Penyebab, Dampak, dan Cara Penanggulangan Pencemaran Air

IPA_7

Artikel IPA kelas VII ini akan membahas penyebab, dampak, dan cara penanggulangan dari pencemaran air.

--

Beberapa bulan yang lalu nih Squad, sangat disayangkan bahwa sungai terpanjang di Pulau Jawa tercemar sampah. Oh iya, ngomong-ngomong kamu tahu nggak tuh sungai terpanjang di Pulau Jawa itu apa?

Ciliwung? Salah

Citarum? Salah juga

Bengawan Solo? Benaaarrr….!!

Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa, nggak tanggung-tanggung panjangnya, kurang lebih 548 kilometer. Sayangnya, di pintu air yang berada di salah satu kota/kabupaten yang dialiri sungai tersebut, banyak tumpukan sampah.

cara penanggulangan pencemaran air - sungai bengawan solo

 Tumpukan sampah di sungai Bengawan Solo (sumber: video.metrotvnews.com)

Tuh Squad, kamu lihat sendiri kan gimana kotornya sungai Bengawan Solo? Sungai tersebut sudah terkena pencemaran air. Apa sih pencemaran air itu? Pencemaran air itu merupakan masuknya komponen lain ke dalam air yang menyebabkan menurunnya kualitas air.

Nah, di artikel ini kita akan bahas tuh penyebab, dampak, dan cara penanggulanan pencemaran air. Seperti apa ya? Keep scroll ya Squad!

 

A. Faktor Penyebab Pencemaran Air

Secara garis besar, ada tiga nih penyebab pencemaran air. Penyebab pencemaran ini bisa disebut dengan sumber polutan. Ada polutan dari limbah industri, limbah rumah tangga, dan limbah pertanian. Kita bahas satu per satu yuk

1. Limbah Industri

Air limbah dari hasil pengolahan industri ini cenderung mengandung zat berbahaya. Biasanya industri dari pabrik tekstil atau pabrik kertas yang paling banyak menjadi polutan. Jenis limbah dari kedua pabrik tersebut itu memiliki bau yang tidak sedap lho Squad. Limbah ini disebut dengan limbah organik. Lain halnya dengan limbah pabrik baja, pabrik cat, dan pabrik farmasi. Limbah dari jenis pabrik ini berupa cairan panas, berbusa, mengandung asam belerang, dengan bau yang menyengat. Limbah ini disebut dengan limbah anorganik.

cara penanggulanan pencemaran air - limbah industri

2. Limbah Rumah Tangga

Namanya juga limbah rumah tangga, ya asalnya dari hasil kegiatan perumahan seperti rumah tangga, pasar, perkantoran, rumah makan, dan puing bahan bangunan. Limbah rumah tangga terbagi atas bahan organik, anorganik, dan bahan berbahaya lainnya. Limbah organik itu misalnya kulit buah, sayuran, sisa makanan, daun, dan sebagainya. Limbah anorganik itu contohnya alumunium, plastik, kaca, kaleng minuman. Kalau limbah berbahaya lainnya itu bisa berwujud oli bekas yang ada di bengkel-bengkel kendaraan.

Baca Juga: Dampak Pencemaran Tanah dan Penanggulangannya

3. Limbah Pertanian

Jangan kamu pikir sektor pertanian itu nggak menyumbang limbah lho ya. Sektor ini ada faktor penyebab limbah, yakni penggunaan pupuk dan bahan kimia. Yups, insektisida misalnya. Bahan kimia tersebut memang berfungsi sebagai pembasmi hama, namun namanya berbahan dasar dari obat-obatan ya, pasti ada efek sampingnya untuk kesehatan. Kamu tahu nggak efek dari terpapar insektisida yang berlebihan, bisa menyebabkan pertumbuhan kelenjar tiroid meningkat lho.

cara penanggulanan pencemaran air -  kabupaten brebes

B. Dampak Pencemaran Air

Ada pun dampak dari pencemaran air antara lain:

1. penurunan kualitas lingkungan;

2. gangguan kesehatan;

3. pemekatan hayati;

4. mengganggu keindahan wilayah; dan

5. mempercepat proses kerusakan benda.

 

C. Cara Penanggulangan Pencemaran Air

Nah, kamu udah tahu kan penyebab dan dampak dari pencemaran air itu sendiri? Sekarang kita pelajari nih beberapa cara penganggulangan dari pencemaran air.

1. Pembuatan kolam stabliisasi

Di kolam stabilisasi ini air limbah diolah secara alami. Ini dilakukan untuk menetralisasi zat-zat pencemar sebelum dialirkan ke sungai.

2. IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Pengolahan air limbah dengan IPAL ini menggunakan alat-alat khusus dan menggunakan tiga tahapan, yakni primary treatment (pengolahan pertama), secondary treatment (pengolahan kedua), dan tertiary treatment (pengolahan lanjutan)

cara penanggulanan pencemaran air - IPAL

3. Pengelolaan Excrexta (Human Excreta). Pengelolaan ini dapat ditemukan dalam septic tank yangbisa diolah dengan cara anaerobik menjadi biogas. Setelah itu bisa dimanfaatkan sebagai sumber gas untuk rumah tangga.

Perlu kamu ingat nih Squad, dalam menangani limbah baik dalam bentuk padat atau cair tetap memperhatikan prinsip ekologi ya yang dikenal dengan 4R. Apa itu 4R? Bukan ukuran cetak foto lho ya. 4R itu:

Recycle (daur ulang)

Reuse (penggunaan ulang)

Reduce (pengurangan penggunaan)

Repair (perbaikan)

Sekarang kalian sudah tahu kan penyebab, dampak, dan cara penganggulangan dari pencemaran air? Ingin tahu tentang pencemaran air lebih dalam lagi? Coba cek yuk video belajar di ruangbelajar. Ada banyak penjelasan dengan animasi yang keren di sana. Daftar sekarang ya.

ruangbelajar

Beri Komentar