Peristiwa Pembiasan Cahaya | Fisika Kelas 11

Karina Dwi Adistiana Jan 29, 2018 • 2 min read


Peristiwa Pembiasan Cahaya  

Pernahkah RG Squad perhatikan, mengapa kolam renang atau sungai yang airnya jernih terlihat seperti dangkal? Padahal kolam renang atau sungai tersebut sebenarnya dalam lho. Atau kamu pernah mencoba mencelupkan pensil ke dalam gelas berisi air, namun pensil tersebut terlihat seperti patah? Nah, peristiwa-peristiwa tersebut merupakan contoh dari pembiasan cahaya. Apa itu peristiwa pembiasan cahaya?

Pengertian Pembiasan Cahaya

Pembiasan cahaya merupakan peristiwa perubahan arah rambat cahaya ketika berpindah dari satu medium ke medium lain yang kerapatan optiknya berbeda. Penyebab terjadinya pembiasan cahaya dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Ketika sinar datang dari medium yang kurang rapat menuju medium yang lebih rapat maka sinar datang akan dibiaskan mendekati garis normal. Contohnya ketika sinar datang melalui medium udara menuju air.
  2. Ketika sinar datang dari medium yang lebih rapat menuju medium yang kurang rapat maka sinar datang akan dibiaskan menjauhi garis normal. Contohnya ketika sinar datang melalui medium air menuju udara.
pembiasan cahaya

Sumber : pakmono.com

Hukum Snellius

Pembiasan cahaya dijelaskan menggunakan Hukum Snellius

Rumus Pembiasan cahaya

Oke Squad, setelah mengetahui penjelasan dan rumus pembiasan cahaya, sekarang kita lanjut ke contoh soal dan pembahasan berikut ini, kuy!

  1. Perhatikan gambar di bawah ini. Jika sudut datang sinar adalah 53º dan sudut bias sebesar 30º. Tentukan nilai indeks bias medium kedua jika medium pertama adalah udara!
Peristiwa Pembiasan Cahaya

Pembahasan :

Diketahui :

n1 = indeks bias medium 1 udara = 1

θ1 = sudut datang = 53º

θ2 = sudut bias = 30º

Ditanya : indeks bias medium 2 = n2

Jawab :

n1 sin θ1 = n2 sin θ2

1 x sin 53º = n2 sin 30º

1 x  0,8  = n2 x 0,5

n2 =   1,6

Baca Juga: Memahami Perbedaan Getaran dan Gelombang

Nah, RG Squad sudah paham? Ternyata, banyak peristiwa pembiasan cahaya disekitar kita. Kalau kamu masih penasaran peristiwa pembiasan cahaya lainnya, dan punya pertanyaan terntang materi ini, chat dengan tutor fisika melalui Ruangguru Ruangbelajarplus yuk! Kamu bisa diskusi dengan pelajar se-Indonesia, lho.

New Call-to-action

 

Beri Komentar