Pentingnya Kamu Paham Politik! Yuk, Masuk Jurusan Ilmu Politik

Shabrina Alfari

Apr 16, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


Pentingnya_kamu_paham_politik_-_jurusan_ilmu_politik_(H-1_Pemilu)

Artikel ini membahas tentang jurusan Ilmu Politik untuk mengingatkan anak muda tentang pentingnya politik

--

Squad, pesta politik pemilihan Presiden serta anggota legislatif 2019 membuat perbincangan akan situasi politik Indonesia menjadi semakin hangat. Apakah kamu sebagai generasi muda Indonesia termasuk yang peduli akan politik negeri kita? Masih banyak anak muda yang merasa politik sebagai topik yang tabu. Padahal, penting banget lho Squad untuk generasi muda seperti kamu untuk melek politik. Selain untuk memahami kebijakan yang dihasilkan oleh para elit politik, pemuda juga diharapkan untuk dapat memperbaiki politik di masa depan.

Lalu, gimana caranya untuk menjadi anak muda yang melek politik? Salah satu cara mudah adalah dengan berpartisipasi dalam pemilu. Hayo, jangan memilih pemimpin hanya karena ikut-ikutan atau termakan hoax ya. Jadilah pemilih yang cerdas, dengan turut aktif mengawasi program-program kerja yang dikampanyekan.

Selain itu, untuk bisa menjadi generasi muda yang melek politik kamu bisa belajar dan menuntut ilmu dengan masuk jurusan Ilmu Politik. Masuk ke jurusan ini bisa mendorong kamu untuk bersikap kritis, cerdas, tertata, dan yang paling penting adalah menggunakan ilmu kamu untuk kepentingan rakyat atau orang banyak.

roundhouseIlmu Politik (Sumber: polisci.unm.edu)

Baca juga: Kamu Tertarik dengan Bidang Politik? Ini Jurusan yang Bisa Dipilih

Apa sih itu Ilmu Politik?

Tahukah kamu bahwa ternyata Ilmu Politik merupakan ilmu sosial tertua di dunia? Gagasan-gagasan mengenai bernegara sudah berkembang seiring dengan lahirnya negara itu sendiri. Sebagai disiplin ilmu sosial tertua, gagasan tentang bernegara sudah banyak dikembangkan oleh para filsuf sejak masa Yunani Kuno, tepatnya tahun 450 sebelum masehi. Sejak saat itu, pemikiran tentang bernegara sudah banyak dikembangkan oleh para pemikir seperti Plato, Socrates, dan Aristoteles.

Namun seiring berjalannya waktu, aspek yang akan kamu pelajari di studi ilmu politik pun akan meluas. Belajar politik tak hanya belajar tentang bentuk negara, tetapi juga masyarakat beserta kepentingan di dalamnya. Mulai dari gender, politik identitas, hubungan antara negara dan agama, dan masih banyak lagi.

matkulMata kuliah Ilmu Politik UI (Sumber: ilmu-politik.fisip.ui.ac.id)

Belajar apa aja di jurusan Ilmu Politik?

Program studi Ilmu Politik akan membekali kamu dengan banyak teori dan praktik politik. Oleh sebab itu, kamu akan diajarkan lebih banyak teori mengenai berbagai macam sistem politik yang ada di dunia. Selain itu, kamu juga harus sering melakukan riset dan terus bersikap kritis. Kajian yang paling dikenal dalam Ilmu Politik antara lain demokrasi, sistem politik, birokrasi, hak asasi manusia, dan etika sosial politik.

Di jurusan ini kamu nggak hanya akan belajar di ruang kelas saja Squad. Para dosen juga akan mengajak kamu untuk melakukan praktik kuliah lapangan, supaya kamu bisa lebih memahami fakta yang ada. Kamu juga pasti akan bertemu dengan petinggi partai politik, pimpinan dewan perwakilan rakyat, bahkan berdiskusi dengan para aktivis. Seru banget ‘kan? Tentunya juga akan menambah pengalaman kamu Squad.

download-9Politikus (Sumber: money.usnews.com)

Prospek kerja untuk jurusan Ilmu Politik

Kerja jadi apa ya setelah lulus dari Ilmu Politik? Politikus? Peneliti? Squad, nggak usah khawatir! Prospek kerja lulusan Ilmu Politik tuh luas dan fleksibel banget, lho. Kamu bisa tetap bekerja di bidang politik sebagai politikus, anggota partai politik, atau bahkan anggota DPR. Selain itu kamu juga bisa menjadi aparatur sipil negara, berkarier di kepolisian, lembaga penelitian, jurnalis, dan lainnya. Banyak juga dari lulusannya yang kemudian berkecimpung di bidang akademis, misalnya dosen atau analis politik. Ada juga yang bekerja di bidang ekonomi, perbankan, ataupun bisnis. Luas banget ‘kan Squad?

Dengan menjadi pemuda yang melek politik, kamu akan mengerti apakah sistem pelayanan publik di Indonesia sudah memadai atau belum. Sebab tatanan politik akan berpengaruh pada kebijakan publik seperti kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Nah, sebagai lulusan Ilmu Politik kamu jadi punya bekal ilmu yang memadai untuk membantu menyalurkan aspirasi teman-teman muda lainnya berdasarkan ilmu yang sudah kamu pelajari.

Apapun jurusannya, tentunya harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat ya Squad. Apalagi di bidang politik yang sangat penting untuk kemajuan negara kita. Mau memberikan dampak positif bagi masyarakat dengan masuk ke jurusan Ilmu Politik? Yuk, persiapkan dirimu menghadapi SBMPTN dan Ujian Mandiri bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts