Pengumuman Hasil SNMPTN 2020 Diundur, Catat Tanggal Barunya

Shabrina Alfari Mar 30, 2020 • 2 min read


pengumuman snmptn 2020 diundur

Artikel ini memberikan informasi pengumuman hasil SNMPTN 2020 yang diundur dan tanggal barunya

--

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 telah diputuskan oleh pemerintah untuk ditunda. Lalu, bagaimana dengan SNMPTN 2020? Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), memutuskan untuk menunda pengumuman SNMPTN 2020 yang awalnya dijadwalkan pada 4 April menjadi 8 April 2020. Bukan akibat pandemi COVID-19, tindakan ini diambil berdasarkan beberapa pertimbangan.

Apa aja sih pertimbangannya?

  1. Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020
  2. Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, bagi siswa yang baru sampai pada tahap memilih prodi, dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020
  3. Pendaftaran SNMPTN bagi siswa eligible (berhak daftar) yang mengajukan KIP Kuliah dan belum pernah mendaftar, dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020

Maka dari itu, sehubungan dengan tiga kegiatan di atas, maka Pengumuman SNMPTN 2020 yang semula dijadwalkan pada 4 April 2020 diundur menjadi tanggal 8 April 2020.

Informasi ini tentu dilakukan untuk memfasilitasi siswa yang eligible dan ingin mendapatkan dukungan KIP Kuliah. KIP Kuliah bisa didapatkan oleh calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Tanggal pengumuman snmptn 2020 diundurPengumuman hasil SNMPTN 2020 (Sumber: instagram.com/ruangguru)

Pendaftaran KIP Kuliah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud membuka kesempatan bagi calon mahasiwa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk tetap mendaftar melalui jalur SNMPTN dengan mengajukan permohonan KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah dibuka pada tanggal 2 hingga 31 Maret 2020 hingga pukul 23.59 WIB melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Baca juga: Syarat dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2020

Ketua LTMPT, Mohammad Nasih seperti yang dilansir dari tirto.id menjelaskan, bagi para calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang sama sekali belum memiliki KIP tetap dapat melakukan pendaftaran SNMPTN hingga tahap pengisian program studi dan pilihan universitas. Namun, dihimbau untuk tidak melakukan finalisasi terlebih dahulu sebelum mendaftar pada laman KIP Kuliah. Setelah melakukan pendaftaran KIP Kuliah, kamu diberi kesempatan untuk melakukan finalisasi hingga akhir Maret 2020.

Kartu Indonesia Pintar KuliahKIP Kuliah (Sumber: kemdikbud.go.id)

Selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan sinkronisasi, setelah masa pendaftaran KIP Kuliah berakhir. Data antara Pendaftar SNMPTN di LTMPT dengan Data Penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi. Pendaftaran dianggap sah bila sudah dilakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum/tidak mendaftar SNMPTN.

Apa tanggapan kamu dengan diundurnya pengumuman SNMPTN 2020? Semakin deg-degan? Semoga kamu mendapatkan hasil yang terbaik ya pada tanggal 8 April 2020 mendatang. Jika hasilnya belum sesuai harapan, jangan galau! Kamu masih bisa mengejar kampus impian melalui jalur UTBK SBMPTN 2020 dan Jalur Mandiri. Ayo, terus persiapkan diri dengan video beranimasi dan ribuan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar