Teks Iklan: Pengertian dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 8

Teks Iklan

Squad, kamu tentu sering melihat iklan yang muncul di televisi atau di internet 'kan? Walaupun begitu, pasti tidak semua iklan yang muncul dapat kita pahami apa maksudnya. Nah ternyata, sebelum iklan ditayangkan atau dipublikasikan harus terdapat teks tertulisnya sebagai naskah panduan. Apa saja yang ada di dalam naskah tersebut? Mari kita cari tahu!

Teks iklan merupakan sebuah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang atau jasa. Biasanya iklan disampaikan melalui media masa seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.

struktur teks iklan.png

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

  • Persuasif. Kata-kata yang terdapat dalam teks iklan harus persuasif (bersifat mengajak) agar para konsumen yakin dan percaya terhadap produk/jasa yang ditawarkan.
  • Imperatif. Imperatif merupakan permintaan, ajakan, dorongan atau larangan. Biasanya ditandai dengan kata-kata, seperti ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo dan janganlah.
  • Berima. Biasanya kata-kata yang terdapat dalam sebuah iklan memiliki rima atau pengulangan nada yang sama agar iklannya menarik dan berkesan bagi konsumen.
  • Berkesan positif. Sebuah barang/produk yang ditawarkan akan memiliki saingan atau lawan. Untuk itu dalam sebuah iklan jangan sampai menjelek-jelekkan atau bahkan sampai menghina produk/jasa lain. Bersaing secara sehat yang lebih penting dan membuktikan produk/jasa yang ditawarkan memang lebih baik daripada yang lain.
  • Ringkas. Iklan yang menarik biasanya iklan yang tidak bertele-tele tetapi langsung menyampaikan apa maksud dan tujuannya. Iklan yang ringkas juga berfungsi untuk memudahkan konsumen mengingat dan membuat kesan kepada konsumen.
  • Fakta. Dalam sebuah iklan harus terdapat sebuah fakta. Misalnya alamat perusahaan yang benar-benar ada, dan produk yang benar-benar ada. Biasanya sebuah fakta berupa pernyataan yang bisa dibuktikan kebenarannya dan bukan berupa pendapat seseorang.

contoh iklan.jpg

CONTOH IKLAN

Squad, coba lihat contoh iklan Ruangguru di atas. Terdapat beberapa struktur yang membangunnya, yaitu:

  • Judul

Judul yang ada dalam iklan di atas adalah “Akses Latihan Topik di ruangbelajar GRATIS!”.Dalam iklan ini ruangbelajar merupakan sebuah produk belajar yang menyediakan latihan soal secara gratis tanpa biaya. Judul biasanya mempunyai tulisan yang lebih besar sehingga dapat langsung terlihat.

  • Nama produk

Produk yang diiklankan yaitu bernama ruangbelajar. Nama produk dapat dilihat di sudut kanan atas dan juga pada judul teks iklan.

  • Deskripsi produk

Deskripsi produk dari iklan di atas adalah “Sekarang kamu bisa akses Latihan Topik secara gratis di setiap mata pelajaran yang ada di ruangbelajar!” dan “Tersedia untuk semua jenjang dari kelas 1 sampai 12 dan SBMPTN”. Selain itu, terdapat informasi tambahan bahwa kamu dapat men-download aplikasi Ruangguru di Google play dan App Store. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan karena kalian bisa mengakses aplikasi tersebut ditelepon genggam kalian ketika kalian berada di mana saja.

Walaupun sangat dekat dengan keseharian kita, ternyata banyak hal yang belum kita ketahui dibalik sebuah tayangan iklan. Untuk membuat sebuah iklan yang baik, banyak unsur yang harus diperhatikan agar masyarakat dapat mengenali produk atau jasa yang diiklankan. Mau belajar materi lainnya? Yuk, belajar di Ruangguru On-The-Go. Kamu bisa menonton ribuan video belajar beranimasi tanpa kuota dan kuis latihan yang akan membuat #BelajarJadiMudah.

ruangguru on the go

Beri Komentar