Pentingnya Peran Orang Tua di Hari Pertama Sekolah

Halimatus Sya'diyah

Jul 12, 2018 • 2 min read

parenting


Halo para orang tua, tak terasa ya tahun ajaran baru sekolah akan segera dimulai. Saatnya anak-anak kembali belajar di sekolah. Di sela-sela kesibukan orang tua, jangan lupa sediakan waktu untuk mengantarkan anak di hari pertama sekolah. Sebab, hal itu penting sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang. Selain itu, masih ada pula beberapa alasan-alasan lain yang membuat orang tua tidak boleh melewatkan momen berharga ini. Mari, simak peran orang tua di hari pertama anak sekolah di bawah ini!

hari pertama sekolah

Orang tua berperan aktif dalam pendidikan anak (Sumber: thoughtco.com)

Mengantarkan anak pada hari pertama sekolah sebenarnya adalah gagasan pemerintah dalam mewujudkan disiplin waktu, baik untuk orang tua maupun anak. Partisipasi orang tua sangat diharapkan dalam menciptakan generasi yang tepat waktu, misalnya melalui tindakan kecil seperti bangun lebih pagi agar anak tidak kesiangan. Sebab, kelancaran hari pertama masuk sekolah dapat menjadi motivasi anak dalam belajar di hari-hari selanjutnya. 

hari pertama sekolah

Anak-anak merupakan masa depan bangsa (Sumber : nusakini.com)

1. Sebagai penghubung untuk membangun komunikasi yang baik

Orang tua bertemu langsung dengan pihak sekolah ketika mengantar anaknya. Hal tersebut dapat membangun interaksi orang tua dengan para guru. Dengan begitu, peraturan sekolah ataupun informasi yang berkaitan dengan pelajaran dapat tersampaikan ke wali murid dengan baik. Hal tersebut dapat membangun hubungan yang baik antara orang tua dengan para guru sehingga menghindari miss communication.

2. Menumbuhkan psikologis yang baik pada diri anak

Anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri karena mempunyai orang tua yang mendukung perkembangan belajarnya. Selain itu, anak merasa bahwa orang tua perhatian terhadap dirinya. Hal itu berpengaruh kepada pembentukan psikologis dirinya untuk menjadi lebih baik. Selain itu, anak dapat belajar dengan tenang di sekolah dan lebih bertanggung jawab karena merasa diawasi oleh orang tuanya.

3. Orang tua dapat melihat reaksi anak di hari pertama sekolah          

Sebagai bentuk penilaian, orang tua dapat melihat sikap anak di hari pertama sekolah. Jika anak terlihat cemas dan takut, maka dapat langsung ditenangkan dan disemangati. Berbagai reaksi dapat orang tua ceritakan kepada wali kelasnya sehingga guru dapat mengetahui tindakan terbaik yang dapat diberikan pada muridnya. 

hari pertama sekolahAnak SMA & SMP beranjak dewasa (Sumber: qvcc.edu)

Bagi siswa tingkat SMP atau SMA diantarkan ke sekolah mungkin menjadi hal yang gengsi bagi mereka. Mereka cenderung ingin pergi sendiri kecuali ada hal darurat yang mewajibkan orang tua untuk datang ke sekolah. Kondisi tersebut dapat disiasati dengan cara lain seperti mendengarkan cerita mereka setelah pulang sekolah dan mendengarkan kemauannya dalam belajar.

Hal yang terpenting adalah orang tua selalu mendampingi setiap langkah anak dalam prosesnya belajar. Karena di era teknologi seperti sekarang, bentuk proses belajar beragam lho. Nah, ruangbelajar merupakan salah satu contoh inovasi belajar menyenangkan dengan video belajar beranimasi, kumpulan latihan soal, dan rangkuman pelajaran yang hadir dalam satu genggaman. Dukung selalu proses belajar anak dengan berikan mereka fasilitas belajar yang baik.
New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts