Penting! Ini Jadwal Pelaksanaan UNBK 2019 dan Informasi Lain yang Wajib Kamu Ketahui

Shabrina Alfari

Dec 14, 2018 • 3 min read

Ujian Nasional ujian nasional sma


Squad, sudah lihat 'kan kisi-kisi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang telah dirilis oleh BNSP lalu? Selain merilis kisi-kisi, BNSP selaku penyelenggara UN dan USBN tahun 2019 juga merilis jadwal-jadwal penting terkait pelaksanaan ujian. Mau tahu jadwal UN dan USBN mendatang, serta informasi penting lainnya? Yuk, lihat penjelasan lengkap mengenai UN dan USBN 2019 berikut ini. Psst, jangan sampai kelewatan ya.

1. Ujian Nasional 2019 akan Berbasis Komputer

BSNP juga menjelaskan bahwa metode pelaksanaan UN 2019 adalah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk jenjang SMA/MA, SMK, dan Paket C ditargetkan 100 persen akan berbasis komputer. Sedangkan untuk jenjang SMP ditargetkan 85 persen UNBK, dan jenjang MTs serta Paket B ditargetkan 100 persen UNBK.

Jadwal Pelaksanaan UN dan USBN 2019

Ujian Nasional Berbasis Komputer (Sumber: suarapemredkalbar.com)

2. Soal UN akan menggunakan Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Pada soal UN tahun 2019 mendatang juga masih akan ditambahkan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang disebut dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Biasanya soal HOTS ini akan diaplikasikan pada mata pelajaran matematika.

Terkait dengan soal, untuk USBN soal akan terdiri dari Pilihan Ganda (PG) sebanyak 90% dan soal uraian sebanyak 10%. Soal USBN disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25%. Untuk soal UN sendiri 100% akan disiapkan oleh Pusat. Semua soal UN akan berbentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri dari pilihan ganda dan isian singkat.

3. Jadwal Pelaksanaan UN 2019 Dimajukan

Kamu sudah tahu kalau jadwal Ujian Nasional tahun depan akan dimajukan? Yap, jika tahun 2018 lalu dimulai pada bulan April, UN 2019 akan dimajukan menjadi bulan Maret akhir. Pergeseran ini untuk menyesuaikan waktu puasa Ramadhan yang diproyeksikan mulai tanggal 5 Mei 2019. Hal tersebut sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bandan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kisi-kisi juga dirilis agar kamu bisa melakukan persiapan ujian lebih dini.

Mau tahu jadwal lengkapnya? Perhatikan gambar di bawah ya Squad.

Jadwal Pelaksanaan UNBK SMP/MTs 2019

Jadwal Pelaksanaan UN dan USBN 2019

Jadwal Pelaksanaan UN dan USBN 2019

Jadwal Pelaksanaan UN dan USBN 2019

Jadwal Pelaksanaan UNBK SMA/MA 2019

Jadwal Pelaksanaan UN dan USBN 2019

Jadwal Pelaksanaan UNBK SMK 2019

Jadwal Pelaksanaan UN dan USBN 2019

Nah, sekarang semua informasinya sudah kamu dapatkan nih Squad. So, inilah saatnya untuk kamu memulai persiapan untuk menghadapi UN dan USBN 2019 mendatang. Semakin cepat kamu belajar, maka kemampuanmu juga akan semakin meningkat. Nggak mau 'kan kebalap sama teman yang lain? Ayo, belajarlah lebih cerdas dengan ruangbelajar. Video beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografisnya akan membantu kamu lebih cepat memahami konsepnya. Nggak percaya? Buktikan sendiri!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts