Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat | Matematika Kelas 7

Matematika_7.jpg

Squad, pasti sudah paham tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Nah, dua operasi yang akan kita bahas kali ini juga merupakan operasi dasar dalam menghitung suatu bilangan. Mari pelajari konsep tentang perkalian dan pembagian bilangan bulat.

1. Perkalian

Operasi perkalian biasanya disimbolkan dengan tanda silang (×) atau tanda titik (). Konsep perkalian sesungguhnya berasal dari operasi penjumlahan yang berulang.

Sifat-Sifat Operasi Perkalian Bilangan Bulat

Seperti yang sudah kamu pelajari, jika a adalah bilangan bulat positif berarti a>0 sedangkan jika a adalah bilangan bulat negatif berarti a<0. Setelah mengingat materi tersebut, cek yuk sifat-sifat operasi perkalian pada bilangan bulat berikut!

Tabel perkalian dan pembagian bilangan bulat2. Pembagian

Invers (lawan atau kebalikan) dari operasi perkalian adalah operasi pembagian. Operasi pembagian biasanya disimbolkan dengan tanda titik dua (÷ atau :) atau tanda garis (/). Lain halnya dengan perkalian, konsep pembagian merupakan pengurangan berulang sampai habis.

Sifat-Sifat Operasi Pembagian Bilangan Bulat

Syarat utama pembagianab-1.png, yaitu b tidak boleh sama dengan nol (b≠0). Apabila b=0 makaab-1.png disebut tidak terdefinisi. Selanjutnya, cek yuk sifat-sifat operasi pembagian pada bilangan bulat yang lain!

Tabel isi perkalian dan pembagian bilangan bulat

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh perkalian dan pembagian bilangan bulat

Jawab:

1 kodi kain = 20 helai kain

Maka, harga 1 helai kain=Rp 300.000,0020=Rp 15.000,00.

Harga 5 helai kain=harga 1 helai kain×5

=Rp 15.000,00×5

= Rp 75.000,00 (jawaban D)

Soal perkalian dan pembagian bilangan bulat

Jawab:

Akan dicari jumlah pekerja pembangunan dalam waktu 15 hari yang sama dengan pembangunan oleh 9 orang pekerja dalam 20 hari, maka

vcbbb.png

Jadi, tambahan pekerja yang diperlukan adalah 12-9=3 orang (jawaban D).

Rumus perkalian dan pembagian bilangan bulat

Squad, itu tadi pembahasan tentang perkalian pembagian bilangan bulat. Bagaimana? Mudah kan?

Masih bingung dengan pelajaran Matematika? Nonton aja video belajar animasi di ruangbelajar. Selain video belajar, ada juga soal latihan beserta pembahasan, dan rangkuman, lho.

ruangbelajar

Beri Komentar