Pengertian Tenaga Kerja, Angkatan Kerja dan Kesempatan Kerja

Ekonomi_10
Squad, masih ingatkan faktor-faktor produksi yang kemarin sudah kita bahas? Jika belum ingat baca dulu ya Pengertian Produksi dan Prosesnya.

Nah, Squad ternyata tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi yang penting bagi setiap negara. Tanpa adanya tenaga kerja, faktor produksi alam dan faktor produksi modal tidak dapat digunakan secara optimal. Lalu apa sih sebenarnya tenaga kerja itu, yuk cari tahu!

mandarnesiacomTenaga kerja (Sumber: mandarnesia.com)

Sebelumnya, kamu tahu tidak berapa total populasi penduduk Indonesia? Pada tahun 2017 penduduk Indonesia mencapai sekitar 260 juta lho dan karenanya Indoensia manjadi negara berpenduduk terpadat nomor empat di dunia. Nah, penduduk dalam suatu negara dibagi menjadi dua bagian yakni kelompok tenaga kerja dan kelompok bukan tenaga kerja. Kelompok tenaga kerja adalah penduduk berusia produktif yaitu berusia antara 15-64 tahun. Bagaimana dengan penduduk yang berumur kurang dari 15 tahun dan lebih dari 64 tahun? Tentu saja mereka termasuk dalam kategori bukan tenaga kerja.

Baca Juga: Macam-macam Sistem Ekonomi

Squad, ternyata tenaga kerja dibagi lagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok angkatan kerja dan kelompok bukan angkatan kerja. Perbedaan angkatan kerja dan bukan angkatan kerja adalah pada batasan kerja. Angkatan kerja adalah penduduk yang telah bekerja atau masih mencari pekerjaan. Sebaliknya, bukan angkatan kerja adalah penduduk yang tidak bekerja, tidak mempunyai pekerjaan dan sedang tidak mencari pekerjaan, misalnya pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan pensiunan.

Pencari kerja (Sumber : paskotanews.com)

Untuk menjalankan kegiatan perekonomi pasti membutuhkan tenaga kerja. Kebutuhan akan tenaga kerja disebut sebagai kesempatan kerja. Definisi dari kesempatan kerja merupakan tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja yang membutuhkan pekerjaan. Sejalan dengan pertumbuhan penduduk, jumlah angkatan kerja dan tenaga kerja juga meningkat, namun tidak dibarengi dengan kesempatan kerja yang sama. Oleh karena itu, dari sekian banyak angkatan kerja ada penduduk yang tidak bekerja atau disebut sebagai pengangguran.

Nah, karena itu dapat disimpulkan bahwa semakin banyak lapangan kerja yang tersedia dalam suatu negara, semakin besar pula kesempatan kerja bagi tenaga kerja, sehingga semakin kecil tingkat pengangguran, dan berlaku sebaliknya.

Gimana Squad sudah mengertikan? Atau masih ada bingung-bingung? Atau mau belajar lebih banyak materi lagi? Yuk bergabung belajar seru dengan ruanglesonline. Dengan ruanglesonline, kamu dapat mengerjakan tugas-tugasmu dengan mudah bersama tutor handal dan profesional! Seru banget ya, Squad! Yuk, bergabung sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar