Peran Tanah dan Organisme Tanah bagi Kehidupan | Biologi Kelas 9

Peran Tanah dan Organisme Tanah di Games dan Kartun

Yuk, kita ketahui peran tanah dan organisme tanah bagi kehidupan, lewat games yang biasa kamu mainkan dan kartun yang biasa kamu tonton! Penasaran, kan? Baca artikel Biologi kelas 9 ini sampai habis, ya!

 

Siapa yang punya game Hay Day di smartphone-nya? Atau Harvest Moon di komputer? Farmville atau Stardew Valley mungkin? Punya, kan? Coba gengs, kita ingat-ingat kembali, kegiatan apa sih, yang dilakukan di games itu?

Yapss… Kamu betul! Beternak dan bercocok tanam. Dalam kegiatan tersebut, tanah merupakan komponen yang sangat penting. Kira-kira, peran tanah di sana, apa ya?

 

Pengertian Tanah

Oke, sebelum itu, kita kenalan dulu yuk, apa itu tanah? Terbuat dari unsur-unsur apa ya tanah?

Menurut KBBI, tanah adalah bagian permukaan atau lapisan bumi yang berada paling atas. Tanah merupakan sumber daya alam yang penting bagi kehidupan makhluk hidup. Contohnya, bermanfaat bagi tumbuhan untuk hidup, dan hasilnya bisa dimanfaatkan untuk manusia, juga makhluk lainnya.

 

Apa Saja Komponen Penyusun Tanah?

Tanah tersusun dari 6 komponen, yaitu batuan, udara, humus, air, mineral, dan komponen organik lainnya. Berikut peran dari masing-masing komponen tanah:

1. Batuan

Batuan adalah bahan padat yang tersusun dari campuran mineral dan senyawa lainnya. Batuan terbentuk secara alami, berasal dari cairan magma yang keluar dari gunung berapi, lalu mengalami proses kristalisasi (pembekuan). Batuan, banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, kerajinan, hingga hiasan kolam atau aquarium.

2. Udara

Ternyata, tanah juga mengandung udara, loh. Biasanya, udara ini terletak di sela-sela atau rongga batuan, di antara partikel-partikel tanah, di antara akar tumbuhan dengan tanah, ataupun di antara akar tumbuhan dengan batu-batuan. Udara dalam tanah dibentuk akibat aktivitas organisme dalam tanah. Udara dalam tanah dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang.

3. Humus

Humus adalah jenis tanah yang sangat subur, karena terbentuk dari pelapukan daun, batang pohon, maupun makhluk hidup lain yang mengalami perombakan oleh organisme dalam tanah. Humus berkontribusi besar bag kesuburan tanah. Selain itu, humus juga dapat meningkatkan kapasitas kandunfan air tanah, mencegah penggerusan tanah, menaikkan aerasi tanah, dan lain sebagainya.

4. Air

Air dalam tanah akan membuat tanah menjadi lembab, dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup organisme dalam tanah. Selain itu, air dalam tanah akan diserap oleh tumbuhan untuk proses regenerasi akar dan pertumbuhan tanaman. Manusia juga dapat memanfaatkan air tanah untuk kebutuhan pokok, seperti minum, masak, mandi, dan sebagainya.

5. Mineral

Mineral yang terkandung dalam tanah, biasanya berasal dari pelapukan batuan. Mineral ini bisa berupa ion-ion, seperti kalium, kalsium, magnesium, nitrat, fosfat, atau sulfat. Mineral dalam tanah mempunyai peran yang sangat penting, di antaranya sebagai indikator cadangan sumber hara dan indikator muatan tanah, beserta lingkungan pembentukkannya.

Baca Juga: Mengenal Hidroponik, Oase di Lahan Sempit

 

Peran Tanah bagi Kehidupan

Lalu, apa saja sih peran atau fungsi tanah bagi kehidupan kita? Beriku penjelasannya!

 

1. Sebagai alat pertumbuhan tanaman

Ketika kamu menanam padi atau jagung di game seperti Stardew Valley, tentunya kamu bertujuan untuk mendapatkan hasil panen yang bagus kan, supaya kamu mendapatkan uang yang banyak ketika menjualnya. Nah, agar kamu bisa mendapatkan hasil panen yang baik, tanah memegang peranan penting dalam menjaga pertumbuhan tanaman.

peran tanah - sebagai alat pertumbuhan tanaman

Stardew Valley (Sumber: pinterest.com)

 

Dengan cara apa? Yaitu dengan menampung air (kelembaban) dan mempertahankan jumlah pemasukan oksigen di dalam air, sehingga mineral dan nutrisi yang diberikan kepada tanaman memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga: Mengenal Hukum Mendel tentang Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

Selain memberikan nutrisi, tanah juga memberikan perlindungan kepada akar dan tanaman, lho. Perlindungan yang diberikan memiliki tujuan agar akar tetap tegak saat pertumbuhan berlangsung, juga melindungi tanaman dari erosi dan kerusakan.

