Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat | Matematika Kelas 7

Matematika_7.jpg

Squad, suatu hari, kamu membeli buku tulis ke toko buku sejauh 2 km dari rumah. Setelah itu, kamu pergi ke sekolah yang jaraknya 5 km dari toko buku melewati rumahmu. Ternyata, jarak yang kamu tempuh dari rumah ke sekolah berbeda lho dengan jarak rumah dan sekolah yang sebenarnya. Nah, kita akan mempelajari dengan bantuan rumus penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Mau tahu bagaimana cara menghitungnya? Yuk, kita sama-sama simak artikel berikut!

penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Ilustrasi dengan Garis Bilangan (Sumber: clipartpanda.com)

Dengan menggambarkannya pada garis bilangan, kamu dapat melihat jarak sebenarnya yaitu 5+(-2)=5-2=3 km. Sedangkan jarak yang kamu tempuh adalah 2+5=7 km. Permasalahan seperti inilah yang dapat diselesaikan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Lalu, apa saja sih sifat-sifatnya? Yuk simak penjelasan di bawah, Squad!

Sifat-Sifat Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat

Sifat bilangan bulat

Sifat-Sifat Operasi Pengurangan Bilangan Bulat

Pengurangan bilangan bulat

penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh soal

Jawab: Caranya mudah, selisih artinya hanya melakukan operasi pengurangan antara suhu di lereng dan di puncak seperti berikut bghnc.png(Jawaban A)

contoh soal UN

Jawaban

(Jawaban C)

Itu tadi pembahasan mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Selain penjumlahan dan pengurangan kalian juga bisa mempelajari perkalian dan pembagian bilangan bulat lho.

Masih bingung dengan materi bilangan bulat? Yuk belajar lebih mudah dengan menonton video animasi di ruangbelajar.

New Call-to-action

Beri Komentar