Perkenalan dengan Macam-Macam Gerak Tubuh | Biologi Kelas 11

Perkenalan dengan Macam-Macam Gerak Tubuh

Wah, selamat pagi, Squad! Apa kabarnya hari ini? Biasanya, setelah bangun tidur, kalian melakukan kegiatan apa saja, sih? Apakah kalian sering berolahraga pagi? Berolahraga pagi merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk membuat tubuhmu terus bergerak. Selain itu, dengan rajin berolahraga pagi, kamu juga bisa lebih fit dalam menjalani hari-hari ke depan. Tahukah kamu, ternyata gerakan-gerakan yang dilakukan tubuh kita itu ada banyak macamnya, lho! Jadi, namanya nggak cuma gerakan tangan ke atas dan gerakan tangan ke bawah aja, ya! Sekarang kita mulai yuk, perkenalan dengan gerakan tubuh!

Perkenalan dengan Macam-Macam Gerak Tubuh

Sudah Olahraga Hari ini? (Sumber: Shutter Stock)

Macam-Macam Gerakan Tubuh

Ada 10 jenis gerakan tubuh yang harus kamu ketahui. Jangan-jangan, gerakannya familiar tapi kamu nggak tau namanya, ya? Nah, sekarang kita kenalan satu-satu, ya!

Ekstensi dan Fleksi

Gerakan ekstensi merupakan gerakan meluruskan tangan. Biasanya, kalau sebelum olahraga di sekolah kamu akan diminta melakukan pemanasan dulu, kan? Nah, merentangkan tangan sering menjadi salah satu kegiatannya. Kegiatan merentangkan tangan tersebut merupakan salah satu gerakan ekstensi.

Lalu, gerakan fleksi itu apa, dong? Gerakan fleksi adalah gerakan menekuk tangan. Contohnya adalah posisi tangan ketika kamu memberikan semangat untuk temanmu. Gerak siku, lutut, ruas jari juga termasuk ke dalam gerakan fleksi. 

Baca Juga: Kupas Tuntas Keluarga Berencana (KB)

Abduksi dan Adduksi

Gerakan selanjutnya adalah gerakan abduksi dan gerakan adduksi. Gerakan abduksi adalah gerakan yang menjauhi badan, contohnya gerakan merentangkan tangan. Sedangkan gerakan adduksi adalah gerakan yang mendekati badan, misalnya mengembalikan tangan ke posisi semula setelah merentangkan tangan. 

Depresi dan Elevasi

Wah, kok namanya serem banget sih, depresi gitu? Eh, jangan serem-serem dulu. Gerakan depresi ini adalah gerakan menurunkan anggota tubuh, sedangkan gerakan elevasi adalah gerakan menaikkan anggota tubuh. Contohnya adalah gerakan mengarahkan kepala ke atas dan gerakan menurunkan kepala ketika sedang berolahraga. 

Supinasi dan Pronasi

Yang dimaksud dengan gerakan supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan. Sedangkan, gerakan pronasi adalah gerakan menelungkupkan tangan. Hayo, siapa di sini yang suka minta uang jajan ke mama atau papa? Pasti menengadahkan tangan, kan? Wah, itu tandanya, kamu sedang melakukan gerakan supinasi, tuh! 

Inversi dan Eversi

Gerakan selanjutnya bernama gerakan inversi dan gerakan eversi. Gerakan inversi adalah gerak memiringkan telapak kaki ke arah dalam tubuh, sedangkan gerak eversi adalah gerakan memiringkan telapak kaki ke arah luar. 

Gerak Antar Otot

Selain macam-macam gerakan tubuh yang sudah dibahas sebelumnya, ada juga nih yang namanya gerak antar otot! Gerak antar otot dibagi menjadi gerak sinergis dan gerak antagonis.

Gerak Sinergis

Gerak sinergis adalah gerakan 2 buah otot yang sama arahnya. Contohnya adalah gerakan otot pronator teres dan kuadratus, yang bekerja sama untuk menghasilkan gerakan supinasi dan pronasi. 

Gerak Antagonis

Wah, kayaknya sering deh liat tokoh antagonis di serial televisi. Eits, tapi gerak antagonis ini beda dong sama tokoh antagonis yang sering kamu liat di serial televisi. Yang dimaksud dengan gerakan antagonis adalah gerak 2 buah otot yang saling berlawanan, misalnya otot trisep dan bisep yang saling membantu ketika kita sedang membengkokkan tangan dan meluruskan tangan. 

Wah, ternyata banyak banget, ya gerakan yang bisa dilakukan tubuh kita! Kamu mau belajar lebih lanjut mengenai gerakan tubuh? Yuk, belajar bersama ruangbelajar! Kamu bisa nonton video belajar, mengerjakan soal, dan melihat rangkuman hanya melalui 1 aplikasi. Download sekarang, yuk! 

New Call-to-action

Beri Komentar