Fisika Kelas 10 | Apa Perbedaan GLB dan GLBB?

Fisika_10

Sudah sepuluh menit sejak mobil memasuki jalan tol. Jalanan yang lengang membuat Rogu sedikit mengantuk. Dia melirik ke arah speedometer. Jarum tepat mengarah ke angka 60. Apa perbedaan GLB dan GLBB?

“Ngantuk deh, daritadi 60 km per jam terus,” kata Rogu kepada supir.

Si supir melirik ke sebelah kiri. Menatap wajah Rogu yang menguap. “Abisnya enak. Jalanannya kosong gini.”

“Iya, tapi kan jalanannya lurus doang. Nggak seru.”

“Kamu mau tahu yang seru?” tanya supir.

Rogu mengangguk.

Supir kemudian menjelaskan kalau peristiwa yang sedang menimpa mereka, termasuk ke dalam Gerak Lurus Beraturan (GLB) dalam fisika.

“Maksudnya GLB? Itu karena mobil ini bergerak dalam kecepatan tetap di jalan yang lurus ya?”

Si supir mengangguk mantap. “Tepat. Beda kalau saya naikkan kecepatannya perlahan-lahan dalam waktu yang konstan. Misalnya, setiap 5 menit saya naikkan menjadi 5km/jam, maka maka gerakannya berubah jadi Gerak Lurus Berubah Beraturan. Atau biasa disebut GLBB.”

GLB

Dari perjalanan Rogu di tol tadi, mungkin kita sedikit mendapat gambaran tentang perbedaan antara GLB dan GLBB. Kalau begitu, sekarang kita bahas satu per satu yuk.

Baca juga: Mengetahui Konsep Gerak Lurus

Secara definisi, GLB (Gerak Lurus Beraturan) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang mempunyai kecepatan tetap. Adapun contoh dari GLB adalah kereta yang bergerak di rel yang lurus dan datar, serta mobil di jalan tol lurus yang dijalankan dengan kecepatan tetap.

rumus glb-1

Dari rumus di atas, kita jadi tahu kalau faktor yang mempengarui GLB hanya kecepatan dan waktu. Karena kecepatanya tetap, sehingga kita dapat membuat grafik hubungan antara jarak terhadap waktu seperti berikut:

grafik jarak terhadap waktu

Grafik jarak terhadap waktu akan menjadi garis diagonal. Hal ini disebabkan karena pada GLB, tidak ada perubahan kecepatan pada benda.

 

GLBB

Berbeda dengan GLB, GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang mempunyai percepatan tetap. Artinya, kecepatan gerakan si benda ini berubah (bisa bertambah cepat atau bertambah lambat), tapi secara teratur. Contohnya, gerak penerjun payung, gerak benda jatuh bebas, atau mobil Rogu yang sengaja ditambah kecepatannya secara konstan tadi.

rumus glbb-1

Hayo, masih ingat gak dengan rumus GLB sebelumnya? Kalau iya, apa bedanya dengan rumus GLBB ini?

Ya, betul.

Pada rumus ini, ada variabel “a”, yang berarti percepatan.

Pada GLBB, karena kecepatan bendanya berubah, maka ada percepatan di sana. Sehingga, apabila kita buat dalam grafik, hasilnya akan seperti berikut:

grafik glbbGrafik ketika kecepatan dipercepat (a), dan ketika kecepatan diperlambat (b)

 

Pada dasarnya, perbedaan antara GLB dan GLBB adalah kecepatannya. Pada GLB, kecepatan benda tetap (tidak berubah). Itu berarti percepatannya nol. Di sisi lain, kecepatan benda di GLBB selalu berubah, tapi dalam keadaan teratur sehingga timbul percepatan.

 

Nah, sekarang sudah tahu, kan, apa perbedaan antara GLB dan GLBB? Kalau kamu ada kendala terkait materi seperti ini, tanya dan share aja PR-mu lewat ruanglesonline!

ruanglesonline 

Kresnoadi