Geografi Kelas 12 | Permasalahan Tata Kota & Perencanaan Ruang

Seno Aji Jun 28, 2018 • 4 min read


Permasalahan_Tata_Kota_dan_Lahan-01

Artikel Geografi kelas XII ini menjelaskan tentang permasalahan yang terjadi dalam perencanaan tata ruang dan wilayah.

--

Squad, kamu pernah gak sih memerhatikan dan membandingkan jumlah lahan pertanian dan perumahan di daerah sekitar kamu? Kalau kamu perhatikan ya, lahan pertanian, khususnya di pulau jawa sudah semakin sedikit. Hal ini dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan perencanaan tata ruang dan juga wilayah. Maka dari itu, kemudian tilmbulah banyak masalah. Nah kira-kira apa saja sih permasalahannya hingga bisa seperti ini? Yuk kita pelajari!

Atas dasar kebutuhan tempat tinggal penduduk, tak jarang lahan pertanian yang subur berubah fungsinya menjadi sebuah pemukiman atau perumahan. Tapi kalau kamu tahu nih, selain tempat tinggal, salah satu kebutuhan pokok manusia adalah makanan. Dengan berkurangnya lahan pertanian yang subur, otomatis sumber atau bahan dasar makanan harus di tanam di tempat yang jauh, dan hal ini berdampak pada meningkatnya harga makanan tersebut.

Perencanaan tata ruang dan wilayah yang buruk menjadi salah satu penyebabnya, dalam penerapan tata ruang dan wilayah yang baik, Indonesia masih memiliki beberapa masalah, masalahnya adalah berikut ini.

permasalahan tata ruang dan wilayah

Yuk kita bahas sedikit kenapa permasalahan-permasalahan tersebut bisa muncul.

 

1. Tidak adanya ketegasan hukum bagi seorang yang melanggar tata ruang.

Peraturan tentang pelarangan tata ruang

Terkadang, papan peringatan pun tidak mempan! (sumber: kompasiana.com)

Setiap orang yang melakukan penyimpangan perencanaan tata ruang tidak pernah atau jarang mendapatkan sanksi. Akibatnya, penyimpangan penggunaan tata ruang dianggap biasa dan tidak punya arti apa-apa. Kondisi ini berakibat pada kesemrawutan pelaksanaan tata ruang wilayah.

 

2. Perencanaan tata ruang selalu disatukan dengan rencana pengembangan.

Pembangunan tata ruang

Bangun dulu, perencanaan kemudian (sumber: rmol.co)

Perencanaan tata ruang yang disatukan dengan rencana pembangunan berakibat kesimpangsiuran karena seharusnya perencanaan tata ruang dijadikan acuan dalam rencana pembangunan.

 

3. Perencanaan tata ruang lebih banyak didominasi oleh keputusan politik.

Contoh tindak korupsi

Jangan ditiru ya, ini biasanya termasuk dalam tindak korupsi (sumber: finance-magazine.de)

Tidak bisa dipungkiri bahwa stabilitas politik di Indonesia masih kurang baik. Banyak pengambil kebijakan dan keputusan memutuskan atau mengeluarkan kebijakan yang tidak objektif. Terutama dalam bidang tata ruang. Seharusnya perencanaan tata ruang mengacu pada objektivitas karakteristik wilayah, bukan kebijakan politik. Jika ini terjadi, maka akan menghasilkan pemanfaatan lahan yang tidak maksimal. Biasanya hal ini terjadi dengan kesepakatan serta pemberian uang secara sembunyi-sembunyi.

 

4. Belum semua daerah di Indonesia mempunyai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang sesuai dengan RTRW Nasional.

bingung karena tata ruang semrawut

Tanpa perencanaan yang baik, jadi bingung dalam melakukan penataan kota & perencanaan ruang

(sumber: giphy.com)

Menurut catatan kementerian pekerjaan umum, pada tahun 2015 baru 51% dari 34 provinsi di Indonesia yang mempunyai Peraturan Daerah (perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Tanpa peraturan daerah yang jelas, pemerintah daerah akan mengalami kesulitan dalam mengatur peruntukkan suatu wilayah dan mengambil tindakan jika terjadi pelanggaran RTRW di daerahnya.

Permasalahan di atas adalah sebagian kecil dari permasalahan yang dapat muncul karena penataan ruang dan perencanaan wilayah yang kurang baik. Jika penataan ruang dan perencana wilayah dilakukan dengan tidak baik, mungkin pada masa yang akan datang, dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, lahan pertanian bisa saja habis untuk membangun perumahan kemudian menghasilkan krisis pangan.

Nah jika kamu ingin tahu lebih jauh dan mempunyai pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa nih bertanya sama tutor dari Ruangguru di ruanglesonline, di sana ada tutor dari semua mata pelajaran yang bisa kamu tanya baik pertanyaan tentang soal ulangan yang tidak kamu mengerti, PR yang sulit, atau kebingungan-kebingungan kamu seputar pelajaran. Yuk dicoba!

New Call-to-action

Beri Komentar