Hubungan Teknologi terhadap Permintaan dan Penawaran | Ekonomi Kelas 8

Hubungan Teknologi terhadap Permintaan dan Penawaran

 

Halo Squad! Siapa yang sering menemani ibu belanja ke pasar? Atau ada nggak sih di antara kalian yang suka belanja untuk keperluan pribadi? Nah, tentu kalian sudah tahu ya, tentang 4 jenis pelaku ekonomi? Keempat pelaku ekonomi itu adalah rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Keempat pelaku ekonomi tersebut akan melakukan permintaan dan penawaran. Tahukah kamu, ternyata teknologi juga memiliki peran penting dalam proses permintaan dan penawaran, lho! Wah, menarik, ya. Yuk, kita pelajari permintaan, penawaran, dan hubungannya dengan teknologi. 

 

Pengertian Teknologi

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan teknologi? Secara umum, teknologi adalah keseluruhan sarana (baik berupa barang, ide atau metode) untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan demi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Contohnya, untuk memproduksi sepeda motor diperlukan mesin-mesin yang besar dan rumit. Dalam konteks ini, mesin adalah contoh teknologi berupa barang. Contoh lainnya adalah metode bisnis yang termasuk teknologi dalam bentuk metode. Sekarang yuk kita cari tahu peran teknologi terhadap permintaan!

 

Peran kemajuan teknologi terhadap permintaan

Squad, kira-kira apa saja ya, peran kemajuan teknologi terhadap permintaan? Ternyata ada beberapa manfaat yang mungkin kamu tidak sadari sebelumnya. Apa saja, ya? Yuk, disimak!

 

1. Kemudahan dalam memenuhi kebutuhan

Teknologi memudahkan kita untuk memesan barang atau jasa, lho! Kira-kira contohnya apa, ya? Yap! betul banget. Kamu sering pakai ojek online? Sistem pemesanan ojek online sangat dibantu oleh teknologi. Kalian hanya perlu buka aplikasinya, lalu pesan ojek onlinenya sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing. Hayo, siapa di antara kalian yang tidak bisa hidup tanpa ojek online? Psst, kira-kira, apa lagi ya contohnya?

 

2. Semakin banyak barang dan jasa alternatif

Barang alternatif pengganti atau biasa disebut barang substitusi makin banyak jumlahnya dengan adanya kemajuan teknologi. Contohnya, dulu pengganti nasi adalah jagung dan singkong. Kemudian karena adanya kemajuan teknologi, menu pengganti nasi menjadi banyak jenisnya, seperti roti gandum dan oatmeal. Ada yang suka makan roti gandum atau oatmeal nggak, nih?

 

3. Pendapatan masyarakat meningkat

Pasti kalian suka berbelanja di toko online, kan? Seiring dengan berjalannya waktu, toko online menjadi semakin populer, ya. Dengan adanya toko online, setiap orang yang memiliki akses ke internet berkesempatan menjadi wirausaha, lho! Secara tidak langsung, hal ini membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. 

 

Peran kemajuan teknologi terhadap penawaran

Lalu, bagaimana peran teknologi terhadap penawaran? Berikut penjelasannya!

 

1. Biaya produksi turun dan peningkatan hasil produksi

Mesin-mesin modern menghasilkan barang dengan lebih cepat. Selain itu, hasil produksi juga meningkat sehingga biaya produksi menurun. 

 

2. Distribusi menjadi lebih cepat

Perusahaan-perusahaan jasa pengiriman menggunakan teknologi internet untuk mempercepat proses distribusi sehingga lebih cepat. Oleh karena itu, kamu sering kan mengirim barang hari ini tapi besok sudah sampai? 

Baca Juga: Interaksi Pelaku Ekonomi yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

 

Wah, ternyata peran teknologi cukup besar ya, dalam bidang permintaan dan penawaran barang dan jasa! Semoga perekonomian Indonesia terus stabil dan semakin meningkat ya, Squad! Nah, kamu juga jangan lupa untuk terus belajar supaya prestasimu juga meningkat. Yuk, belajar bersama roboguruPlus! Kamu bisa belajar bareng tutor yang selalu standby, lho! 

IDN CTA Blog roboguru plus Ruangguru

Referensi:

Kurnia A. (2017) IPS Terpadu SMP Kelas VIII. Edisi ke-2. Jakarta: Yudhistira

 

Artikel diperbarui pada 4 Juni 2022.

Embun Bening Diniari