Pentingnya Mengikuti Tryout Sebelum Ujian

mengikuti try out online Ruangguru

Artikel ini memberikan penjelasan mengenai pentingnya mengikuti tryout sebelum ujian.

--

Baru-baru ini, kamu pasti dikejutkan dengan kabar mengenai keputusan pemerintah terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 yang resmi ditiadakan. Tentunya, hal ini dilatarbelakangi oleh penyebaran wabah COVID-19 yang semakin meluas dan belum bisa diprediksi kapan wabah ini akan berakhir. Oleh sebab itu, sebagai pengganti UN, pemerintah sedang mempertimbangkan beberapa opsi yang akan dilakukan, di antaranya melaksanakan ujian sekolah via online atau melihat nilai kumulatif siswa selama belajar di sekolah.

Apapun keputusannya nanti, kamu tetap harus melakukan persiapan, ya. Jangan malas, apalagi berhenti dalam belajar. Bagi siswa kelas 12, justru kamu jadi punya tambahan waktu nih untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian perguruan tinggi nanti. Nah, selain belajar dengan tekun, banyak berlatih soal, atau mengikuti tryout secara online juga bisa membuatmu lebih siap dalam menghadapi ujian, loh. Perlu kamu ketahui, mengikuti tryout sebelum ujian itu penting banget dan banyak juga manfaatnya. Kenapa penting?

Biasanya, soal-soal tryout akan dibuat semirip mungkin dengan soal yang akan diujikan nanti. Jadi, kamu akan punya gambaran deh, kira-kira materi apa saja yang akan keluar dan bagaimana saja model soalnya. Kalau perlu, kamu juga bisa mengikuti dua kali tryout atau lebih nih, agar jadi semakin terlatih dan mampu menghasilkan nilai yang memuaskan.

Selain soalnya yang dibuat semirip mungkin, waktu pengerjaannya juga dibuat sama, lho. Kamu jadi bisa mengestimasi waktu pengerjaan untuk masing-masing soal. Hal ini penting banget, nih. Kenapa begitu? Jangan sampai di ujian nanti, kamu jadi kehabisan waktu untuk mengerjakan soal. Akibatnya, nilai kamu jadi jelek karena banyak soal yang belum sempat dikerjakan. Kamu juga bisa mengatur strategi agar waktu yang kamu gunakan menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, di hari ujian nanti, rasa grogi kamu akan sedikit berkurang, karena sebelumnya sudah ada persiapan.

Mengikuti tryout sebelum ujian juga penting untuk mengukur sejauh mana kemampuanmu. Kamu jadi punya patokan nih, kira-kira materi mana saja yang belum kamu kuasai dengan baik. Kemudian, kamu bisa perbaiki kekuranganmu itu dengan melakukan persiapan yang lebih matang lagi.

Nah, sekarang, kamu sudah tahu kan pentingnya mengikuti tryout sebelum menghadapi ujian. Kalau diibaratkan nih ya, ujian itu bagaikan perang. Jika kamu belajar, berarti kamu sedang menyiapkan amunisi untuk perang. Nah, dengan mengikuti tryout, sama saja kamu bisa memperkirakan kondisi dan situasi di medan perang. Jadi, jika kamu mempraktekkan keduanya, maka persiapan kamu dalam menghadapi ujian akan jauh lebih matang.

Lalu, di mana kamu bisa mendapatkan akses untuk mengikuti tryout secara online? Tenang, kamu bisa mengikuti Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru secara GRATIS! Tryout ini dilaksanakan secara online lewat aplikasi Ruangguru mulai tanggal 29 Maret-12 April 2020. Nah, tryout ini ditujukan bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi (UTBK) dan ujian Penilaian Akhir Semester (PAS). Jadi, seluruh siswa dari kelas 1 SD sampai 12 SMA bisa ikutan lho dan ada hadiah spektakulernya juga!

Nah, kamu bisa ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk tahu cara mengikuti Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru!

1. Bagi pengguna baru, silakan download aplikasi Ruangguru. Bagi yang sudah pernah men-download sebelumnya, update aplikasi ke versi terbaru, ya.

tutorial tryout akbar sekolah online ruangguru

2. Buka aplikasi Ruangguru dan masuk ke akun Ruangguru kamu. Jika belum punya akun, silakan pilih “Daftar” untuk membuat akun terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk, pilih ruanguji.

tutorial tryout akbar sekolah online ruangguru

3. Pilih kategori yang ingin dikerjakan. Tryout ini tidak dikenakan biaya-GRATIS!

tutorial tryout akbar sekolah online ruangguru

4. Pilih set soal sesuai kelas yang ingin dikerjakan.

tutorial tryout akbar sekolah online ruangguru

5. Tryout PAS dapat langsung mengerjakan, sedangkan untuk tryout UTBK, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu karena tryout akan dilaksanakan serentak sesuai waktu yang telah ditentukan. Adapun jadwal sesi tryout UTBK, yaitu sebagai berikut:  

Senin - Jumat

Sesi I: 15.30 - 18.30 WIB.

Sesi II: 19.00 - 22.00 WIB.

Sabtu - Minggu

Sesi I: 09.00 - 12.00 WIB.

Sesi II: 13.00 - 16.00 WIB.

tutorial tryout akbar sekolah online ruangguru

6. Setelah masuk ke halaman soal, waktu akan secara otomatis berjalan. Jika waktu habis, maka jawaban akan secara otomatis dikumpulkan. Kamu juga bisa mengerjakan dulu soal yang mudah, lalu kembali ke soal yang sulit jika waktu masih tersisa. Pembahasan dapat diakses setelah periode tryout selesai.

tutorial tryout akbar sekolah online ruangguru

Gimana, nih? Mudah kan caranya. Kalau gitu, buruan gabung dan jangan sampai ketinggalan, ya! Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi tryout.ruangguru.com.

Semoga di tengah musibah yang sedang kita hadapi saat ini, nggak melunturkan semangat belajarmu untuk terus berprestasi dan meraih mimpi. Kamu masih bisa belajar lewat Sekolah Online Ruangguru yang dapat diakses melalui aplikasi Ruangguru secara GRATIS. Dengan Sekolah Online Ruangguru, #TetapSehatTetapBelajar!

New call-to-action

Beri Komentar