Pengertian dan Rumus atau Formula Persamaan Gas Ideal | Fisika Kelas 11

Rabia Edra Okt 3, 2017 • 3 min read


RG Squad, pernah dengar istilah gas ideal? Pengertiannya adalah gas yang partikel-partikelnya tidak memiliki volume dan tidak saling tarik-menarik. Gas-gas nyata seperti gas O2, H2, dan gas lainnya dikatakan gas ideal ketika berada pada temperatur tinggi dan bertekanan rendah. Ciri lainnya, jarak antarmolekul sangat jauh jika dibandingkan dengan ukuran molekulnya sendiri. Gas pun berinteraksi ketika molekul-molekulnya bertumbukan lenting sempurna. Interaksi tersebut menyebabkan molekul-molekul gas ideal bergerak acak ke segala arah dengan berbagai kelajuan. Nah, rumus persamaan gas ideal ditentukan sebagai berikut.

zx.png

Okay, setelah melihat rumus di atas, kamu sudah tahu bilangan Avogadro? Bilangan Avogadro adalah jumlah atom karbon-12 dalam 12 gram (0,012 kilogram) karbon-12 dalam keadaan dasarnya. Maka, besarnya bilangan Avogadro sebesar 6,02x10²³ molekul/mol.

Pada konsep teori kinetik gas, proses termodinamika molekul/partikel dibagi menjadi tiga keadaan:

  1. Isobarik, yaitu proses termodinamika saat gas diberi perlakuan pada tekanan konstan/tetap;
  2. Isotermis, yaitu proses termodinamika saat gas diberi perlakuan suhu konstan/tetap;
  3. Isokhorik, yaitu proses termodinamika saat gas diberi perlakuan pada keadaan volume tetap.

Ketiga konsep tadi merupakan turunan rumus dari satu persamaan umum teori kinetik gas. Jadi,

Saat P konstan

V = n. R. T

pp.png

Saat tekanan dalam keadaan konstan cukup, RG Squad bisa membandingkan dua besaran gasnya, yaitu volume dan suhunya. Nah, untuk keadaan isobarik, perbandingan menggunakan rumus berikut:

za.png

Saat T konstan

P. V = n. R . T 

P. V = konstan

Saat suhu dalam keadaan konstan cukup, bandingkanlah dua besaran gas, yaitu tekanan dan volume gas. Untuk keadaan isotermis, perbandingan yang digunakan:

007.png

Saat V konstan

P. V = n. R . T  

kk-1.pngNah, saat volume dalam keadaan konstan cukup, bandingkan dua besaran tekanan dan suhu gas. Untuk keadaan isokhorik, perbandingan yang digunakan sebagai berikut:

00.pngDari konsep teori kinetik gas Boyle-Gay Lussac, perbandingan dua keadaan gas yang berbeda dalam tabung tertutup dapat menggunakan rumus:

Capturez-1.png

Nah, sudah paham dengan materinya Boyle-Gay Lussac? Atau masih penasaran dengan aplikasi gas ideal dalam kehidupan sehari-hari? Mending, RG Squad diskusikan teori kinetik gas dengan tentor ahlinya di Ruangguru Digital Bootcamp!

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar