Penghematan Energi Listrik | IPA Terpadu Kelas 6

penghematan energi listrik
 

Petualangan Roro dan Guntur kali ini akan bercerita tentang penghematan energi listrik. Kira-kira seperti apa ya cerita yang mereka alami? Penasaran kan? Baca sampai selesai ya.

---

“Jari kamu masih sakit ngga?” tanya Roro.

“Lumayan membaik,” jawab Guntur.

“Lain kali kalau mau petik mawar hati-hati ya,” ucap ayah Roro.

“Iya Om. Sekarang aku jadi lebih paham tentang adaptasi morfologi tumbuhan dan hewan setelah kejadian jari aku luka. Hehehehe….,” bilang Guntur sambil tertawa.

Mereka berjalan menuju ruang makan di rumah Roro. Di meja makan, sudah tersaji makan siang yang sudah disiapkan.

“Ayo Roro, Guntur makanannya dihabiskan ya,” ujar ayah Roro.

Mereka duduk bersama menikmati makan siang. Tiba-tiba Ibu Roro datang dan memanggil Roro.

“Roro, kamu sepertinya lupa sesuatu deh,”ucap ibu Roro.

“Apa, Bu?” tanya Roro heran.

“Hmmm...kamu sering banget nih lupa matiin lampu kamar dan mematikan AC,”

“Astaga...iya aku lupa. Sebentar-sebentar aku matikan dulu,”

“Sudah ibu matikan tadi, Ro. Kamu sekarang makan saja dulu, temani Guntur,”

“Wah, kamu sering lupa mematikan peralatan listrik yang sudah tidak digunakan ya, Ro?” tanya Guntur.

“Iya,” jawab Roro singkat.

penghematan energi listrik - mematikan peralatan listrik
 

“Sayang banget energi listriknya tuh. Memang sih kita butuh peralatan listrik itu, tapi kita harus melakukan penghematan energi listrik juga. Salah satu caranya dengan mematikan peralatan listrik saat tidak digunakan ,” ucap Guntur.

“Bukannya energi listrik yang kita pakai ini tidak akan habis ya?” tanya Roro.

“Eh jangan salah, energi listrik yang ada di Indonesia ini masih menggunakan sumber energi yang sifatnya terbatas,” jawab ayah Roro.

“Betul kata ayah kamu Ro. Energi listrik yang dipakai di Indonesia berasal dari pembangkit listrik tenaga minyak bumi dan batu bara yang sifatnya bisa saja habis sewaktu-waktu". Kalau sudah habis, wah aku ngga mau ngebayangin gimana deh hidup tanpa listrik,” ujar Guntur.

penghematan energi listrik - sumber energi listrik
 

“Oleh karena itu kita harus melakukan penghematan energi listrik, Ro” tambah ayah Roro.

“Bagaimana caranya melakukan penghematan energi listrik?” tanya Roro.

“Salah satunya seperti ini….”, ayah Roro beranjak dari tempat duduknya dan mematikan lampu di meja makan.

“Ayah, kenapa lampunya dimatikan?” tanya Roro.

“Itu sebuah contoh penghematan energi listrik Ro. Ayah kamu mematikan lampu di siang hari. Lampu ini kan yang tidak terlalu penting untuk dipakai di siang hari. Apalagi itu jendela rumah kamu sudah dibuka,” jelas Guntur.

Roro mengangguk mendengar penjelasan dari Guntur.

Baca Juga: Ciri Puisi dan Prosa

upaya penghematan energi listrik
 

“Nah, sekarang kamu udah paham kan tentang cara melakukan penghematan energi listrik?” tanya Guntur.

“Sudah dong. Mulai sekarang aku akan lebih rajin lagi untuk melakukan penghematan energi listrik. Janji” ucap Roro.

“Syukurlah kalau sekarang kamu sudah mulai mengerti. Udah ayo, itu makanannya dihabiskan dulu.

Mereka pun akhirnya melanjutkan makan siang bersama.

Nah, sekarang untuk menguji pemahaman kamu dari cerita petualangan Roro Guntur di atas, jawab pertanyaan berikut ini dan jangan lupa tulis jawaban yang menurut kamu benar di kolom komentar ya.

latihan soal penghematan energi listrik
 

Kira-kira kamu sudah paham belum tentang penghematan energi listrik yang bisa kita lakukan dari cerita tadi? Banyak manfaatnya lho ternyata jika kita turut melakukan penghematan listrik!

Nah, buat kamu yang mau tau lebih lengkap penjelasan dari cerita di atas, kamu bisa cari video belajar animasinya di ruangbelajar lho. Penasaran? Yuk gabung sekarang juga ya!

ruangbelajar

Referensi

Priyono, Amin dan Katrin Tri Martini. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Arifin, Mulyati dan Mimin Nurjhani K. 2019. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas VI Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber foto

https://www.freepik.com/free-vector/power-generation-orthogonal-illustration_10155371.htm#page=1&query=POWER%20PLANTS&position=0

Beri Komentar