Perbedaan Metode Membaca Intensif dan Ekstensif

Created by : Embun Bening Diniari
on Jun 14, 2018 10:29:04 AM

Perbedaan Metode Membaca Intensif dan Ekstensif

Squad! Ada yang suka membaca buku di sini? Atau hanya sekedar senang membaca jenis teks secara acak? Untuk kamu yang suka membaca, tentu memiliki caranya masing-masing untuk bisa membaca dengan efektif ya, apapun jenis teksnya. Eh tapi kamu tau nggak sih, kalau pada dasarnya metode membaca itu dibagi menjadi 2, yaitu metode membaca intensif dan metode membaca ekstensif. Apa sih perbedaannya? Yuk kita bahas! 

Perbedaan Metode Membaca Intensif dan Ekstensif

Wah, seru banget sih baca bukunya? (Sumber: Shutter Stock)

Metode Membaca Intensif

Squad, yang dimaksud dengan Metode Membaca Intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan suatu informasi. Ada beberapa tips yang harus kamu lakukan jika ingin menerapkan metode membaca yang satu ini. Apa saja, ya? 

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membaca teks tersebut secara berurutan, mulai dari paragraf awal sampai paragraf akhir. Kenapa harus berurutan, sih? Ya, dong! Bacanya harus dilakukan secara berurutan karena dalam sebuah paragraf pasti ada satu hal penting yang ingin diungkapkan oleh penulisnya.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan hubungan antar paragraf. Kadang-kadang kamu akan menemukan paragraf yang berfungsi sebagai paragraf penegas dari paragraf yang lain. Jadi jangan lupa untuk memperhatikan kata penghubung yang digunakan di paragraf tersebut, ya! Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan cara penulis mengungkapkan rincian peristiwa, memberikan contoh, atau menjelaskan detail. Hal-hal tersebut bisa digunakan untuk memperjelas pokok permasalahannya. Setelah ini, coba baca buku dengan metode intensif, yuk! 

Metode Membaca Ekstensif

Membaca ekstensif adalah jenis kegiatan membaca yang dilakukan secara saksama dengan sumber bacaan yang beragam. Jika dalam membaca intensif kamu hanya membaca satu teks secara perlahan-lahan, dalam membaca ekstensif, kamu membaca beberapa teks terkait sekaligus dan dilakukan dengan cepat. Hayo ngaku, kalau lagi belajar untuk ujian, kamu lebih sering melakukan metode membaca ini nggak, sih? 

Manfaat kegiatan membaca ekstensif adalah kamu sebagai pembaca dapat memperoleh informasi lengkap dari berita yang memiliki topik yang sama. Teknik ini biasanya digunakan untuk memperluas wawasan dan memecahkan masalah secara teoretis. Lalu, bagaimana sih caranya membaca dengan menggunakan metode ekstensif? Ada satu teknik yang bisa kamu gunakan, namanya teknik POINT. Wah, apa tuh? 

Perbedaan Metode Membaca Intensif dan Ekstensif-1

Nah, setelah membaca artikel ini, kira-kira kamu sudah tau belum lebih suka membaca dengan metode apa? Atau kamu masih ingin belajar lebih lanjut mengenai kedua metode ini? Kalau begitu, yuk belajar dengan ruanglesonline! Kamu bisa tanya pr dan soal-soal yang sulit ke tutor berpengalaman lewat aplikasi. Kuy, daftar sekarang!

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMP kelas ix bahasa indonesia ix

Beri Komentar