Perempuan dan Tertarik dengan Industri Teknologi? Anda Berpotensi Menguasai Dunia!

Maya Martha

Feb 22, 2019 • 4 min read

sukses kerja


industri teknologi

Artikel ini mengenai tips untuk Anda para perempuan agar dapat mulai bekerja di industri teknologi

--

Forbes melakukan wawancara kepada tiga perempuan yang telah merambah di dunia industri teknologi. Mereka adalah Lynn Lucas, Hannah Fitzsimons, dan Cecilia Harvey. Ketiganya merupakan seorang pemimpin perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Mereka bertiga membuktikan bahwa pada zaman sekarang, perempuan sudah berhasil mendobrak pintu stereotip tentang dominasi laki-laki bekerja di sektor industri teknologi. Nyatanya pun perempuan sudah pantas untuk menduduki posisi pimpinan di sektor ini. Bagi Anda para perempuan yang mungkin ragu untuk berkecimpung di dunia teknologi, tiga perempuan ini membagi tips pintar untuk Anda.

1. Jangan melihat diri Anda rendah hanya karena Anda adalah seorang perempuan

industri teknologi

Tidak yakin terhadap diri sendiri dapat menghambat perjalanan karier (Sumber: tranqool.com)

Konsep diri terbentuk oleh adanya persepsi dan keyakinan akan suatu hal. Salah satu tokoh perkembangan psikologi bernama Carl Rogers mengemukakan bahwa konsep diri memengaruhi manusia dalam bertingkah laku. Hal ini yang dapat membuat perempuan enggan untuk masuk ke dalam industri yang didominasi oleh laki-laki karena adanya persepsi dan keyakinan yang salah. Ubahlah cara pandang itu. Anda pasti memiliki kemampuan yang unik dan jenis kelamin bukanlah hambatannya!

Baca juga: 5 Trik Memanfaatkan Aplikasi ruangkerja untuk Meningkatkan Soft Skills

2. Saling tolong menolong di kantor

industri teknologi

Berbagi cerita sesama perempuan (Sumber: christianitytoday.com)

Inspirasi, anjuran, dan kritik dapat menjadi pedoman bagi perempuan untuk melangkah. Lingkungan yang positif memang sangat berpengaruh. Para perempuan pun perlu untuk menjadi mentor satu sama lain sebagai upaya mendukung karier. Hal ini merupakan upaya saling tolong menolong. Namun, tidak hanya itu, Anda dapat belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang sedang bekerja sama di dalam sebuah tim kerja.

3. Bekerja di dunia teknologi memberikan Anda nilai lebih di mata orang lain

industri teknologi

Bekerja di industri teknologi dapat membuat Anda bangga (Sumber: sheknows.com)

Bekerja di antara laki-laki tidak selamanya memberikan Anda perasaan minder karena berjalannya waktu keterlibatan Anda dalam memajukan perusahaan industri teknologi tersebut dapat membuat Anda dihargai. Hal ini membuat value diri Anda meningkat dan munculnya rasa bangga pada diri Anda. Dengan mampu bekerja di industri ini, lingkungan sekitar Anda mengakui kemampuan Anda dan hal itu sangatlah menyenangkan.

4. Mengikuti jejak profesional yang sangat menerapkan security & control

industri teknologi

Peduli terhadap security & controls pada sistem dan data (Sumber: netmarks.com.ph)

Security & controls sistem dan data perusahaan sangatlah penting. Sebagai perempuan yang bekerja dalam industri teknologi, hal tersebut merupakan yang terpenting dan wajib hukumnya untuk dipahami. Teknologi merupakan hal yang paling utama bagi perusahaan Anda dalam menjalankan bisnisnya. Apabila rusak, perusahaan Anda akan mati. Selain itu, security & controls diterapkan agar berbagai kejahatan teknologi tidak terjadi, seperti pencurian data atau juga penyebaran virus. Untuk itu, jadilah profesional dengan peduli akan security & controls.

5. Mengetahui siapa pesaing Anda agar Anda dapat belajar lebih darinya

industri teknologi

Belajar lebih dari pesaing lain di kantor (Sumber: ivey.uwo.ca)

Perlu bagi Anda, para perempuan, untuk mengetahui siapa saja pesaing Anda dalam bekerja. Dengan mengetahuinya, Anda dapat memahami cara mereka bekerja dan pembelajaran positif apa yang dapat meningkatkan kinerja bekerja Anda. Bukan berarti dengan menganggap mereka pesaing Anda maka Anda menjauhinya. Sebaliknya, dekatkan diri Anda dan kembangkan ilmu Anda bersama. Perilaku ini dapat menjadi nilai unggul Anda, para perempuan.

Lima tips ini mengajarkan Anda, para perempuan, untuk tidak perlu ragu meraih karier di industri teknologi yang mayoritas didominasi oleh laki-laki. Namun kembali lagi, temukan minat Anda dan jadilah diri sendiri. Di manapun Anda berada, Anda akan sukses dan berhasil.

Sebagai upaya untuk mengembangkan diri, Anda juga dapat membaca artikel-artikel lain di aplikasi ruangkerja. Hal ini merupakan usaha Anda menjadi lebih baik di dalam dunia kerja Anda. Unduh aplikasi ruangkerja sekarang!

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts