Persiapkan Hal Berikut Dalam Menghadapi Tahun Pertama Kuliah (Part 1)

Ruangguru Mei 11, 2016 • 6 min read


Halo teman-teman kelas XII yang baru saja menerima hasil Ujian Nasional! Ruangguru.com mengucapkan selamat atas kelulusannya ya. Bagi yang belum lulus, jangan putus harapan karena kamu masih bisa menjalankan UN perbaikan. Harus tetap semangat!

Sebentar lagi kamu akan masuk ke tahap baru lagi yang lebih serius. Tahap ini akan semakin mendekatkan kamu meraih cita-citamu. Apakah itu?

menghadapi tahun pertama kuliah Foto: forbes

Ya, kamu akan memasuki dunia perkuliahan. Zaman kuliah akan sangat berbeda dengan zaman sekolah lho. Statusmu berubah, dari siswa, naik pangkat menjadi mahasiswa. Namanya juga ‘maha’, berarti siswa yang paling tinggi levelnya. Jadi, kamu harus jadi lebih baik juga dong tentunya. Bagi kamu yang masih belum ada bayangan, jangan khawatir! Ruangguru.com kasih tips dan trik bagi kamu yang akan mengenyam bangku kuliah.

 

NO UNIFORM (1)

Saat kuliah, kamu akan dibebaskan dari seragam. Kecuali kamu masuk ke akademisi yang biasanya mewajibkan untuk pakai seragam ya. Umumnya, kampus akan memberikan peraturan mengenai do's and don'ts dalam berpakaian. Tapi ada beberapa hal yang harus kamu tahu supaya tidak salah kostum a.k.a saltum. Apa saja ya?

 

Signature style

“Besok pakai baju apa ya?”

“Baju ini kayaknya baru dipakai dua hari lalu deh. Nanti dikira nggak punya baju lagi.”

 

freshman1-polyvore Foto: polyvore

Waktu kuliah, kamu akan dihadapkan dengan kegalauan memilih outfit ke kampus seperti di atas. Pakai baju yang nyaman dan bikin pede meningkat akan membuat mood kamu bagus. Jadi, hal ini juga sebenarnya bisa bikin kamu semangat untuk datang ke kampus lho. Di fase inilah saatnya kamu banyak bereksperimen berbagai macam style. Dari berbagai gaya yang kamu coba, kamu akan menemukan style mana yang paling kamu rasa nyaman. Sah-sah saja kok kalau kamu gonta-ganti gaya, tapi jangan sampai berlebihan ya. Ingat, tujuan utamanya kan mau kuliah, bukan untuk berlomba keren-kerenan.

 

Follow the rules

“Aku lebih suka pakai rok mini karena kaki jenjangku jadi semakin terlihat menonjol.”

menghadapi tahun pertama kuliah

Ketika sudah menemukan signature style-mu, bukan berarti kamu jadi melanggar peraturan yang berlaku ya. Tujuan utama kamu bukan mau fashion show kan? So, tahan diri untuk pakai short skirt/pants, tank top tanpa outer, dan semua pakaian yang terlalu terbuka ya.

 

NO UNIFORM (2)

Saat awal masuk dunia perkuliahan, kamu pasti butuh teman untuk saling bertukar info kan? Bagaimana ya caranya supaya cepat dapat teman?

Orientasi

Beberapa kampus masih memberlakukan ospek seperti kumpul di tengah lapangan, dimarahi tidak jelas, dijemur, dikerjain, dan masih banyak lagi. Hal-hal demikian seringkali jadi momok yang membuat kamu malas dan takut ikut ospek. Eits, tapi jangan langsung buru-buru menghindari ospek!

menghadapi tahun pertama kuliah Foto: southernct.edu

Ospek ini sebenarnya bisa jadi ajang untuk cari teman sebanyak-banyaknya. Saat ospek, kamu tidak akan merasa sendiri karena banyak teman yang senasib sepenanggungan. Biasanya kalau susah bareng-bareng tidak akan terasa beratnya, bukan? Ini jadi kesempatan besar untuk mengenal pelan-pelan seperti apa teman-temanmu tiga atau empat tahun ke depan. Jangan ragu untuk ajak kenalan ya, setidaknya tiga orang saja dulu. Buang jauh deh sifat picky, mulai sapa orang yang posisinya paling dekat dengan kamu. Kalau sudah ada teman, kamu bisa saling sharing dan tolong-menolong kan?

 

Keluar dari zona nyaman 

menghadapi tahun pertama kuliah Foto: huffpost.com

Waktu SMA, biasanya kamu akan lebih memilih untuk bergaul dengan peer group-mu. Tapi ketika di dunia perkuliahan, itu tidak (boleh) terjadi lagi. Coba untuk kenalan dan mendekatkan diri dengan orang-orang di luar inner circle kamu deh. Mulai dari anak populer, anak yang super pemalu, dan banyak lagi. Dijamin cara pandangmu akan lebih terbuka.

 

Malu bertanya, sesat di jalan

"Dosen XYZ ini karakternya seperti apa ya?"

"Cara pilih SKS gimana sih?"

Well, namanya juga anak baru, pasti dilanda banyak kebingungan. Entah jadwal, buku pengantar apa saja yang dibutuhkan, menghadapi berbagai macam dosen, dan sebagainya. Bagaimana caranya ya supaya bisa mendapatkan gambaran mengenai itu semua? 

menghadapi tahun pertama kuliah Foto: huffpost.com

Tanyakan pada yang sudah duluan mengalaminya, yaitu senior. Para senior pasti sudah punya info penting dan cara ampuh yang bisa dibagikan ke freshman sepertimu. Awalnya kamu mungkin masih canggung dan tidak tahu bagaimana harus memulai. Tapi jangan segan karena tidak ada salahnya mencoba. Selain dapat ilmu, kamu juga bisa pinjam buku-buku dari mereka. Ingat, perhatikan attitude-mu ya, bersosialisasilah dengan baik dan tetap sopan.

 

Berani memulai

Kalau waktu SMA kamu terbiasa dengan moving class, pasti sudah tidak kaget dengan sistem ini saat kuliah. Kamu harus belajar untuk cepat beradaptasi dengan orang baru. Biasanya, kalau ambil satu mata kuliah di kelas yang beda, kamu juga akan ketemu orang baru lagi. Beranikan diri untuk kenalan ya, jangan hanya diam di pojokan lho.

 

Yap, sekian dulu beberapa hal yang bisa memberikan kamu sedikit bayangan untuk persiapan di tahun pertama kuliah. Psst, masih ada yang lain lho. Tunggu kelanjutannya besok ya. :)

Beri Komentar