Perkenalan Pronoun dalam Bahasa Inggris

Perkenalan Pronoun dalam Bahasa Inggris

Squad, sudah kelas 10, nih! Semakin semangat untuk sekolah, dong? Karena sudah SMA, tentu pelajarannya akan menjadi semakin kompleks, ya. Eh tapi jangan khawatir, kamu pasti bisa, kok! Untuk pelajaran Bahasa Inggris, kita akan memulai dengan materi Pronoun. Apa sih itu? Yuk, kita belajar mulai perkenalan dengan pronoun! 

Kamu bisa menggunakan pronoun ketika kamu ingin merujuk sesuatu yang sudah kamu sebutkan sebelumnya. Pronoun ini sendiri ada beberapa jenis, yaitu subjective pronoun (kata ganti subjek), objective pronoun (kata ganti objek), possessive pronoun (kata ganti kepemilikan) dan reflexive pronoun (kata ganti refleksif). Oh iya, mungkin sebelumnya kamu sudah pernah mendengar tentang Possessive adjective (kata sifat kepemilikan). Possessive Adjective ini sendiri memang bukan merupakan kata ganti, melainkan determiner. Tapi akan bermanfaat untuk mempelajarinya bersamaan dengan kata ganti. So, let's start! 

Perkenalan Pronoun dalam Bahasa Inggris

 Yuk, belajar Bahasa Inggris! (Sumber: Shutter Stock)

Sebelum mulai perkenalannya, kamu sudah tahu belum sih, pronoun itu yang seperti apa, ya? Nah, supaya nggak salah sambung, yuk simak tabel berikut ini!

pronoun 1

Sesuai dengan tabel di atas, Subjective Pronoun atau kata ganti subjek yang posisinya terletak di awal kalimat itu banyak banget jenisnya. Apa saja, sih? ada I (saya), yaitu pihak pertama tunggal yang terlibat dalam percakapan, lalu adaYou (kamu), yang merupakan pihak kedua tunggal atau lawan bicara. Selain itu juga ada He (dia), yakni pihak ketiga tunggal laki-laki dan tidak terlibat dalam percakapan, She (dia), yaitu pihak ketiga tunggal perempuan dan tidak terlibat dalam percakapan, It (dia), pihak ketiga tunggal hewan atau objek yang dibicarakan. 

Nah, kalau mau menjelaskan tentang kelompok yang plural, gimana ya? Kamu bisa menggunakan kata We (kami atau kita), yaitu pihak pertama jamak yang terlibat dalam percakapan, You (kalian), pihak kedua jamak atau lawan bicara dan They (mereka), yakni pihak ketiga jamak atau yang tidak terlibat dalam percakapan.

Perkenalan dengan Pronoun dalam Bahasa Inggris

 We are friends! (Sumber: Shutter Stock)

Selanjutnya, kita mulai belajar tentang Objective Pronoun, ya. Objective Pronoun atau kata ganti objek terletak setelah predikat. Kata ganti objek ini terdiri dari Me (saya), yaitu pihak pertama tunggal yang terlibat dalam percakapan, You (kamu), yaitu pihak kedua tunggal atau lawan bicara, Him (dia), yakni pihak ketiga tunggal laki-laki atau yang tidak terlibat dalam percakapan, Her (dia), yang merupakan pihak ketiga tunggal perempuan atau yang tidak terlibat dalam percakapan, It (dia), yakni pihak ketiga tunggal hewan atau objek yang dibicarakan.

Bentuk pluralnya seperti apa, dong? Bentuk plural dari Objective Pronoun terdiri dari Us  (kami atau kita), yakni pihak pertama jamak yang terlibat dalam percakapan, Your (kalian), yaitu pihak kedua jamak atau lawan bicara dan Them (mereka), yang merupakan pihak ketiga jamak atau yang tidak terlibat dalam percakapan.

Squad, sudah paham belum? Jangan lupa untuk terus dipelajari mengenai pronounnya, ya! Kalau kamu ingin belajar lebih lanjut lagi, bahkan merasa butuh les privat tambahan, kamu bisa pesan guru privat berkualitas di ruangles! Gurunya tersebar di seluruh Indonesia dan bisa disesuaikan dengan requestmu, lho! Yuk pesan sekarang dan siap-siap jadi juara! 

ruangles

Beri Komentar