Faktor Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia | Geografi Kelas 11

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Squad, siapa yang suka berkunjung ke kebun binatang? Adakah di antara kalian yang tertarik mempelajari keberagaman flora dan fauna di Indonesia? Hal tersebut merupakan salah satu keragaman hayati yang perlu kita jaga bersama. Nah, tapi kamu tahu nggak sih faktor-faktor apa saja yang memengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia? Jenisnya ada apa saja, ya? Yuk, kita belajar bersama!

1. Pengertian Biosfer

Sebelumnya, kita harus membahas biosfer terlebih dahulu karena berkaitan erat dengan mahkluk hidup, di antaranya adalah flora dan fauna.

Biosfer berasal dari kata bio dan sphaira. Bio artinya hidup, sedangkan sphaira artinya lapisan. Oleh karena itu biosfer bisa diartikan sebagai kehidupan mahkluk hidup di berbagai lapisan bumi. 

2. Faktor-Faktor Terkait Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Ternyata ada beberapa faktor yang memengaruhinya, sebagai berikut:

Faktor Klimatis atau Iklim

Squad, iklim merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses persebaran flora dan fauna. Juga berpengaruh pada kehidupan secara umum. Unsur-unsur iklim yang berpengaruh adalah suhu, kelembaban udara, angin, curah hujan, dan sinar matahari. 

Faktor Edafik atau Tanah

Squad, ternyata tanah juga memengaruhi proses persebaran flora dan fauna, lho! Wah, kenapa ya? Hal ini disebabkan karena banyaknya unsur-unsur kimiawi yang terkandung di dalam tanah untuk membantu tumbuh kembang flora. Unsur-unsur kimiawi tersebut akan membantu kesuburan tanah tersebut jika memiliki dosis yang baik. Selain unsur kimiawi, sirkulasi dalam tanah juga harus terjaga baik agar tanaman tersebut dapat melakukan respirasi yang baik.

Faktor Topografi

Squad, yang dimaksud dengan topografi adalah keadaan geografis dari muka bumi itu sendiri. Salah satu unsur yang paling berpengaruh adalah lokasi, yaitu tinggi rendahnya tempat. Contoh dari kasus tersebut adalah semakin tinggi suatu tempat, maka semakin rendah pula suhunya.

Faktor Biotik atau Biologis

Squad, yang dimaksud dengan faktor biotik dalam konteks ini adalah mahkluk hidup itu sendiri, yaitu hewan, tumbuhan, manusia, dan organisme lainnya.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Berdasarkan Lokasi Geografisnya

Persebaran Flora di Indonesia

Squad, ada 2 faktor yang memengaruhi persebaran flora di Indonesia. Faktor-faktor apa saja, ya? Yuk, simak pada gambar di bawah ini! 

Seputar Persebaran Flora dan Fauna

Nah Squad, secara umum, persebaran flora di Indonesia terdiri dari flora Sumatra-Kalimantan, flora Jawa-Bali, flora Wallace dan flora Papua.

Persebaran Fauna di Indonesia

Squad, sekarang kita lanjut ke persebaran fauna di Indonesia, ya. Persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok barat, kelompok tengah, dan kelompok timur

persebaran flora dan fauna

Squad, bagaimana? Sudah lebih paham 'kan? Mulai sekarang, kalau kamu ke kebun binatang, sudah bisa dong ya mengklasifikasikan fauna yang ada di sana. Kamu juga tentu sudah tidak bingung untuk menggolongkan bermacam-macam jenis tumbuhan, kan? Psst, biar makin jago lagi, yuk belajar pakai Ruangguru On-The-Go!

Wah apa, tuh? Intinya, Ruangguru On-The-Go! ini bisa bantu kamu belajar lewat video belajar, tanpa kuota! Kamu bisa beli yang paket reguler atau paket ekstra. Kapan lagi kan, bisa belajar di mana saja dan nggak ngabisin kuota kamu? Yuk, dipesan sekarang! 

ruangguru on the go

Beri Komentar