Penggolongan Materi Secara Fisika: Padat, Cair, Gas | Fisika Kelas 7

Penggolongan Materi secara Fisika - Fisika 7

Dalam Fisika, materi digolongkan menjadi tiga macam, yaitu padat, cair, dan gas. Artikel Fisika kelas 7 ini akan menjelaskan pengertian materi, serta ketiga macam wujudnya.

 

Siapa sih di antara kamu yang nggak suka makan es krim? Rasanya yang manis dan lembut ini, pasti bikin banyak orang yang suka, ya. Apalagi kalo dimakannya pas siang hari yang terik. Beuuhh… segeerrr…!!!

Kamu tau nggak, es krim ini termasuk ke dalam materi loh, dan materi itu terbagi menjadi tiga macam wujud. Wah, apa tuh materi? Nah, di artikel ini kita akan bahas pengertian materi serta macam-macam wujudnya. Yuk, langsung aja kita simak, ya!

 

Apa Itu Materi?

Materi merupakan segala sesuatu (zat) yang menempati ruang dan memiliki massa. Maksudnya menempati ruang itu apa, sih? Artinya, materi ini memiliki volume. Sementara itu, maksud memiliki massa ini, artinya materi memiliki berat.

Contohnya kayak es krim tadi, teman-teman. Es krim itu termasuk materi karena bisa kita masukkan ke dalam wadah (memiliki volume). Terus, kalo kita pegang es krimnya, pasti akan terasa beratnya. Yaaa… walaupun nggak berat-berat banget, sih. Hehehe…

Penggolongan Materi secara Fisika - Pengertian Materi

 

Sampai sini, kamu paham ya mengenai materi? Intinya, materi itu punya dua syarat, yaitu punya volume dan massa.

Baca Juga: Macam-Macam Sifat dan Perubahan Bentuk Zat

 

Klasifikasi Materi

Nah, dari tadi kita ngomongin kalo materi itu punya volume dan massa. Tapi, kenapa bisa begitu? Alasannya karena materi ini punya wujud. Dalam fisika, materi digolongkan menjadi tiga macam wujud atau bentuk, yaitu padat, cair, dan gas. Masing-masing wujud ini, punya ciri yang berbeda-beda.

Penggolongan Materi secara Fisika - Padat-Cair-Gas

 

Sekarang, coba kamu lihat gambar di atas, deh. Ketiga materi tersebut, punya susunan partikel yang berbeda, berdasarkan wujudnya. Materi yang wujudnya padat memiliki susunan partikel yang rapat-rapat. Kemudian, materi yang berwujud cair, partikel penyusunnya agak sedikit renggang. Sementara itu, materi berwujud gas, susunan partikelnya saling berjauhan.

Baca Juga: Penggolongan Materi secara Kimia: Unsur, Senyawa, dan Campuran

Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai perbedaan materi berwujud padat, cair, dan gas, kita baca berikut ini:

 

Penggolongan Materi Secara Fisika - Padat

Pengertian Benda Padat

Benda padat adalah segala sesuatu yang partikel-partikel penyusunnya tertata rapat, serta memiliki susunan atom dan molekul yang teratur. Banyak sekali benda padat disekitar kita. Kamu juga bisa memegang dan memindahkannya tanpa mengubah bentuknya.

Tapi, kalau kamu ingin merubah wujud benda padat, kamu bisa melakukan beberapa perlakuan, seperti diberi panas, memotongnya, mengguntingnya, melipat, diberi tekanan tinggi, dan sebagainya.

 

Sifat-Sifat Benda Padat

Mengutip buku yang berjudul Rumus Jitu Fisika SMP karya Hendri Hartanto, S.Pd, terdapat beberapa sifat benda padat, yaitu sebagai berikut:

  • 1. Wujudnya bisa kita lihat.
  • 2. Mempunyai massa dan menempati ruang.
  • 3. Bentuknya tetap, tidak mudah berubah.
  • 4. Partikel benda padat memiliki susunan teratur dan letak partikelnya berdekatan.
  • 5. Volume zat padat tidak akan berubah (volume tetap), meskipun dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, hal ini karena massanya juga cenderung tetap.

 

Contoh Benda Padat

Contoh materi berwujud padat itu ada banyak ya, teman-teman. Misalnya aja es batu. Es batu termasuk materi berwujud padat. Susunan partikelnya rapat-rapat, makanya permukaan es batu keras (padat). Karena padat, bentuk dan volume es batu bakal tetap.

Contoh benda padat lainnya, antara lain batu, kayu, besi, tanah liat, keramik, kapas, kaca, plastik, buku, tembok, dan masih banyak lagi.

 

Penggolongan Materi Secara Fisika - Cair

Pengertian Benda Cair

Sementara itu, benda cair adalah segala sesuatu yang partikel-partikel penyusunnya bergerak bebas, serta memiliki susunan atom dan molekul yang agak renggang. Oleh karena itu, benda cair cenderung berubah mengikuti bangun tempatnya.

 

Sifat-Sifat Benda Cair

Sama seperti benda padat, terdapat beberapa sifat benda cair yang bisa kamu ketahui, di antaranya:

  • 1. Bentuknya tidak tetap. Bentuk benda cair berubah-ubah, tergantung pada tempatnya.
  • 2. Volumenya tetap. Seperti benda padat, benda cair juga memiliki volume yang tetap karena molekul-molekulnya cukup rapat.
  • 3. Mengalir. Maksudnya, benda cair bisa mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah.
  • 4. Memiliki sifat kapilaritas. Maksudnya, benda cair memiliki sifat yang dapat meresap melalui celah-celah kecil.

 

Contoh Benda Cair

Air termasuk contoh materi berwujud cair. Nah, kalo kita taruh ke dalam wadah, air ini akan mengikuti bentuk wadah tersebut. Misalnya, kalo kita taruh air ke dalam gelas, bentuknya akan seperti gelas. Kalo kita masukkan ke dalam mangkok, bentuknya seperti mangkok, dan sebagainya.

Hal ini disebabkan karena partikel-partikel penyusun air memiliki jarak yang agak berjauhan, sehingga partikel-partikelnya pun bisa bergerak mengikuti wadahnya. Makanya, bentuk air akan berubah-ubah, tapi volumenya tetap sama.

Nah, contoh benda cair yang bisa kita temukan di sekitar kita, ada air mineral, teh, kopi, soda, minyak goreng, sirup, dan masih banyak lagi.

 

Penggolongan Materi Secara Fisika - Gas

Pengertian Benda Gas

Benda gas adalah segala sesuatu yang partikel-partikelnya dapat bergerak sangat bebas, serta memiliki susunan atom dan molekul yang saling berjauhan. Oleh karena itu, benda gas bisa berubah-ubah dan sulit dilihat langsung dengan mata karena molekulnya sangat kecil.

 

Sifat-Sifat Benda Gas

Nah, kalau sifat benda gas, di antaranya:

  • Bentuknya tidak tetap. Sama seperti benda cair, benda gas memiliki bentuk yang tidak tetap karena molekul-molekulnya bergerak secara bebas dan acak. Oleh karena itu, bentuk benda gas sesuai dengan bentuk wadahnya.
  • Volumenya tidak tetap. Benda gas mengisi seluruh ruang yang tersedia, sehingga tidak memiliki volume yang tetap. Selain itu, benda gas dapat mengembang atau menyusut sesuai dengan kondisi lingkungannya.
  • Mengalir. Benda gas juga dapat mengalir dengan bebas dan dapat mengisi seluruh ruang yang tersedia.

 

Contoh Benda Gas

Salah satu contoh benda gas adalah uap air. Uap air ini, biasanya dihasilkan dari air yang dipanaskan hingga mendidih. Uap air berwujud gas, ya. Partikel-partikel penyusun uap air ini sangat renggang, sehingga bisa bergerak bebas. Makanya, bentuk dan volume uap air bisa berubah-ubah, mengikuti bentuk wadahnya.

Contoh benda gas lainnya ada udara, helium, natrium, karbon dioksida, asap, dan masih banyak lagi.

Penggolongan Materi secara Fisika - Wujud Materi

 

Oke, sekarang kamu sudah tau nih mengenai tiga wujud materi secara fisika. Ada padat, cair, dan gas. Terus, kita juga sudah tau kalo ketiga materi tersebut punya ciri yang berbeda-beda. Sekarang, coba deh, sebutkan contoh materi berwujud padat, cair, dan gas lainnya. Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya! Hehehe…

Wah, seru banget kan materi kali ini? Kalo kamu ingin memelajari materi fisika kelas 7 lainnya dengan lebih mudah, segera daftar di ruangbelajar. Di sana, kamu akan mendapat berbagai rangkuman yang berisi infografis menarik dan video pembelajaran, lengkap dengan animasi yang mendukung, lho!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

 

Artikel ini telah diperbarui pada 29 Agustus 2023.

Hani Ammariah