Peran Pers dalam Membangkitkan Semangat Perjuangan | Sejarah Kelas 11

Fahri Abdillah Jan 8, 2018 • 3 min read


Pers perjuangan

Siapa di antara RG Squad yang sering membaca berita nih? Baik itu berita olahraga, politik, ekonomi, sosial, pendidikan, atau mungkin teknologi. Berkat membaca berita di koran maupun di media elektronik, kalian pasti jadi lebih tahu tentang informasi dan perkembangan yang sedang terjadi. Mulai dari informasi dalam negeri, bahkan informasi-informasi dari negara luar. Nah, semua itu berkat adanya lembaga-lembaga pers yang menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Oh ya kalian tahu nggak kalau ternyata pers sejak dahulu sudah mempunyai peran dan andil yang penting lho dalam kemajuan bangsa kita? Khususnya pada era pergerakan nasional.

Jadi pada era globalisasi seperti sekarang ini, pers memang menjadi salah satu elemen penting bagi masyarakat juga negara. Kenapa? Soalnya pers itu memiliki fungsi sebagai penyedia informasi yang sesuai dengan fakta. Secara fungsi, pers juga memiliki peran sebagai media pendidikan, entertainment, juga memiliki fungsi kontrol sosial dalam masyarakat. Bukan cuma itu Squad, kalian harus tahu juga nih kalau ternyata pers pun menjadi elemen terpenting pada saat masyarakat Indonesia berjuang untuk kemerdekaan bangsa kita.

 peran pers kemerdekaan 

Media pers yang berupa surat kabar dan majalah memiliki andil yang besar dalam penyebarluasan suara nasionalisme (kebangsaan) Indonesia. Penerbitan pers didukung oleh para golongan terpelajar yang berprofesi sebagai penulis, wartawan, atau penyiar berita. Tumbuhnya semangat dan kesadaran nasional pada waktu itu adalah bahasa-bahasa yang tertulis pada media cetak. Melalui pers, komunikasi dan penyebaran infomasi lebih bebas, terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun tanpa membedakan golongan dan kedudukan sosial ekonominya.

seputar peran pers 

Peran Pers dalam Kemerdekaan

Pers sendiri punya senjara lho dalam menyebarkan informasi, bahkan sebagai sarana komunikasi. Nah senjatanya itu adalah surat kabar dan majalah. Keduanya digunakan untuk menghubungkan komunikasi antar organisasi pergerakan, kemudian antara organisasi pergerakan dengan masyarakat. Berkat adanya pers ini, mulai dari ide, tujuan, dan cita-cita dapat disebarluaskan. Hebat kan Squad?

surat kabar pertamaSurat Kabar pada masa pergerakan

(Sumber:www.kompasiana.com)

Di bidang media komunikasi massa, pada waktu itu orang Indonesia sendiri lah yang menerbitkan puluhan surat kabar dan majalah. Pada waktu itu surat kabar serta majalah lebih banyak berisi bahasa-bahasa yang menyerukan agar rakyat Indonesia mulai bangkit dan bersatu-padu dalam menghadapi imperialisme, kolonialisme, dan kapitalisme Belanda. Ketika masyarakat sudah bangkit dan mencoba melawan penjajahan, sudah pasti kemiskinan, kesengsaraan, dan kesenjangan ekonomi pun perlahan menghilang.

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan Pemberontakan PRRI/Permesta

Melalui pers, perkembangan setiap pergerakan dapat segera diketahui masyarakat, baik masyarakat pergerakan maupun masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, masyarakat mulai sadar betapa pentingnya peran pers dalam membantu perjuangan Indonesia menuju kemerdekaan.

secara umum peran pers 

Nah RG Squad, sekarang kalian sudah tahu kan betapa pentingnya peran pers itu dalam membantu perjuangan Indonesia sampai merdeka. Bukan hanya itu saja, bahkan sampai saat ini pers pun tetap memiliki peran dan fungsi yang penting. Karena membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan fakta, sekaligus sebagai kontrol sosial. Nah kalau kalian pengen tahu lebih banyak lagi, kalian bisa nih belajar lewat video belajar animasi di ruangbelajar. Jadi kalian bisa belajar di jam-jam yang kalian inginkan, tanpa harus mengganggu kegiatan yang lainnya.

ruangbelajar 

Beri Komentar