Penggunaan Articles dalam Bahasa Inggris: A, An, The

Penggunaan Articles dalam Bahasa Inggris: A, An, The

Squad, setelah kemarin kita mempelajari noun, saatnya kita mempelajari articles. apa sih, articles itu? Sama kayak yang ada di majalah nggak, ya? Nah, articles yang dimaksud kali ini berbeda dengan yang biasanya ada di majalah. Apa sih, bedanya? Articles yang akan kita bahas hari ini merupakan penyebut kata benda dalam Bahasa Inggris. Wah, ada apa saja, tuh? Sekarang akan kita bahas dulu tentang articles a, an, dan the, ya! 

Baca Juga: Serba-Serbi Noun dalam Bahasa Inggris

A dan An

Untuk memulai penjelasan tentang articles, kita perhatikan dulu yuk, kalimat di bawah ini! 

  1. A banana is yellow. (Singular Count)
  2. Bananas are yellow. (Plural Count)
  3. Fruit is good for you. (Noncount)

Pada (1) dan (2), pembicara membicarakan seluruh pisang (any and all bananas in general), sedangkan pada (3), pembicara membicarakan seluruh buah-buahan. Jangan lupa ya, untuk membuat generalisasi pada plural count dan noncount, tidak perlu ada artikel yang digunakan, ya! 

Wah, penggunaan artikel a dan an itu saja? Atau ada yang lain? Ternyata, masih ada lagi nih. Yuk, kita perhatikan kalimat di bawah ini!

  1. I ate a banana. (Singular Count)
  2. I ate some bananas. (Plural Count)
  3. I ate some fruit. (Noncount)

Pada kalimat (1) pembicara tidak menjelaskan secara lebih lanjut, pisang yang mana yang ia makan. Apakah”this banana”that banana” atau ”that banana you gave me.” Fokus pada kalimat (1) adalah jumlah pisang yang dimakan oleh pembicara, yaitu sebanyak 1 buah pisang. Sedangkan pada kalimat (b) dan (c), kata some digunakan untuk menyatakan bahwa benda tersebut merupakan benda dengan satuan jamak. 

Penggunaan Articles dalam Bahasa Inggris: A, An, The

The

Kamu bisa menggunakan article the jika lawan bicaramu mengenali objek yang kamu maksud dalam kalimat. Kamu bisa menggunakan the untuk penyebutan yang kedua dalam indefinite noun, ya! Contohnya seperti ini, Squad: 

 Yesterday, I saw some dogs. The dogs were chasing a cat. The cat was chasing a mouse. The mouse ran into a hole. The hole was very small.

Nah, berdasarkan pada kalimat di atas, kita dapat menggunakan artikel the untuk merujuk kata benda yang sudah diucapkan pada kalimat sebelumnya. Misalnya, kata the dogs digunakan karena pada kalimat pertama kata some dogs sudah dicantumkan. 

Penggunaan Articles dalam Bahasa Inggris

Jangan lupa, kamu tidak bisa menggunakan artikel the pada kata benda jamak bila kamu ingin membuat generalisasi. Oleh karena itu, kamu tidak bisa menulis The apples are my favorite fruit, melainkan apples are my favorite fruit. Selain itu, jangan gunakan sebuah singular count noun tanpa menggunakan artikel (a,an,the), this/that atau possessive pronoun (my, his, her, our, their, your), ya! Squad, biasanya the juga digunakan pada singular generic count noun namun hanya pada spesifikasi tertentuContohnya bisa kita lihat di bawah ini, ya!

Penggunaan Articles dalam Bahasa Inggris

Squad! Sudah lebih paham kan, mengenai articles a, an, dan the? Supaya makin paham dan nggak terbolak-balik, yuk belajar bersama ruanglesonline. Tinggal foto PR-mu yang sulit, lalu tanyakan deh ke kakak tutor yang berpengalaman. Kapan lagi kan, belajar di mana saja dengan HP-mu? Yuk, belajar bareng di ruanglesonline! 

New Call-to-action

Beri Komentar