Peristiwa Pemantulan Cahaya: Pengertian dan Sifat | Fisika 11

Fisika_11.jpg

RG Squad pasti pernah bercermin kan? Bayanganmu dan bayangan di cermin pasti sama persis, mulai dari tinggi hingga jaraknya. Yup, bayangan pada cermin tersebut adalah contoh dari peristiwa pemantulan cahaya. Apa itu peristiwa pemantulan cahaya? Kita bahas bersama-sama kuy!

Pengertian Pemantulah Cahaya

Pemantulan cahaya pada dasarnya adalah proses terpancarnya kembali cahaya apabila mengenai permukaan benda yang terkena cahaya tersebut. Cahaya yang jatuh pada bidang pembatas dua material mengalami pemantulan dengan sudut pantul yang sama persis dengan sudut datang.

hukum pemantulan cahaya

Sifat Pemantulan Cahaya

Sifat pemantulan cahaya yang memenuhi sudut datang sama dengan sudut pantul memunculkan peristiwa pemantulan yang berbeda ketika permukaan pembiasnya rata atau tidak rata.

  • Cahaya yang dipantulkan sejajar ketika berkas cahaya sejajar yang jatuh pada bidang pembatas yang permukaannya rata. Peristiwa ini biasa disebut pemantulan teratur.
  • Cahaya yang dipantulkan memiliki arah yang tidak teratur ketika bekas cahaya sejajar jatuh pada bidang pembatas yang permukaannya tidak rata. Peristiwa ini biasa disebut pemantulan baur (difus).

pemantulan baur dan pemantulan teratur

 Sumber: brainly.co.id

Baca Juga: Macam-Macam Perpindahan Kalor: Konduksi, Konveksi dan Radiasi

Pemantulan teratur biasanya terjadi pada cermin, memiliki sifat yang menyilaukan dan ukuran bayangan yang terbentuk sesuai dengan ukuran benda. Cermin memantulkan hampir seluruh cahaya yang mengenainya. Macam-macam cermin ada tiga yaitu cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung. Sedangkan pada pemantulan baur, berkas cahaya pantulnya tidak menyilaukan dan tempat yang tidak terkena cahaya secara langsung masih dapat terlihat terang.

Mudahnya, perbedaan pemantulan teratur dan pemantulan baur yaitu saat kamu bercermin di cermin yang bersih itulah yang disebut pemantulan teratur, sedangkan saat kamu bercermin di cermin yang kotor itulah yang disebut pemantulan baur.

Nah Squad, sudah paham kan proses peristiwa pemantulan cahaya? Kamu masih punya pertanyaan mengenai pemantulan cahaya yang belum terjawab? Yuk tanyakan ke ruanglesonline sekarang!
New Call-to-action

Beri Komentar