Kemajuan Teknologi Membuat Semakin Malas. Benarkah Begitu?

Ruangguru

Mar 23, 2016 • 3 min read

Wow ternyata


Di zaman internet seperti sekarang ini, segalanya jadi serba maju dan kreatif. Apapun dapat dilakukan hanya melalui gadget dalam genggaman. Mulai dari memesan makanan, barang, transportasi, akomodasi dan masih banyak lagi. Tidak perlu macet-macetan, antre panjang dan semua menjadi lebih mudah dan praktis. Kemajuan teknologi ini tentu memberi efek baik maupun buruk, tergantung bagaimana menyikapinya.

Kemajuan TeknologiMacam-macam gawai yang digunakan di dunia teknologi (sumber: medicine.llu.edu)

Sebelum teknologi semaju sekarang, untuk mendapatkan berbagai macam informasi masih sangat terbatas lho. Harus mengunjungi perpustakaan atau toko buku untuk mendapat buku, menunggu surat kabar terbit, dan menunggu berita ditayangkan televisi atau radio. Tentu memakan waktu dan biaya, bukan? Sungguh jauh berbeda dengan sekarang, di mana sudah banyak sekali portal berita yang dapat diakses di mana saja. Informasinya pun lebih cepat terupdate dan lebih kaya akan referensi.

Seiring berkembangnya teknologi, pendidikan juga terus berinovasi. Kini, belajar juga dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Sebelumnya, jika ingin membaca, maka harus membawa buku ke mana-mana sehingga beban bawaan pun bertambah. Hal ini tentu kurang efisien. Namun sekarang, tidak perlu repot lagi membawa buku karena sudah ada layanan e-book.

Kemajuan TeknologiE-book (sumber: idg.bg)

Ruangguru turut mendukung pengembangan teknologi ini dengan baik, khususnya bidang pendidikan. Seperti halnya memberikan solusi belajar bagi para siswa dengan layanan belajar via gadget. Kamu dapat belajar kelompok, latihan soal-soal, bahkan try out melalui gawaimu. Seru ya?

Kemajuan Teknologi

Aplikasi ruangguru (sumber: istimewa)

Perkembangan teknologi pada pendidikan ini turut memberikan manfaat bagi guru dan murid. Tidak ada lagi alasan waktu terbuang di jalan karena jarak jauh, uang habis untuk membeli buku soal, dan tidak bisa mengerjakan soal. Pokoknya, jadi lebih gampang dan efisien deh.

Selain itu, teknologi juga memberi dampak positif pada pengembangan diri. Jika sedang butuh inspirasi, kamu hanya perlu membuka internet, dan berselancarlah hingga menemukan ide kreatif.

Kemajuan Teknologi Para beauty vlogger (sumber: youtube.com)

Ingin unjuk gigi akan bakatmu? Sudah banyak channel-channel seperti Youtube, SoundCloud, Instagram, blog, dan sebagainya. Jadikan semua itu sebagai wadah untuk mengembangkan talentamu. Psst, bisa dijadikan sebagai portofolio juga lho. Selain dapat diapresiasi banyak orang, kamu juga bisa mendapat kenalan baru, bahkan pekerjaan dengan menunjukkan talentamu. Banyak sekali kan, benefit yang didapat jika kemajuan teknologi dimanfaatkan dengan baik? Tetapi tetap butuh kontrol diri ya, agar tidak terbawa arus yang merugikan. Jangan sampai teknologi terus berkembang, tapi dirimu tidak ikut berkembang ya! 

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts