Inilah Perasaan Guru Saat Melihat Siswa Sukses

Ruangguru writer Okt 31, 2016 • 4 min read


Smart buddies, di antara kalian apakah ada yang masih ingat dengan guru-guru semasa SD atau SMP? Apa yang kalian ingat dari mereka? Mungkin ada yang masih ingat dengan jelas betapa galaknya salah satu guru, soal ulangan yang sulit, dan lain-lain. Sekarang kalian sudah beranjak dewasa dan tentunya banyak yang sudah mencapai kesuksesan. Kira-kira bagaimana ya perasaan guru kalian saat melihat para siswa sukses di kehidupan masing-masing? Yuk, simak!

Di mata para guru, peserta didiknya tidak perlu menjadi sangat pintar atau sangat kaya untuk bisa dikatakan sebagai orang sukses. Bagi mereka, siswa yang sukses adalah siswa yang dapat memberi manfaat bagi banyak orang. Baik itu keluarganya, lingkungan sekitarnya, masyarakat secara luas, bangsa, dan agama. Selain itu, siswa juga dinilai sukses apabila mampu menginspirasi dan memberikan pengaruh yang positif kepada orang lain. Berikut ini adalah hal-hal yang dirasakan oleh para guru saat mengetahui bahwa siswanya telah sukses.

“Saya merasa senaaang sekali.”

siswa sukses - guru senang dikelilingi siswa Guru merasa senang. (Sumber: rd.com) 

Guru yang baik selalu menyempatkan diri untuk mendoakan para siswanya. Mereka berdoa agar siswanya menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Oleh sebab itu, ketika siswa-siswanya mencapai suatu kesuksesan, mereka akan merasa amat senang. Kebahagiaan yang dirasakan oleh para guru kalian bisa melebihi apa yang kalian rasakan, lho.

“Saya sangat bangga.”

siswa sukses - guru bangga pada siswa Guru bangga akan prestasi siswa. (Sumber: allenandsandi.com) 

Sama halnya dengan kedua orang tua, guru-guru juga merasa bangga saat mendengar berita baik mengenai siswanya. Mereka bangga karena siswa yang dulu diajarnya kini menjadi orang sukses. Meskipun bekal ilmu dan pendidikan dari guru kalian tidaklah banyak, tetapi mereka berharap agar yang sedikit tersebut bisa bermanfaat bagi siswanya.

“Saya merasa bersyukur.”

siswa sukses - seseorang merasa bahagia Guru merasa bersyukur. (Sumber: lifehack.org) 

Rasa syukur yang dialami oleh para guru tidak hanya disebabkan oleh kesuksesan siswa mereka itu sendiri. Mereka juga bersyukur karena Tuhan telah menjawab doa yang dipanjatkan untuk para siswanya. Selain itu, mereka juga bersyukur apabila ada sedikit ilmu dari mereka yang terus menerus diamalkan oleh siswa sehingga menjadi sukses. Ilmu tersebut tentunya para guru harapkan agar menjadi pahala kebaikan untuk mereka.

“Saya suka narsis menceritakan ke orang-orang.”

siswa sukses - seseorang bercerita pada koleganya Guru bercerita pada koleganya. (Sumber: beyondcareersuccess.com) 

Ketika mengetahui siswanya memiliki prestasi yang membanggakan, para guru sering menjadi narsis, lho. Saking excited-nya dengan kesuksesan para siswa, guru-guru jadi ingin menceritakan hal tersebut ke semua orang. Mereka bercerita pada siswa mereka saat ini, teman-teman, orang tua siswa, bahkan kepada audiens di pertemuan penting. Wah, kamu bisa jadi terkenal, smart buddies. Hal ini merupakan bentuk kebahagiaan dan rasa bangga mereka.

“Saya rindu, jadi suka kepo media sosial mereka.”

siswa sukses - seseorang melihat Facebook Guru melihat akun Facebook siswanya. (Sumber: republicbuzz.com) 

Saat mendengar nama peserta didiknya, seorang guru akan merasa rindu pada mereka, lho. Meskipun mungkin dulunya siswa tersebut bandel dan sulit diatur. Oleh sebab itu, para guru sering melihat media sosial milik para siswanya. Kalau ada kesempatan, mereka juga akan berusaha berkomunikasi dengan peserta didiknya meski untuk sekadar menyapa dan menanyakan kabar. Bagi mereka, melihat segala aktivitas terbaru dari siswanya merupakan suatu hal yang menarik dan menyenangkan.

Kesuksesan seorang siswa adalah sebuah kesuksesan juga untuk para gurunya. Guru-guru sangat bahagia bisa menjadi bagian kecil dari sejarah perjalan hidup para siswanya. Bagi mereka, mendampingi siswa menemukan dan mengembangkan potensi siswa hingga sukses merupakan pencapaian yang tidak ternilai.

Smart buddies, ada istilah mantan pacar dan mantan bos, tapi tidak ada istilah mantan guru. Hal yang pernah mereka ajar akan terus melekat pada kehidupan kalian. Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk berterima kasih pada guru-gurumu ya. Mumpung di bulan November nanti ada peringatan Hari Guru, ini jadi momen yang tepat untuk berterima kasih. Jangan lupa share artikel ini dan berikan pendapatmu di kolom komentar ya! (AZN/TN)

Beri Komentar