Biologi Kelas 9 | Peran Tanah dan Organisme Tanah di Games dan Kartun

peran tanah dan organisme tanah

Artikel ini membahas mengenai peranan tanah dan organisme tanah

--

Siapa yang punya game Hay Day di smartphone-nya? Atau Harvest Moon di komputer? Farmville atau Stardew Valley mungkin? Punya, kan? Coba gengs, kita ingat-ingat kembali, kegiatan apa sih yang dilakukan di games itu?

Yapss.. Kamu betul! Beternak dan bercocok tanam. Nah, kali ini kita akan mengulas tentang bercocok tanam. Dalam kegiatan tersebut, tanah merupakan komponen yang sangat penting. Kira-kira peran tanah di sana, apa ya?

1. Sebagai alat pertumbuhan tanaman.

Ketika kamu menanam padi atau jagung di game seperti Stardew Valley, tentunya kamu bertujuan untuk mendapatkan hasil panen yang bagus, kan supaya kamu mendapatkan uang yang banyak ketika menjualnya. Nah, agar kamu bisa mendapatkan hasil panen yang baik, tanah membantu menjaga pertumbuhan tanaman.

peran tanah bagi kehidupan dalam gameSumber: pinterest.com

Dengan cara apa? Yaitu dengan menampung air (kelembaban) dan mempertahankan jumlah pemasukan oksigen di dalam air, sehingga mineral dan nutrisi yang diberikan kepada tanaman memiliki kualitas yang baik.

Selain memberikan nutrisi, tanah juga memberikan perlindungan kepada akar dan tanaman itu sendiri. Perlindungan yang diberikan memiliki tujuan agar akar tetap tegak saat pertumbuhan berlangsung, juga melindungi tanaman dari erosi dan kerusakan.

2. Sistem penyaringan air.

Di game seperti Stardew Valley, pasti menyiram tanaman, kan? Ternyata air yang baik untuk digunakan menyiram tanaman adalah air bersih yang berasal dari dalam tanah, lho. Hhhmm.. Bukannya karena tercampur tanah airnya jadi kotor?

peran organisme tanahSumber: steamcommunity.com

Yap, kamu nggak salah. Air tanah berasal dari air hujan yang turun ke tanah. Di permukaan tanah, air memang kotor. Tapi itu hanya sebagian dari air hujan yang turun. Kebanyakan air menyusup ke dalam tanah yang berlapis-lapis. 

komponen penyusun tanah

Debu, bahan kimia dan kotoran lainnya disaring oleh lapisan-lapisan tanah. Lalu pada lapisan tertentu, terdapat air yang bersih dan jernih, yang kemudian bisa kamu gunakan untuk menyiram tanamanmu.

3. Penyimpan gas karbon dan gas atmosfer lainnya.

Kamu ingat nggak kartun Shaun the Sheep? Domba-dombanya tumbuh dengan sehat dan bugar, kan? Kok bisa?

pentingnya peran tanah dan organisme tanah

Sumber: wallpapersexpert.com

Karena domba-domba tersebut mengonsumsi rerumputan yang berkualitas. Rerumputan dan tumbuhan yang berkualitas dihasilkan dari tanah yang mendaur ulang nutrisi dan gas-gas hasil dari efek rumah kaca, seperti Fosfor, Nitrogen dan CO2

Selain menghasilkan rerumputan yang berkualitas, dengan menampung gas-gas tersebut, tanah juga berperan untuk mengurangi gas yang dihasilkan dari efek rumah kaca yang sedang terjadi saat ini.

4. Habitat untuk serangga dan organisme lainnya.

Eits.. Tanah tidak hanya untuk membantumu mendapatkan hasil panen yang baik, lho. Pernah nonton kartun A Bug’s Life? Banyak sekali serangga dan organisme, kan? Kira-kira, tanah berbuat apa ya untuk mereka?

pentingnya peran tanah untuk biota tanahSumber: slashfilm.com

Bagi serangga dan organisme lainnya, tanah menjadi tempat tinggal untuk mendapatkan udara dan makanan yang mereka butuhkan. Selain itu, serangga juga membutuhkan tempat untuk bertelur dan menetaskan telurnya.

Peran tanah sangat penting untuk membantu kebutuhan kita. Sebabnya, kita harus menjaga kesehatan tanah. Tapi kita nggak sendirian, lho dalam membantu meningkatkan kualitas dan kinerja tanah. Kita dibantu oleh organisme-organisme yang tinggal di tanah. Yuk, simak gambar berikut untuk mengetahui peran organisme tanah.

peran organisme tanah

 

Sekarang kamu sudah tahu, kan berbagai macam peran tanah yang terdapat di games dan di kartun? Selain berperan di sana, tanah juga berperan di kehidupan nyata. Yaitu untuk membantu kita mendapatkan hasil tanaman yang berkualitas juga mendapatkan air bersih.

Di samping itu, terdapat juga peran organisme tanah yang membantu memaksimalkan kinerja tanah. Hal ini menunjukkan adanya interaksi di dalam sebuah ekosistem, yang membuktikan bahwa selama kita hidup, akan selalu ada yang namanya kerja sama.

Gimana, gengs? Asyik, kan belajar biologi? Kamu bisa tahu hal menarik di kehidupan ini yang ternyata ada di dalam sebuah permainan. Penasaran dengan hal menarik lainnya? Ayo cek ruangbelajar for Desktop sekarang juga!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar