Peran Mentor dalam Membangun Karier dan Meningkatkan Jabatan

Oktaviani Satyaningtyas

Nov 13, 2018 • 3 min read

sukses kerja


Saat pertama kali memulai karier, banyak orang merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan, tugas kantor, atau alur kerja dalam perusahaan. Kondisi tersebut akhirnya membuat banyak karyawan khawatir tidak dapat memiliki karier yang berkembang sehingga merasa butuh seorang mentor untuk memberikan bimbingan.

Jika Anda salah satu karyawan yang memiliki perasaan tersebut, bisa jadi yang Anda butuhkan adalah seorang mentor. Sebenarnya apa itu mentor dan bagaimana perannya dalam membangun karier serta jabatan Anda? Berikut pembahasan selengkapnya:

1. Carilah mentor yang tepat

jabatan

Pilihlah mentor yang memiliki jabatan lebih tinggi serta berasal dari satu bidang pekerjaan yang sama (Sumber: freepik.com)

Untuk mendapatkan bimbingan bagi karier, tentunya Anda harus menemukan mentor yang tepat. Dalam memilih mentor, carilah seseorang yang lebih senior dan memiliki jabatan lebih tinggi dari Anda. Bukan tanpa alasan, seorang mentor sebaiknya telah memiliki pengalaman di bidangnya sehingga dapat membimbing Anda. Tidak perlu berasal dari satu perusahaan yang sama, carilah mentor dari satu bidang pekerjaan yang sama sehingga pembicaraan Anda berdua akan lebih nyambung dan semakin banyak ilmu yang bisa didapatkan. Sebagai contoh Rekan Kerja dapat menjadikan dosen semasa kuliah sebagai mentor bagi karier Anda.

2. Perhatikan sikap Anda saat mentorship

jabatan

Perhatikan selalu sikap Anda saat berkomunikasi dengan mentor (Sumber: monster.com)

Seorang mentor umumnya adalah orang yang lebih senior ketimbang Anda. Karena itu Anda harus memperhatikan sikap dan etika ketika berkomunikasi dengan mentor. Saat pertama kali meminta seseorang menjadi mentor Anda, tanyakan dulu kesediaannya dan kapan ia memiliki waktu untuk berdiskusi. Ingat, jangan pernah memaksa jika orang yang Anda pilih tidak bersedia menjadi mentor. Pilihlah mentor yang memang bersedia dan memiliki visi dan misi sama dalam karier dengan Anda.

3. Mentor membantu Anda untuk mencapai tujuan dalam karier

jabatan

Mentor mampu membantu Anda untuk mencapai tujuan dalam karier (Sumber: careeredge.ca)

Tidak hanya berperan sebagai penasihat, seorang mentor dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam karier. Dengan pengalaman dan ilmu yang telah didapatkan, mentor Anda dapat memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan jika Anda ingin mencapai suatu goal dalam karier. Selain itu, mentor juga dapat berperan sebagai pengingat yang akan menegur jika Anda melakukan kesalahan dalam bekerja.

4. Mentor membuka peluang karier yang lebih besar

jabatan

Mentor mampu menambah networking Anda di dunia kerja (Sumber: writingandrhetoric.cah.ucf.edu)

Dengan jabatan serta pengalaman yang lebih banyak, bukan tidak mungkin mentor dapat memberikan peluang karier lebih besar bagi Anda. Sebagai contoh, seorang mentor dapat memberikan undangan pertemuan atau seminar yang dapat menunjang karier, serta mempertemukan Anda dengan orang-orang penting di dalamnya. Kesempatan tersebut akan sangat baik untuk memperluas networking Anda dan menemukan peluang karier yang lebih baik.

5. Mentor sangat berperan sebagai penasihat

jabatan

Ketika butuh saran dan solusi, mentor hadir untuk membantu Anda (Sumber: news.usc.edu)

Ketika sedang mengambil keputusan dalam karier seperti mempertimbangkan tawaran pekerjaan baru, peran seorang mentor akan terlihat di sini. Dalam hal ini mentor akan membantu Anda untuk mengambil keputusan dengan mempertimbangkan dampak positif/negatif serta memikirkan setiap opsi secara bijaksana. Dengan begini Anda akan sangat terbantu untuk menentukan langkah yang harus diambil agar karier semakin maju di masa depan.


Rekan Kerja, selain mengandalkan mentor untuk menunjang karier, gunakan juga media lain seperti aplikasi pelatihan kerja untuk memperkaya diri dengan berbagai keterampilan. Pelajari berbagai materi menarik seperti design sprint dan communication skill di aplikasi ruangkerja yang dapat diunduh di Play Store atau App Store, GRATIS!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts