Memahami Perbedaan Getaran dan Gelombang | Fisika Kelas 8

Memahami Perbedaan Getaran dan Gelombang | Fisika Kelas 8

RG Squad, pernahkah kamu merasa bingung dan bertanya apa perbedaan getaran dan gelombang? Yup¸ternyata keduanya memiliki konsep yang berbeda lho. Yuk, kita bahas mengenai konsep getaran dan gelombang bersama-sama.

  1. Konsep Getaran

Getaran merupakan gerakan bolak-balik pada suatu benda dalam selang waktu tertentu melalui titik kesetimbangannya. Benda dikatakan bergetar dalam satu kali getaran penuh yakni dari titik awal dan kembali ke titik awal tersebut.

 

perbedaan getaran dan gelombang

 

Ilustrasi getaran pada bandul sederhana (Sumber: gurupendidikan.co.id)

Contohnya, getaran pada bandul sederhana di atas. Satu kali getaran penuh adalah saat benda bergerak dari titik A-B-C-B-A atau dari titik C-B-A-B-C. Simpangan terjauh pada bandul yaitu pada titik A atau titik C. Simpangan terjauh ini, disebut dengan amplitudo. Jika kita lihat pada gambar di atas, amplitudo pada bandul adalah jarak BC atau jarak BA. Titik B merupakan titik setimbang, jarak dari titik B pada selang waktu tertentu disebut simpangan.

Nah, sekarang sudah tahu kan, konsep getaran?

Lalu apakah gelombang itu?

2. Konsep Gelombang

Gelombang adalah getaran yang merambat, yang membawa energi selama perambatannya. Gelombang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu berdasarkan medium perambatannya dan berdasarkan arah rambatnya.

Berdasarkan medium perambatannya

  1. Gelombang mekanik: Gelombang yang membutuhkan medium dalam perambatannya. Contohnya pada gelombang bunyi. Seseorang dapat mendengarkan musik dan suara karena gelombang bunyi merambat melalui udara sehingga sampai ke telinga.
  2. Gelombang elektromagnetik: Gelombang yang tidak membutuhkan medium dalam perambatannya. Contohnya pada gelombang cahaya.

Baca juga: Konsep Gelombang Bunyi

 

media rambat gelombang

 

Ilustrasi gelombang bunyi (Sumber: softilmu.com)

 

 

sumber cahaya

 

Ilustrasi gelombang cahaya (Sumber: pxhere.com)

Berdasarkan arah rambatnya

  1. Gelombang longitudinal: Gelombang yang arah getarannya sejajar dengan arah rambatnya. Dalam satu gelombang longitudinal terdiri dari satu regangan dan satu rapatan. Contohnya pada gelombang suara di udara.
  2. Gelombang transversal: Gelombang yang arah getaranya tegak lurus dengan arah rambatnya. Contohnya pada gelombang tali. Ketika tali digerakkan ke atas dan ke bawah, arahnya tegak lurus dengan arah gerakan gelombang.

 

perbedaan getaran dan gelombang longitudinal

 

Ilustrasi gelombang longitudinal (Sumber: fisikazone.com)

 

 

Hasil gambar untuk gelombang transversal

 

Ilustasi gelombang transversal (Sumber: ujiansma.com)

 

Oke, RG Squad sudah paham kan, apa perbedaan getaran dan gelombang? Masih belum puas dengan penjelasan tadi? Atau kamu punya PR yang berhubungan dengan getaran dan gelombang? Yuk, langsung saja tanyakan via chat melalui ruanglesonline. Yuk daftar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar