Matematika Kelas 10 | Persamaan Trigonometri Sederhana

Matematika_10.jpg

Squad, di dalam Matematika ada banyak sekali persamaan-persamaan, salah satunya persamaan trigonometri. Persamaan trigonometri memuat fungsi trigonometri dari suatu sudut yang belum diketahui. Nah, terdapat tiga persamaan dalam persamaan trigonometri sederhana. Apa saja ya? Kita simak penjelasan di bawah ini yuk Squad!

Persamaan trigonometri sederhana adalah persamaan yang mengandung perbandingan trigonometri. Menyelesaikan persamaan ini dengan cara mencari seluruh nilai sudut-sudut x, sehingga persamaan tersebut bernilai benar untuk daerah asal tertentu. Persamaan trigonometri sederhana terdiri dari persamaan untuk sinus, cosinus, dan tangen. Pembahasan materi persamaan trigonometri sederhana dibatasi pada penyelesaian yang berada pada rentang 0o sampai dengan 360o  atau 0 sampai dengan 2π. Rumus untuk menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana seperti berikut:

persamaan trigonometriContoh soal persamaan trigonometri untuk sinus:

Tentukan penyelesaian persamaan soal pers sin.png dalam interval 0 ≤ x ≤ 2π 

Jawab:

jawab pers sin.png

persamaan trigonometriContoh soal persamaan trigonometri untuk cosinus:

Tentukan penyelesaian persamaan soal pers cos.png dalam interval 0º ≤ x ≤ 360º

Jawab:

jawab pers cos.png

persamaan trigonometriContoh soal persamaan trigonometri untuk tangen:

Tentukan penyelesaian persamaan soal pers tan.png dalam interval 0 ≤ x ≤ 2π 

Jawab:

jawab pers tan.png

Okay Squad, itulah pembahasan persamaan trigonometri sederhana. Materi ini menjadi materi penutup dalam topik trigonometri. Kamu juga dapat mengulas materi-materi sebelumnya melalui ruangbelajar. Kamu bisa menonton video animasi lengkap dengan soal dan pembahasan, Squad. Gunakan sekarang agar #Belajarjadihebat!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts