Pengumuman SNMPTN 2020, Ini Tahapan dan Pesan untuk Kamu

Shabrina Alfari Apr 8, 2020 • 2 min read


pengumuman SNMPTN 2020

Artikel ini memberikan informasi tahapan bagi kamu yang diterima pada pengumuman SNMPTN 2020

--

Harap-harap cemas menunggu pengumuman SNMPTN 2020? Setelah sempat diundur, akhirnya hari ini LTMPT memberikan pengumuman SNMPTN 2020. Apakah nama kamu akan tercantam di layar hijau pada pengumuman SNMPTN 2020 ini? Pengumuman SNMPTN akan secara resmi diumumkan mulai pukul 13.00 WIB pada hari Rabu (8/4/2020) ini.

Kamu bisa mengakses pengumuman melalui link utama di portal.ltmpt.ac.id atau 12 link mirror yang telah disediakan oleh LTMPT selaku penyelenggara.

Menurut Ketua LTMPT, tahun ini jumlah siswa yang berhak mendaftar SNMPTN 2020 ada sebanyak 561.521 siswa. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu, yaitu sebanyak 778.891 siswa. Berkurangnya jumlah ini didasari oleh kuota siswa yang memang dibatasi karena tidak lagi berdasarkan ranking melainkan berdasarkan persentasi kuota sekolah mengikuti akreditasi sekolah.

Baca juga: Terbaru! Perubahan Jadwal UTBK SBMPTN 2020 Akibat COVID-19

Nah untuk kamu para calon mahasiswa di jalur SNMPTN 2020, ada 7 tahapan yang harus kamu lakukan dari Ketua LTMPT Mohammad Nasih. Yuk, disimak!

7 Tahapan untuk Kamu yang Diterima

  1. Status penerimaan kamu sebagai mahasiswa akan ditetapkan setelah PTN tujuan melakukan verifikasi data akademik (rapor dan/atau portofolio)
  2. Silakan kamu membaca peraturan tentang penerimaan mahasiswa baru di laman PTN tujuan
  3. Ketidakcermatan dalam memenuhi ketentuan PTN tujuan dapat berdampak pada status penerimaan kamu
  4. Daftar ulang (registrasi) mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi di PTN dilaksanakan sesuai dengan ketentuan waktu yang ditetapkan oleh masing-masing PTN
  5. Peserta lulus seleksi harus segera mencermati dan menaati pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN yang berkaitan dengan ketentuan, syarat, jadwal, dan tempat daftar ulang (registrasi)
  6. Khusus peserta KIP Kuliah, PTN tujuan juga dapat melakukan verifikasi data ekonomi dan/atau kunjungan ke tempat tinggal kamu sebelum menetapkan status penerimaan kamu
  7. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diterima melalui jalur SNMPTN 2020, mohon untuk kamu bersedia menjadi “Duta Pencegahan COVID-19” dengan cara membantu mensosialisasikan melalui berbagai media daring atau media lainnya (materi sosialisasi tersedia di web LTMPT atau Satgas COVID-19 di PTN)

Siswa pendaftar yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2020 tidak diperbolehkan untuk mendaftar pada jalur SBMPTN 2020.

Hari ini tentu menjadi hari yang penting bagi kamu. Semoga kamu bisa mendapatkan hasil yang terbaik ya. Apabila kamu belum beruntung, maka jangan bersedih dan kamu harus menerimanya dengan lapang dada.

Ketua LTMPT pun berpesan, bagi yang belum lulus seleksi SNMPTN 2020 tidak usah berkecil hati, jangan stres, dan tetap semangat. Masih ada kesempatan yang terbuka untuk kamu di SBMPTN 2020 dan juga seleksi lainnya.

Ayo, jaga kesehatan dan tetap semangat dengan terus mempersiapkan diri menghadapi ujian Tes Potensi Skolastik atau TPS di UTBK SBMPTN 2020. Persiapkan dirimu melalui ratusan video penjelasan dan pembahasan soal TPS di paket SBMPTN ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar