Perhatikan 9 Tips Cerdas dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Shabrina Alfari

May 28, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


memilih perguruan tinggi swasta (PTS)

Artikel ini memberikan tips untuk para siswa dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berkualitas

--

Squad, nggak bisa kita pungkiri bahwa memang sebagian besar siswa di Indonesia memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk melanjutkan studinya. Biaya dan juga pamor dari PTN yang dinilai lebih baik sering menjadi alasannya. Padahal faktanya, daya tampung masuk PTN di lapangan melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri dan Vokasi hanya tersedia antara 20-40 persen pada masing-masing jalur. Lalu, kemana siswa yang tidak diterima harus mendaftar? Kamu bisa lho masuk ke PTS.

Eits, jangan pernah berpikir bahwa dengan masuk PTS berarti kamu tidak pintar atau akan susah mendapat pekerjaan ya Squad. Banyak juga PTS yang memiliki program-program unggulan yang nggak kalah dari PTN, atau bahkan lebih baik dan menjanjikan di dunia kerja. Mau tahu tips memilih PTS yang berkualitas? Yuk, disimak!

1. Peringkat kampus

Squad, semakin tinggi peringkat dari PTS tersebut, tentu kualitasnya juga berarti semakin bagus. Walaupun begitu, masih banyak nih yang mengabaikan peringkat suatu kampus karena dinilai kurang begitu penting. Nah, untuk mengetahui peringkat perguruan tinggi baik secara nasional ataupun internasional kamu bisa melihatnya di banyak lembaga, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU, dan sebagainya.

Baca juga: 14 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2018 versi Kemenristekdikti

memilih perguruan tinggi swasta (PTS)(Sumber: woodbury.edu)

2. Akreditasi kampus

Selain peringkat, kamu juga perlu mencari tahu akreditasinya. Akreditasi ini akan menentukan sebuah perguruan tinggi itu berkualitas atau tidak. Ada yang belum tahu apa itu akreditasi? Akreditasi merupakan upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus. Semakin tinggi akreditasinya, maka tentu citra dan lulusannya juga akan semakin berkualitas. Biasanya perusahaan juga mensyaratkan karyawan yang diterima minimal harus berasal dari institusi berkualitas baik.

Fyi, akreditasi dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan belum terakreditasi. Untuk melihat peringkat akreditasi suatu perguruan tinggi bisa kamu lihat di website resmi BAN-PT.

3. Akreditasi jurusan atau program studi

Walaupun kampus yang kamu pilih sudah terakreditasi baik, tetapi belum tentu jurusannya juga bagus. So, kamu harus benar-benar jeli dalam memilih jurusan. Pastikan akreditasi jurusan pilihanmu juga baik karena akan sangat mempengaruhi dalam mencari pekerjaan nantinya. Akreditasi jurusan ini juga bisa kamu lihat di website BAN-PT.

4. Keberhasilan alumninya

Kiprah atau keberhasilan alumni dari suatu PTS juga penting untuk kamu pertimbangkan. Jika kampus tersebut memiliki banyak alumni yang berprestasi, maka bisa dipastikan bahwa PTS ini memang memiliki kualitas yang baik. Citra dari alumni juga akan sangat berdampak di dunia kerja bagi para fresh graduate dari PTS tersebut.

memilih perguruan tinggi swasta (PTS)(Sumber: bond.edu.au)

5. Biaya kuliah

Pasti banyak di antara kamu yang berpikir bahwa biaya kuliah di PTS sangatlah mahal. Hal ini nggak sepenuhnya salah Squad. Biasanya PTS menawarkan fasilitas yang sangat baik, sehingga biaya kuliahnya pun lebih mahal. Namun, nggak semua PTS mempunyai biaya kuliah yang lebih mahal dibanding PTN lho. Banyak juga PTS dengan biaya kuliah yang lebih murah serta peluang beasiswa yang terbuka untuk para mahasiswanya.

6. Lokasi kampus

Coba deh cari tahu dan pastikan lagi, apakah di sekitar daerah tempat tinggal atau di provinsi domisilimu saat ini terdapat PTS yang berkualitas atau tidak. Jika tidak ada, baru kamu mencari PTS di luar daerah atau bahkan di luar pulau tempat tinggalmu. Penting untuk kamu melakukan riset ini karena akan menyangkut biaya yang nantinya akan kamu keluarkan selama berkuliah. Misalnya saja biaya hidup, biaya kos, Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan lainnya.

7. Usia kampus

Buat apa sih melihat berapa usia kampus? Nah, mungkin banyak di antara kamu yang berpikiran bahwa usia PTS itu nggak penting. Jangan salah! Logikanya semakin tua usia suatu PTS maka dapat kita simpulkan bahwa PTS tersebut memiliki citra yang baik di masyarakat, sehingga masih banyak orang yang memilih PTS tersebut.

memilih perguruan tinggi swasta (PTS)(Sumber: ieseg.fr)

8. Fasilitas kampus

Apa lagi ya hal penting yang harus diperhatikan selain akreditasi dan peringkat kampus? Yap, fasilitas! Kelengkapan fasilitas juga penting banget untuk kamu pertimbangkan Squad dalam memilih sebuah PTS. Mulai dari fasilitas kampus hingga fasilitas jurusan wajib kamu ketahui. Misalnya saja laboratorium untuk kamu yang ingin memilih jurusan Saintek.

9. Meminta rekomendasi mahasiswa dan alumni

Untuk meminta pertimbangan lebih lanjut, jangan sungkan untuk mencari review PTS yang kamu tuju dari mahasiswa atau alumni-alumninya. Pengalaman dari mereka yang sudah benar-benar merasakan dinamika perkuliahan di PTS tersebut akan sangat membantu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan banyak insight yang sebenarnya tentang kehidupan kamu di kampus nantinya.

Squad, baik itu dalam memilih PTN atau PTS kamu tetap harus membuat riset untuk menemukan yang paling baik, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan memandang jika masuk PTS itu lebih gampang lho. Kamu juga harus mempunyai prestasi yang baik dan lulus ujian. Yuk, persiapkan diri sebelum masuk PTS impian di ruangbelajar.

ruangbelajar

Artikel Lainnya

Beri Komentar

Recent Posts