dengan pengetahuan itu, seseorang dapat menjelaskan, meramal, serta mengontrol masyarakat.

WILLIAM F. OGBURN DAN MAYER F. NIMKOFF

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi social.

SELO SOEMARDJAN DAN SOELAEMAN SOEMARDI

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang memelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

Nah, ada beragam banget, kan, pengertian sosiologi. Tapi jangan khawatir, RG Squad. Secara sederhana, sosiologi bisa kita anggap sebagai “ilmu yang memelajari tentang masyarakat”.

pengertian sosiologi

Pertanyaannya adalah, masyarakat yang seperti apa? Bagian apa yang dipelajari dari sosiologi. “Bagian apa yang dipelajari” ini disebut sebagai objek sosiologi. Untuk menjawab ini, ada beberapa pendapat para tokoh yang bisa menjawabnya:

EMILE DURKHEIM

Dari pengertian sosiologi yang digagas Durkheim di bagian atas, kita bisa tahu bahwa sosiologi memelajari tentang fakta-fakta sosial. Contohnya, hukum-hukum yang mengatur tingkah laku manusia.

Baca juga: Pengertian Masalah Sosial dan 5 Kriteria untuk Menentukannya

MAX WEBER

Berbeda dengan Durkheim, Webber lebih berfokus pada “tindakan sosial” yang mempertimbangkan perilaku orang lain. Seperti apa itu? Misalnya, kamu dengan sengaja membawa speaker ke tengah jalan. Menyetel musik kencang-kencang, lalu berjoget untuk menarik pehatian orang lain. Itu yang disebut dengan “tindakan sosial” karena kamu dengan sengaja membuat orang lain merespon tindakanmu.

Sebaliknya, kalau kamu sedang di jalan, lalu, ketika mendengar dentuman gendang dangdut, kamu refleks berjoget. Nah, itu bukan sebuah tindakan sosial karena tidak berorientasi pada perilaku orang lain.

C. WRIGHT MILLS

Mills berpendapat bahwa untuk memahami apa yang terjadi di dunia maupun dalam diri manusia, kita membutuhkan “Sociological imagination” (khayalan sosiologis). Dengan khayalan itu, kita dapat memahami sejarah masyarakat, riwayat hidup pribadi, serta hubungan antara keduanya.

AUGUSTE COMTE

Comte berpendapat bahwa ilmu sosiologi terbagi menjadi dua, yaitu statika sosial dan dinamika sosial. Statika sosial adalah sosiologi yang memelajari pola hubungan masyarakat yang bersifat statis (tetap). Misalnya, lembaga atau sistem hukum. Sementara dinamika sosial berarti sosiologi memelajari perubahan sosial dalam masyarakat. Contohnya: globalisasi.

Objek pengertian sosiologi

 

Dari berbagai pendapat para tokoh tadi, bisa kita simpulkan bahwa objek studi sosiologi adalah masyarakat, dengan mengamati hubungan antarmanusia dan proses sebab-akibat yang timbul dari hubungan itu.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, apa itu pengertian ilmu sosiologi dan apa saja objek studinya. Ingin tahu lebih dalam tentang materi sosiologi? Yuk segera tonton berbagai video pembelajaran menarik dan animasi menarik di ruangbelajarDi sana, kamu ga akan mendapat latihan soal serta rangkuman menggunakan infografis yang membuat kamu gampang menangkap isi materinya, lho!

 

ruangbelajar

Beri Komentar