Mengenal Teks Cerita Sejarah: Pengertian, Ciri, Struktur & Contoh | Bahasa Indonesia Kelas 12

pengertian-teks-cerita-sejarah-ciri-struktur-contoh

Tahukah kamu, dalam Bahasa Indonesia, kita juga belajar cara menulis teks cerita sejarah yang benar agar mudah dipahami para pembaca, loh. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apakah kamu pernah membaca cerita asal-usul suatu benda atau peristiwa? Yap, teks cerita tersebut bisa kita katakan sebagai teks cerita sejarah. Nah, tahukan kamu apa yang dimaksud dengan sejarah? Jadi, sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai macam peristiwa. Nah, peninggalan-peninggalan itulah yang disebut sebagai sumber sejarah.

 

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Oke, berdasarkan definisi sejarah di atas, dapat kita simpulkan nih bahwa teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan atau menceritakan tentang fakta atau kejadian masa lalu, yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Teks cerita sejarah memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan jenis teks yang lain, loh. Apa saja kah itu? 

 

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Karena cerita sejarah itu menceritakan serangkaian peristiwa yang telah terjadi di masa lalu, maka teks cerita sejarah akan berisi fakta-fakta. Kemudian, teks cerita sejarah juga harus disampaikan secara runut (kronologis), sesuai dengan waktu terjadinya peristiwa sejarah tersebut.

Kan nggak enak ya, kalau misalnya, kita baca cerita sejarah proklamasi kemerdekaan, tapi rangkaian peristiwanya ngacak, yang ada malah bikin pusing. Hehehe… Terakhir, teks cerita sejarah akan banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti lalu, kemudian, sejak, selama, hingga, dsb.     

ciri-ciri teks cerita sejarah

Baca Juga: Gimana Sih Cara Menulis Teks Cerita Sejarah Singkat?

 

Struktur Teks Cerita Sejarah

Lanjut, kita bahas struktur teks cerita sejarah. Nah, cerita sejarah disusun oleh tiga macam bagian, yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Hmm, apa ya maksud dari ketiga istilah tersebut? 

1. Orientasi

Struktur yang pertama, yaitu orientasi. Bagian ini berisi pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah. Biasanya, pada struktur ini menggunakan jenis kalimat deskriptif.

2. Urutan peristiwa

Kemudian, masuk ke bagian urutan peristiwa. Sesuai dengan namanya, bagian ini berisi rekaman peristiwa sejarah yang terjadi dan disusun berdasarkan urutan kronologis.

3. Reorientasi

Struktur teks cerita sejarah yang terakhir, yaitu reorientasi. Bagian ini berisi komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya. Umumnya bersifat optional (boleh ditulis atau tidak). Pada struktur ini, biasanya juga memuat dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Tapi diingat yah, struktur ini boleh ditulis atau tidak.

 

Contoh Teks Cerita Sejarah

Nah, sebelumnya kita sudah mengetahui pengertian, struktur, dan ciri teks cerita sejarah, nih. Sekarang, kurang afdhol kalau kita nggak lanjut ke contoh cerita sejarahnya. Berikut ini ada contoh teks cerita sejarah yang sudah dibedah berdasarkan struktur teksnya. Bisa kamu pahami untuk dijadikan referensi dalam membuat teks cerita sejarah, ya. 

 

Sejarah Terciptanya Instagram

Orientasi:

Siapa yang tidak kenal dengan instagram? Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mem-filter digital, menambahkan efek, dan mempublikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk ke dalam jejaring Instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama yakni “insta” yang berarti “instan” seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Dan kata “gram” mengarah pada kata “telegram” yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan Peristiwa:

Burbn, Inc yang merupakan perusahaan start up teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu. Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemrograman yakni HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike Krieger dan Kevin Systorm selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal saja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil menciptakan versi pertama dari Instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari Instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya. Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi Burbn (Instagram) ini akhirnya sudah dapat diujicoba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya Mike dan Kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial Instagram saat ini.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal  09 April diumumkan sebuah berita besar yakni saham dan kepemilikan Instagram akan diambil alih oleh Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi:

Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat Instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial Instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

Baca Juga: Yuk, Simak Lebih Lanjut 7 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat beserta Jenis dan Strukturnya!

 

Gimana, nih, apa kamu sudah semakin paham mengenai materi teks cerita sejarah di pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 ini? Buat yang masih bingung, jangan khawatir ya. Yuk,coba belajar seru dan menyenangkan melalui ruangbelajar. Video belajar beranimasi, soal latihan dan rangkumannya akan membantu kamu membuat belajar jadi mudah.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi
Maryanto dkk. 2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Artikel diperbarui 29 Agustus 2022.

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D