#1001Bunga #CeritaGuru, Persembahan Ruangguru untuk Guru

Ruangguru Des 1, 2015 • 5 min read


Selamat Hari Guru dari Ruangguru.com


Bulan November adalah bulan yang istimewa bagi kami. Menyambut Hari Guru Nasional pada 25 November 2015 lalu, tim Ruangguru.com mengunjungi beberapa sekolah di Jakarta, yaitu SD Ade Irma, SDN Tebet Timur, SMPN 115, SMAN 8 dan SMAN 26, untuk berbagi kebahagiaan dengan Bapak Ibu guru dan murid-murid di sekolah dengan membagikan 1001 bunga.

Mengapa 1001 bunga?

Bagi kami, angka 1001 melambangkan 1000 murid berprestasi karena 1 guru. Bunga juga diibaratkan sebagai lambang kasih sayang dan cinta dari kami untuk Bapak Ibu guru. Kami ingin menunjukkan dan mengajak semua yang terlibat untuk menunjukan rasa sayang kepada guru-guru yang telah sangat berjasa dalam membimbing para murid dan memajukan pendidikan di Indonesia. Setidaknya menurut kami, inilah salah satu cara untuk mengapresiasi jasa Bapak Ibu guru.

Kami disambut dengan hangat oleh Bapak Ibu guru dan murid-murid di sekolah-sekolah yang kami kunjungi. Bahkan beberapa murid semangat dan inisiatif untuk ikut berpartisipasi membagikan bunga dan memberikannya kepada guru favorit mereka dan bercerita tentang makna guru bagi mereka.

Pembagian Bunga di SMAN 8 Jakarta

Ibu Sri Purwani, Guru Matematika SMAN 8 Jakarta

Kami juga sempat mewawancarai guru-guru untuk diajak berbagi pengalaman berprofesi sebagai guru. Salah satunya adalah Ibu Sri Purwani, guru Matematika SMAN 8 Jakarta. Beliau berkata, "Awalnya saya menjadi guru karena ayah saya juga adalah seorang guru, tepatnya guru Matematika. Saya terinspirasi oleh sosok beliau yang sangat berdedikasi, disiplin dan tekun mengajar anak-anak didiknya. Ketika saya lulus sekolah, saya memutuskan untuk menjadi guru. Saat ini, saya sudah mengajar selama 30 tahun. Menjadi seorang guru adalah pengalaman yang sungguh berharga dalam hidup saya. Ibarat hati, murid-murid saya telah saya anggap sebagai anak-anak saya sendiri, dan adalah kebahagiaan terbesar bagi saya jika melihat mereka berhasil dalam hidupnya dan menjadi pemimpin terbaik bagi bangsa ini."

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja. Bisa dari orang dikenal dan terdekat, bisa juga dari yang belum kenal sama sekali. Dan kami berharap apa yang kami lakukan ini mampu menginspirasi banyak pihak sehingga kedepannya bukan hanya hari guru, tapi setiap harinya harus menjadi hari bagi kita untuk mengapresiasi guru-guru dan para pengajar di Indonesia.

Ingin tahu keseruan dari kampanye #1001bunga kami tahun ini? Yuk cek dalam video berikut ini!

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=zJEst_Ta6rY[/embed]

Selain kampanye #1001Bunga, kami juga melakukan kampanye #CeritaGuru untuk mengajak publik luas berbagi pengalaman mereka tentang jasa-jasa guru bagi mereka, serta berbagi cerita pengalaman menjadi guru bagi para guru.

Kampanye #CeritaGuru Ruangguru.com

Sejauh ini antusias terhadap #CeritaGuru cukup banyak terlihat dari jumlah partisipan yang berbagi ceritanya menggunakan hashtag #CeritaGuru.

Salah satunya dari @sukerih yang berbagi cerita mengenai gurunya “Ibu Hj. Sulastri namanya. Setiap orang mendengar nama itu pasti sontak kaget dan takut. Setiap berhadapan dengan beliau, apa yang ingin saya omongin pasti blank karena saking takut dan groginya. Beliau adalah guru Bahasa Inggris yang sangat-sangat brilliant menurut saya, dan menjadi guru favorit saya. Saya sangat suka cara beliau mengajar dan memberikan sebuah materi yang menurut saya cemerlang banget. Beliau tidak suka kalau memberikan sebuah contoh kalimat yang berandai-andai terus berbelit-belit. Selain itu beliau tidak jauh beda sama mamah Dedeh selalu menyempatkan berceramah dan memberi masukan tentang aqidah dan akhlaq. Saya bersyukur banget bisa mendapatkan kesempatan mengenal beliau. Terima kasih ibu Hj. Sulastri.”

Dan juga dari @diahpramu yang  berbagi cerita mengenai pengalaman dan tantangannya saat menjadi guru, “Saya pernah menjadi pendamping belajar Matematika di luar pelajaran jam sekolah untuk seorang anak yang IQnya lebih dr 180. Nama muridnya Roxaline Tan Winilang, dia berumur 9 tahun dan sekarang duduk di kelas 6 SD karena tahun depan sudah melaksanakan UASBN. Dia memiliki kemampuan berhitung dengan bayangan yang sangat bagus tetapi kemampuan menulis dia sangat kurang. Di situ tantangan bagi saya dan menjadi pengalaman yg menarik selama mendampingi dia belajar.”

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh pihak yang terlibat yang membantu suksesnya kampanye yang Ruangguru.com jalankan.

Kiranya setiap hari menjadi hari di mana kita memberikan apresiasi kepada Bapak Ibu guru kita. Sudahkah kamu mengucapkan terima kasih kepada gurumu hari ini? :)

Beri Komentar