Ruangguru Blog

    Para Penyanyi Top Dunia, Belajar Vokal dengan 5 Guru Ini!

    By Ruangguru · Aug 11, 2017

    Di balik setiap orang yang sukses, ada guru yang luar biasa di belakangnya. Hal ini juga berlaku dalam dunia para penyanyi. Mereka tentu saja memiliki pelatih vokal hebat yang membantu melatih suara emas mereka. Apakah Smart Buddies penasaran siapa yang menjadi pelatih vokal penyanyi sekelas Ariana Grande, Selena Gomez, atau Sam Smith? Nah, berikut ini 5 guru vokal di balik kesuksesan para penyanyi hebat dan terkenal. Buat yang penasaran, yuk disimak!

    1. Eric Vetro

    guru vokal - Eric Vetro bersama dengan Shawn Mendes. Eric Vetro bersama dengan Shawn Mendes. (sumber: ericvetro.com).

    Pada tanggal 23 Desember 2012, Ariana Grande pernah menulis tweet ‘Eric Vetro is my favorite person ever. Thank u Eric for helping me keep my voice strong and healthy 12 shows a week + recording. I adore u’. Menyentuh sekali, ya? Yap, Eric Vetro merupakan guru vokal Ariana Grande. Selain Ariana, ada  puluhan penyanyi hebat lainnya yang pernah menjadi murid Eric, seperti Katy Perry, Shawn Mendes, dan Charlie Puth. Pria berusia 60 tahun ini memang telah malang melintang menjadi pelatih vokal selama lebih dari 30 tahun.

    Tumbuh besar di kota kecil Gloversville, pada tahun 70-an Eric melanjutkan studinya mempelajari musik dan piano di New York University. Lalu, pada tahun 1984, ia pindah ke Los Angeles dan memulai karirnya sebagai guru vokal. Kepribadiannya yang rendah hati dan cepat dekat dengan para murid, membuat Eric semakin terkenal di kalangan penyanyi. Wajar, jika banyak yang ingin berguru padanya. Kini, hampir setiap harinya Eric disibukkan dengan melatih vokal atau berada di backstage konser para penyanyi yang menjadi muridnya. Bahkan, tidak jarang pula ia mengajar muridnya via Skype.

    2. Seth Riggs

    guru vokal - Seth Riggs (kiri). Seth Riggs (kiri). (sumber: shoemakerstudios.com).

    Guru vokal yang satu ini juga memiliki banyak murid yang merupakan penyanyi hebat dan terkenal. Sebut saja Michael Jackson, Madonna, Stevie Wonder, David Archuleta, dan banyak lainnya. Salah satu keistimewaan Seth Riggs adalah teknik ciptaannya yang berupa Speech Level Singing. Teknik ini berguna untuk memaksimalkan kemampuan suara dalam segala jenis gaya menyanyi. Lebih dari 120 penyanyi segala genre pemenang Grammy Awards telah menggunakan teknik tersebut.

    Meskipun telah berusia 86 tahun, hingga kini Seth masih aktif melatih vokal, lho! Bersama istrinya, Margareta Riggs yang juga seorang penyanyi, mereka sering keliling dunia untuk mengajar vokal dan mengenalkan Speech Level Singing ke lebih banyak orang. Selain itu, ia juga pernah menulis buku tentang teknik ciptaannya ini yang berjudul  ‘Singing for the Stars: A Complete Program for Training Your Voice’.

    3. Lis Lewis

    guru vokal - Lis Lewis (kanan). Lis Lewis (kanan). (sumber: flickr.com)

    Wanita kelahiran New York ini telah memulai karirnya di bidang musik sejak kecil. Ia menuntut ilmu di Dalcroze School of Music dan melanjutkan kuliah bidang musik dan teater di University of Wisconsin serta University of Nebraska.  Sejak tahun 1983, Lis telah memberikan pelatihan vokal kepada para penyanyi. Rihanna, Britney Spears, dan Linkin Park adalah beberapa diantaranya. Selain itu, ia juga sempat mengajar di beberapa universitas seperti Liverpool Institute for Performing Arts, University of California, dan Musicians Institute di Hollywood. Melalui The Singers Workshop yang ia dirikan, Lis juga membuka kesempatan bagi semua kalangan yang ingin les vokal dengannya.

    4. Anthony Wade

    guru vokal - Anthony Wade. Anthony Wade. (sumber: cnn.com).

    Mempopulerkan dirinya dengan sebutan Doctor Voice, Anthony Wade betul-betul menjalankan perannya sebagai ‘dokter suara’. Misinya adalah membantu orang-orang untuk mengenali diri mereka sendiri melalui suara mereka. Sehingga, selain mengajar vokal, Anthony juga banyak diminta untuk mengajar public speaking.  Setiap tahun ia bisa memiliki lebih dari 70 klien dengan latar belakang berbeda-beda, mulai dari penyanyi terkenal hingga politikus, hingga karyawan perusahaan.

    Salah satu penyanyi yang sukses ditangani Anthony adalah Sam Smith. Saat ia berumur 15 tahun, perusahaan rekamannya meminta Doctor Voice untuk melatihnya vokal. Anthony pun mengajari Sam Smith berbagai jenis teknik dan meningkatkan kekuatan suara perutnya. Hasilnya pun bisa dilihat sekarang, pelantun I'm Not The Only One ini bisa menjadi salah satu penyanyi yang paling populer dengan suara emasnya.

    5. Linda Septien

    guru vokal - Linda Septien. Linda Septien. (sumber: theseptiengroup.com)

    Pengalaman wanita satu ini dalam mengajar banyak penyanyi hebat dan terkenal pun tidak kalah dengan guru vokal lainnya. Linda pernah mengajar Demi Lovato, Beyonce, Selena Gomez, dan penyanyi luar biasa lainnya selama lebih dari 25 tahun. Ajang pencarian bakat seperti American Idol pun pernah  meminta Linda untuk melatih vokal para finalisnya. Pada tahun 1986, ia mendirikan Septien Entertainment Group agar lebih banyak lagi orang yang dapat belajar dengan metodenya. Selain melatih teknik vokal, Linda juga banyak memberi pelajaran ke para muridnya tentang produksi musik, branding, dan lain-lain.

    Itu dia 5 guru vokal di balik kesuksesan para penyanyi hebat dan terkenal di dunia. Hebat-hebat ya mereka, Smart Buddies. Kalau kamu juga ingin memulai berlatih vokal, bisa lho mencari guru vokal di Ruangles. Siapa tahu kamu bisa jadi penyanyi yang hebat dan terkenal berikutnya! (NF/RE)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru