Pengumuman UTBK-SBMPTN 2020 Dimajukan Hari Ini! Lihat Cara Cek Hasilnya

Pengumuman-UTBK-SBMPTN

Artikel ini memberikan informasi cara akses dan link pengumuman UTBK-SBMPTN 2020 hari ini 

Pengumuman UTBK-SBMPTN 2020 dimajukan menjadi hari ini tanggal 14 Agustus 2020 dari yang awalnya akan diumumkan pada 20 Agustus 2020! Harap-harap cemas menunggu hasil SBMPTN 2020 kamu? Keputusan dipercepatnya pengumuman SBMPTN ini dilatarbelakangi oleh permintaan dari para rektor universitas, agar calon mahasiswa yang tidak lolos SBMPTN dapat mengikuti seleksi mandiri.

Laman pengumuman UTBK-SBMPTN 2020 bisa diakses mulai hari ini Jumat, 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Sementara itu, untuk sertifikat UTBK baru dapat kamu unduh besok pada Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB.

Lalu, bagaimana cara mengecek pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2020 dan di mana saja kamu bisa mengaksesnya? Lihat informasinya berikut ini.

Panduan Cek Pengumuman UTBK-SBMPTN 2020

  1. Peserta masuk ke website http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau ke 12 laman mirror lainnya sebagai berikut:
  1. Masukan nomor peserta SBMPTN 2020
  2. Masukan tanggal lahir kamu
  3. Klik “Lihat hasil”

Untuk mengakses laman ini kamu membutuhkan sinyal internet yang baik. Apabila terkendala, jangan panik. Kamu bisa mengecek ulang sinyal internet dan mencoba kembali mengakses salah satu laman pengumuman yang telah disebutkan di atas.

Pihak LTMPT pun mengingatkan, dilansir dari kompas.com, untuk memperhatikan beberapa hal saat pengumuman. Cermati informasi resmi dari LTMPT dan jangan terpengaruh tawaran dari pihak yang tidak jelas dengan janji akan lolos dengan membayar biaya tertentu.

Data Statistik Peserta UTBK-SBMPTN 2020

Selain itu, pihak LTMPT juga memberikan data statistik peserta UTBK-SBMPTN 2020 sebagai berikut:

  • Peserta total: 713.230
  • Peserta tunanetra: 46 orang
  • Peserta hadir: 662.404 orang (92,87%)
  • Peserta tidak hadir: 50.826 orang (7,13%)

Semoga kamu mendapatkan hasil terbaik di UTBK-SBMPTN 2020 ini ya! Bagi kamu yang belum berhasil lolos SBMPTN 2020, kamu masih bisa mendaftarkan diri melalui jalur mandiri. Cek universitas tujuan yang diinginkan melalui media sosial atau laman resmi masing-masing kampus untuk melihat ketentuan dan tanggal pelaksanaan seleksi mandiri. Kamu juga bisa melihat informasi seleksi mandiri beberapa kampus di ruangbaca, lho.

Selamat bagi yang diterima dan semangat untuk yang masih harus berjuang kembali untuk mengikuti seleksi mandiri. Setiap orang punya jalannya masing-masing. Namun dengan usaha dan doa yang keras kamu pasti bisa menggapai tujuanmu. Jangan lupa, ada aplikasi Ruangguru yang selalu siap mendampingi kamu meraih kampus impian!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D