Penggolongan Materi Secara Fisika: Padat, Cair dan Gas | Fisika Kelas 7

Kresnoadi Des 28, 2017 • 2 min read


Fisika_7.jpg

Kalian tahu nggak RG Squad, terdapat dua cara untuk menggolongkan materi, yaitu secara fisika dan secara kimia. Nah, di artikel ini kita akan membahas terlebih dahulu tentang penggolongan secara fisika. Penggolongan secara fisika itu lebih menekankan pada wujud materi, seperti padat, cair, dan gas.

penggolongan materi secara fisika

Diagram perubahan wujud

sumber: fismath.com

Umumnya, berbagai jenis materi yang terdapat di alam berbeda bentuk fisis karena perbedaan keadaan. Contohnya air, terdapat sebagai es (air dalam wujud padat), air yang berwujud cair, dan sebagai uap air (gas).

Seputar penggolongan materi secara fisika

Hal serupa, klor normalnya berupa gas, dapat membentuk cairan berwarna kuning atau padatan pada keadaan yang sesuai.

Ciri utama suatu zat padat adalah memiliki sifat tegar. Padatan cenderung mempertahankan bentuknya jika diterapkan gaya luar. Di sisi lain, benda berupa cairan dan gas berfluida. Itu artinya zat cair dan gas dapat mengalir dan bentuknya dapat berubah jika dikenai gaya luar.

Baca juga: Perubahan Fisika dan Kimia

Perbedaan antara bentuk gas, dan cairan adalah sifat kedapat-mampatannya. Gas mudah dimampatkan, sedangkan cairan sukar dimampatkan. Kedua sifat itu, yakni ketegaran dan kemampatan dapat digunakan untuk mendefinisikan ketiga wujud materi.

Padatan, bentuk materi dicirikan oleh ketegarannya. Padatan relatif tidak dapat dimampatkan dan mempunyai bentuk serta volume yang tetap. Cairan bentuk materi yang relatif tidak dapat dimampatkan dan mempunyai volume tetap, tetapi bentuknya dapat berubah. Sementara uap merupakan bentuk materi yang relatif dapat dimampatkan, sejumlah gas memiliki bentuk dan ukuran sesuai dengan wadahnya.

Sifat-sifat lain seperti kerapatan dapat juga digunakan untuk membedakan ketiga wujud materi. Padat dan cairan mempunyai kerapatan relatif tinggi dibandingkan gas.

tentang penggolongan materi secara fisika

RG Squad sudah paham kan tentang penggolongan materi secara fisika? Jadi harus kalian pahami bahwa penggolongan secara fisika itu lebih menekankan pada wujud materi, seperti padat, cair, dan gas. Selain penggolongan materi secara fisika, ada juga penggolongan materi secara kimiayang harus kalian pahami.

Kalau kamu ingin memelajari materi dengan lebih mudah, segera daftar ruangbelajar. Di sana kamu akan mendapat berbagai rangkuman yang berisi infografis menarik dan video pembelajaran lengkap dengan animasi yang mendukung, lho!

New Call-to-action

 

Beri Komentar