Perbedaan Tegangan dan Regangan | Fisika Kelas 11

Perbedaan Tegangan dan Regangan | Fisika Kelas 11

Squad, pernahkah kamu mengamati benda-benda disekitarmu? Ternyata benda-benda tertentu bisa mengalami perubahan bentuk lho. Yup, hal ini diakibatkan oleh tegangan dan regangan. Tegangan dan regangan terjadi pada benda yang dikenai gaya tertentu akan mengalami perubahan bentuk. Lalu apa perbedaan tegangan dan regangan? Kita bahas bersama-sama yuk!

Tegangan (Stress)

Suatu benda elastis akan bertambah panjang sampai ukuran tertentu ketika ditarik oleh sebuah gaya. Besarnya tegangan pada sebuah benda adalah perbandingan antara gaya tarik yang berkerja benda terhadap luas penampang benda tersebut. Tegangan menunjukkan kekuatan gaya yang menyebabkan benda berubah bentuk. Tegangan dibedakan menjadi tiga macam yaitu regangan, mampatan dan geseran.

Misalnya, jika ada dua buah kawat dari bahan yang sama tetapi luas penampang berbeda dan diberi gaya, kedua kawat tersebut akan mengalami tegangan yang berbeda. Kawat dengan luas penampang yang lebih kecil akan mengalami tegangan yang lebih besar daripada kawat dengan luas penampang yang lebih besar. Tegangan pada benda diperhitungkan dalam menentukan jenis dan ukuran bahan penopang suatu beban contohnya ada jembatan gantung dan bangunan bertingkat.

rumus tegangan dan regangan

Setelah kamu mengetahui rumus tegangan, yuk kerjakan contoh soal dibawah ini

  1. Seutas tali memiliki diameter 2 cm ditarik dengan gaya 200 N. Tentukan tegangan tali tersebut!

Diketahui:

F = 200 N

d = 2 cm = 0,02 m

r = 1 cm = 0,01 m

Ditanya: σ ?

Jawab:

luas.png

 A= 3,14 x (0,01)2 = 3,14 x 0,0001 = 0,000314 = 3,14 x 10-4

rumus tegangan

 

Regangan (Strain)

Regangan merupakan perubahan relatif ukuran atau bentuk suatu benda yang mengalami tegangan. Regangan dapat didefinisikan sebagai pebandingan antara pertambahan panjang benda terhadap panjang benda mula-mula. Selain itu regangan menjadi tolok ukur seberapa jauh benda tersebut berubah bentuk.

Baca juga: Macam-Macam Perpindahan Kalor: Konduksi, Konveksi, dan Radiasi

rumus tegangan dan regangan strain

Selanjutnya mari kita kerjakan contoh soal regangan dibawah ini:

  1. Seutas tali mempunyai panjang mula-mula 200 cm ditarik hingga tali tersebut mengalami pertambahan panjang 1 cm. Tentukan regangan tali tersebut!

Diketahui:

X = 200 cm = 2 m

ΔX = 1 cm = 0,01 m

Ditanya: ε ?

Jawab:

rumus regangan

Nah Squad, sekarang sudah lebih paham kan perbedaan tegangan dan regangan? Kamu masih punya pertanyaan lain terkait materi ini? Tanyakan langsung melalui ruangguru digitalbootcamp. Kamu bisa tanya-tanya sekaligus berdiskusi dengan teman-teman se-Indonesia lho. Yuk gunakan sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar