Sejarah Kelas 11 | Perang Dunia I dan Kegagalan LBB dalam Menciptakan Perdamaian Dunia

Rizky Rahmatunnisa

Nov 30, 2018 • 4 min read

konsep pelajaran SMA Sejarah-XI


PD 1 LBB - HEADER-1

Artikel ini membahas tentang upaya Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia setelah Perang Dunia I terjadi.

--

Kamu pernah ngga melihat atau bahkan bermain game perang? Tau game Company of Heroes, Call of Duty 2, Red Orchestra 2, atau yang rilis Oktober 2016 lalu, Battlefield 1 ngga? Keempat game perang tersebut mengambil latar peristiwa Perang Dunia lho. Nah, game Battlefield 1 menjadi spesial nih, karena kebanyakkan developer game lebih tertarik mengangkat latar Perang Dunia II, tapi pada Battlefield 1 latar yang diangkat adalah Perang Dunia I.

Game Battlefield 1 (Sumber: YouTube Battlefield)

Bermain game seperti Battlefield I rasanya kaya main game tapi sambil belajar sejarah. Soalnya dalam beberapa segmen menceritakan peristiwa sejarah yang benar terjadi. Begitu pun karakter yang diangkat, beberapa menggunakan karakter asli. Tapi ada juga sih beberapa tokoh fiksi yang sengaja diciptakan untuk kepentingan game. Meskipun singkat, Battlefield 1 cukup menggambarkan kekejaman Perang Dunia I.

PD 1 - TIMELINE

FYI, Perang Dunia I merupakan salah satu tragedi kemanusiaan terbesar yang menyebabkan lebih dari 50 juta jiwa melayang. Perang ini dilahirkan dari kerakusan proses industrialisme, imperialisme, dan rasa nasionalisme yang berlebihan antarnegara Eropa. Namanya aja perang, ya pasti menimbulkan penderitaan lah ya. Penderitaan ini ngga cuma dirasain oleh negara yang berperang, tapi juga negara yang terdampak perang. Nah, berawal dari keinginan menciptakan perdamaian dunia akibat Perang Dunia I, Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson memberikan usulan Peace without Victory yang berisi:

  1. Perjanjian-perjanjian rahasia tidak diperbolehkan.
  2. Semua bangsa mempunyai kedudukan yang sama.
  3. Pengurangan persenjataan.

Usulan tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam 14 pasal perdamaian bangsa (Wilson’s Fourteen Points) yang salah satunya berisi “Perlu dibentuknya Liga Bangsa-Bangsa (LBB)”. Akhirnya pada 10 Januari 1920 Liga Bangsa-Bangsa didirikan. LBB bermarkas di Genewa, Swiss. Apa aja sih tujuan didirikannya LBB?

Tujuan LBB

  1. Menjamin perdamaian dunia
  2. Memelihara keamanan dan memajukan hubungan persahabatan serta mencegah peperangan antarbangsa atau negara.
  3. Menjunjung hukum dan perjanjian internasional
  4. Meningkatkan kerjasama internasional di segala bidang, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

LBB - TAHUKAH KAMU

Perjanjian Damai LBB

Selama masa tugasnya, LBB telah berhasil mensponsori beberapa perjanjian damai, yaitu Protokol Jenewa (1924), Perjanjian Locarno (1925), dan Perjanjian damai Kellogg-Briand (1928).

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/42/Bundesarchiv_Bild_183-R03618%2C_Locarno%2C_Gustav_Stresemann%2C_Chamberlain%2C_Briand.jpg

Gustav Steresemann, Austen Chamberlain, dan Aristide Briand dalam perjanjian Locarno (Sumber: Wikipedia)

Meskipun berhasil mensponsori beberapa perjanjian damai, LBB dinilai tidak mampu menciptakan perdamaian dunia. Hal ini terbukti dengan meletusnya Perang Dunia II pada 1939-1945. Setelah Perang Dunia II berakhir, LBB resmi dibubarkan. Atas dasar tersebut, pada 24 Oktober 1945 dibentuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB, bahasa Inggris: United Nations, disingkat UN) di San Fransisco, Amerika Serikat sebagai pengganti LBB.

Baca Juga: Pemikiran Piagam PBB dalam Upaya Menciptakan Keamanan dan Perdamaian Dunia

PD 1 - KEGAGALAN LBB

Meskipun LBB dibubarkan dan diganti dengan PBB, semangat untuk menciptakan perdamaian dunia harus selalu dipelihara. Ini bukan hanya tugas LBB atau PBB, tapi tugas kita semua. Simple kok, bisa dimulai dengan jangan suka membully teman, jangan menyinggung Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA), serta jaga sikap di dunia maya. Ingat, udah ada UU ITE tuh! Jempolmu, harimaumu. Dengan berbagai langkah tersebut, perdamaian dunia maka dapat terpelihara.

Nah, kalau mau tau bahasan lebih lengkap terkait topik ini, coba deh belajar lewat ruangbelajar. Di dalamnya terdapat video pembelajaran beranimasi disertai infografis menarik dan soal-soal yang pasti membuat kamu makin semangat belajar. Ngga cuma sejarah, tapi mata pelajaran lainnya juga ada. Penasaran? Coba dicek deh..

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts