Pengertian Teks Editorial dan Kaidah Penulisannya|Bahasa Indonesia Kelas 12

Bahasa Indonesia Kelas 12 : Pengertian Teks Editorial

Pernah nggak sih RG Squad mendengar dan melihat teks editorial? Itu lhoo yang biasa muncul di koran atau majalah. Atau RG Squad jarang ya membaca koran dan majalah? Nah, biasanya itu, teks editorial membahas tentang isu-isu terkini. Jika RG Squad belum pernah melihat teks editorial, disini ruangguru akan menjelaskan pengertian teks editorial. Teks editorial itu adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Teks editorial juga memiliki kaidah kebahasaan sendiri. Pada teks editorial, kalian akan menemukan kata-kata adverbia, konjungsi, verba rasional, verba mental dan verba material. Pasti bingung deh apa maksud dari kaidah itu semua, ini ruangguru kasih penjelasannya:

  • Adverbia, merupakan kata keterangan yang ada dalam teks editorial. Biasanya yang sering muncul dalam teks editorial adalah adverbia frekuentatif. Adverbia frekuentatif yang menggambarkan makna berhubungan dengan tingkat kekerapan terjadinya sesuatu yang diterangkan adverbia itu. Contohnya seperti kata-kata selalu, biasanya, sering, kadang-kadang, jarang, sebagian besar waktu.
  • Konjungsi, merupakan kata penghubung. Biasanya banyak ditemukan konjungsi antarkalimat, seperti bahkan, malahan, dan sesungguhnya.
  • Verba material, merupakan kata kerja yang menunjukkan perbuatan fisik atau peristiwa. Contohnya membaca, menulis, dan memukul.
  • Verba relasional, merupakan kata kerja yang menunjukkan hubungan intensitas (pengertian A adalah B), dan milik (mengandung pengertian A mempunyai B)
  • Verba mental, merupakan kata kerja yang menerapkan persepsi (melihat, merasa), afeksi (suka, khawatir) dan kognisi (berpikir,mengerti)

kaidah kebahasaan pada teks editorial

Bagaimana? Sudah paham pengertian teks editorial dan kaidah penulisannya belum RG Squad? Jangan lupa, dalam menulis teks editorial, kalian harus memperhatikan kelima kaidah kebahasaan tadi. RG Squad juga bisa sambil melihat teks-teks editorial pada koran dan juga majalah. Nah, kalau RG Squad sudah paham, kalian bisa lanjut membaca struktur teks editorial dan langkah penyusunannya.

Yuk, belajar menulis teks editorial! Kalian bisa ditemani sama tutor yang andal dan asyik hanya di ruangguru digitalbootcamp.

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar