Pengumuman SIMAK UI 2019 Hari Ini: Berapa Jumlah Sainganmu?

pengumuman simak ui 2019

Artikel ini memberikan info seleksi masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI 2019. Mulai dari jumlah pendaftar, prodi dengan peminat terbanyak, dan materi ujian

Squad, apakah kamu sudah mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2019? Salah satu seleksi mandiri yang paling ditunggu dan diminati oleh para calon mahasiswa adalah SIMAK UI. Seperti yang dilansir dari kompas.com, Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan, SIMAK UI diadakan sebagai upaya pemerataan kesempatan belajar di UI.

Pelaksanaan dari ujian SIMAK UI dilakukan serentak di sejumlah kota di Indonesia, sehingga siapa pun yang ingin masuk UI bisa mengikuti seleksi tanpa harus datang ke kampus UI Depok. Ujian ini dilaksanakan di 20 kota di Indonesia.

Kota tempat digelarnya ujian SIMAK UI 2019 antara lain di DKI Jakarta (lima wilayah kota), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar. Kamu mengikuti tes di kota mana nih Squad?

Jumlah peserta SIMAK UI 2019

Ujian SIMAK UI berlangsung dari pagi hingga sore hari, tepatnya mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Ada sekitar 53.712 peserta ujian yang mengikuti SIMAK UI 2019 mulai dari program pendidikan Vokasi (D3), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Magister, Spesialis, hingga Doktoral (S3).

pengumuman simak ui 2019Kampus UI (Sumber: detik.com)

Prodi yang paling banyak dipilih di SIMAK UI 2019

Program studi yang dibuka pada SIMAK UI 2019 bagi lulusan SMA/Sederajat antara lain 13 program studi Vokasi (D3), 64 program studi Sarjana (S1) Reguler, 35 program studi Sarjana (S1) Paralel, dan 16 program studi Sarjana (S1) Kelas Internasional.

Pada program Vokasi, prodi Komunikasi menjadi program studi yang paling banyak diminati. Ada sebanyak 1.815 orang pendaftar yang memilih prodi Komunikasi Vokasi sebagai pilihannya.

Untuk program S1 Reguler, prodi Ilmu Hukum dipilih oleh sebanyak 6.302 pendaftar dan menjadi prodi yang terbanyak dipilih pada SIMAK UI 2019. Pada S1 Paralel, pendaftar terbanyak adalah program studi Ilmu Hukum dengan jumlah peminat sebanyak 3.442 peserta.

Calon mahasiswa program vokasi dan sarjana pada SIMAK UI diperbolehkan memilih lebih dari satu hingga enam prodi dalam satu kali pendaftaran dan ujian.

pengumuman simak ui 2019Materi ujian (Sumber: schoolsweek.co.uk)

Materi ujian SIMAK UI 2019

1. Diploma Tiga (D3) dan Sarjana

Materi seleksi SIMAK UI pada jenjang D3 dan Sarjana adalah menulis esai (untuk mengukur motivasi dan kemampuan softskill) dan Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan.

Ada pula penambahan materi seleksi Matematika, IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) serta Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

2. Kelas Internasional

Materi SIMAK UI 2019 untuk Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) untuk program studi IPA. Kemudian, Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk pemilih program studi IPS. Selain itu, ada pula syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu.

Squad, ujian SIMAK UI 2019 ini merupakan ujian yang ke-11 kali dilaksanakan sejak tahun 2009. Hasil ujian SIMAK UI 2019 untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi akan diumumkan pada 31 Juli 2019 secara online melalui situs resmi www.penerimaan.ui.ac.id.

Sudah siap untuk mengetahui hasilnya Squad? Apa pun itu yakinlah bahwa itu adalah yang terbaik untukmu ya. Jika belum diterima, jangan berkecil hati. Kamu masih punya kesempatan untuk daftar ke PTS, lho. Yuk, gunakan ruangbelajar untuk siapkan diri hadapi ujian karena dengan ruangbelajar kamu #PastiBisa.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D