Persiapan Ujian: Table Reading dalam Bahasa Inggris

Persiapan Ujian: Table Reading dalam Bahasa Inggris

Squad, pernahkah kalian melihat laporan yang disajikan dalam bentuk tabel? Pasti kalian pusing ya, membacanya? Psst.. jangan pusing dulu! Sekarang kita belajar tentang Table Reading dalam Bahasa Inggris, yuk! Selain di Ujian Nasional, Table Reading juga sering muncul di soal-soal ujian sertifikasi Bahasa Inggris, contohnya IELTS. Jadi, semangat belajarnya, ya! Yuk, kita mulai!

Persiapan Ujian: Table Reading dalam Bahasa Inggris

Squad, sekarang coba perhatikan contoh tabel di atas, yuk! Tabel di atas menjelaskan tentang anggota klub buku. Hmm... bagaimana caranya membuat laporan berdasarkan tabel di atas, ya?

Untuk permulaan, kita bisa memulai dengan menuliskan paragraf pembuka yang berisi pengenalan terhadap fitur-fitur yang ada di tabel tersebut. Fitur-fitur tersebut berada pada top row dan top column pada tabel. Contoh kalimat pembukanya adalah The table shows the sales figures of fiction books, non-fiction books, and magazines in a college bookshop for February 2017. The figures are divided into two groups: sales to non- Book Club members and to Book Club members. Paragraf pertama yang kamu tulis harus mengandung informasi-informasi penting yang ada di bagian top row dan top column pada tabel tersebut, ya! 

Baca Juga: Contoh Discussion Text dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya, kamu bisa membahas setiap data berdasarkan kelompok-kelompok besar dari fitur-fitur tabel tersebut. Sekarang diawali oleh pembahasan tentang Non Book Club Members terlebih dulu, ya! Kamu harus menulis informasi tersebut dengan detail ya. Meskipun demikian, kamu tidak usah menulis semua informasi sekaligus, kok. Pilihlah informasi yang paling menarik menurut sudut pandangmu. Contohnya adalahThe non- Book Club member figures comprise sales to college staff, college students, and members of the public. College staff bought 332 magazines, 44 fiction and 29 non-fiction books. College students bought 1249 magazines, 194 non-fiction and 31 fiction books. More magazines were sold to college students than to any other group of customers. Although no fiction books were sold to members of the public, they purchased 122 non-fiction books and 82 magazines.

Lalu, di paragraf ketiga ada penjelasan tentang apa, ya? Di paragraf ketiga, kamu bisa membahas data berdasarkan kelompok besar lainnya, yaitu Book Club Members. Jangan lupa, tetap harus detail ya, menjelaskannya. Buat penjelasannya semenarik mungkin berdasarkan sudut pandangmu, ya. Contoh penjelasannya bisa ditulis menjadi Book Club members bought more fiction (76) and non-fiction books (942) than other customers. On the other hand, magazine sales to Club members (33) were fewer than for any other type of customer. 

Persiapan Ujian:  Table Reading dalam Bahasa Inggris

Aspek terakhir yang dibahas adalah aspek kuantitas total dari tabel tersebut. Paragraf terakhir mengandung penjelasan jumlah total setiap data yang terdapat pada tabel tersebut. Jangan lupa, harus ada kesimpulannya juga, ya! Oleh karena itu, kamu bisa menulis paragraf terakhir menjadiThe total number of publications sold for the month was 3134 (1474 to college students, 405 to staff, 204 to the public, and 1051 to Book Club members). Of this figure, 151 items were fiction books and 1287 were non-fiction. Therefore, magazines accounted for the greatest number of sales (1696). 

Wah, ternyata mudah, ya! Jangan lupa untuk terus dipelajari ya Squad, terutama untuk kalian yang akan menghadapi ujian, baik Ujian Nasional maupun Ujian Sertifikasi Bahasa Inggris. Supaya makin semangat belajarnya, yuk belajar privat bersama guru privat terbaikmu! Pesan gurunya di ruangles sekarang, dan siap-siap jadi juara, ya! 

ruangles

Beri Komentar