 

2. Sistem penyaringan air

Di game seperti Stardew Valley, kita menyiram tanaman juga, kan? Nah, ternyata, air yang baik untuk digunakan menyiram tanaman adalah air bersih yang berasal dari dalam tanah, lho. Hmmm.. Bukannya karena tercampur tanah airnya jadi kotor?

peran tanah - sebagai sistem penyaringan air

Menyiram tanaman di games (Sumber: steamcommunity.com)

 

Yap, kamu nggak salah. Air tanah berasal dari air hujan yang turun ke tanah. Di permukaan tanah, air memang kotor. Tapi itu hanya sebagian dari air hujan yang turun. Kebanyakan air menyusup ke dalam tanah yang berlapis-lapis.

Lapisan-Lapisan Tanah

Lapisan-lapisan tanah.

 

Debu, bahan kimia dan kotoran lainnya disaring oleh lapisan-lapisan tanah. Lalu pada lapisan tertentu, terdapat air yang bersih dan jernih, yang kemudian bisa kamu gunakan untuk menyiram tanamanmu.

 

3. Penyimpan gas karbon dan gas atmosfer lainnya

Kamu ingat nggak kartun Shaun the Sheep? Domba-dombanya tumbuh dengan sehat dan bugar, kan? Kok bisa?

peran tanah - penyimpan gas karbon dan gas atmosfer lain

Shaun The Sheep (Sumber: wallpapersexpert.com)

 

Karena domba-domba tersebut mengonsumsi rerumputan yang berkualitas. Rerumputan dan tumbuhan yang berkualitas dihasilkan dari tanah yang mendaur ulang nutrisi dan gas-gas hasil dari efek rumah kaca, seperti Fosfor (P), Nitrogen (N), dan karbondioksida (CO2)

Baca Juga: Pengertian, Penggolongan, dan Penerapan Bioteknologi

Selain menghasilkan rerumputan yang berkualitas, dengan menampung gas-gas tersebut, tanah juga berperan untuk mengurangi gas yang dihasilkan dari efek rumah kaca yang sedang terjadi saat ini.

 

4. Habitat untuk serangga dan organisme lainnya

Eits.. Tanah tidak hanya untuk membantumu mendapatkan hasil panen yang baik, lho. Pernah nonton kartun A Bug’s Life? Banyak sekali serangga dan organisme yang hidup di tanah, kan? Kira-kira, tanah berbuat apa ya untuk mereka?

peran tanah - habitat para serangga

A Bug’s Life (Sumber: slashfilm.com)

 

Bagi serangga dan organisme lainnya, tanah menjadi tempat tinggal untuk mendapatkan udara dan makanan yang mereka butuhkan. Selain itu, serangga juga membutuhkan tempat untuk bertelur dan menetaskan telurnya.

 

Peran Organisme Tanah bagi Kehidupan

Peran tanah sangat penting untuk membantu kebutuhan kita. Sebabnya, kita harus menjaga kesehatan tanah. Tapi kita nggak sendirian, lho dalam membantu meningkatkan kualitas dan kinerja tanah. Kita dibantu oleh organisme-organisme yang tinggal di tanah. Yuk, simak gambar berikut untuk mengetahui peran organisme tanah!

Peran Organisme Tanah

Peran organisme tanah.

 

Sekarang kamu sudah tahu, kan berbagai macam peran tanah yang terdapat pada games dan kartun? Selain berperan di sana, tanah juga berperan di kehidupan nyata, yaitu untuk membantu kita mendapatkan hasil tanaman yang berkualitas juga mendapatkan air bersih.

Baca Juga: Konsep Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

Di samping itu, terdapat juga peran organisme tanah yang membantu memaksimalkan kinerja tanah. Hal ini menunjukkan adanya interaksi di dalam sebuah ekosistem, yang membuktikan bahwa selama kita hidup, akan selalu ada yang namanya kerja sama.

Nah, itulah penjelasan mengenai fungsi tanah dan organisme tanah bagi kehidupan. Gimana, gengs? Asyik, kan belajar biologi? Kamu bisa tahu hal menarik di kehidupan ini yang ternyata ada di dalam sebuah permainan. Penasaran dengan hal menarik lainnya? Ayo cek ruangbelajar sekarang juga!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Artikel ini telah diperbarui pada 21 Maret 2024.

Muhammad Azka Rais