Persiapan yang Dapat Anda Lakukan agar Lulus Tes Psikotes Kerja

Maya Martha

Apr 15, 2019 • 4 min read

sukses kerja tips & trick


tes psikotes

Artikel ini membahas tentang persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum Anda menghadapi tes psikotes agar lulus proses seleksi

--

Anda mendapat panggilan psikotes? Psikotes adalah salah satu dari rangkaian tes seleksi karyawan yang bertujuan untuk melihat kepribadian dan IQ dari calon karyawan. Nah, tes psikotes memiliki bobot yang tidak kalah penting di dalam proses seleksi karyawan dan tidak dapat dipisahkan dari tes yang lainnya seperti interview hingga FGD (Focus Group Discussion). Untuk itu, tidak ada jawaban benar atau salah dalam hasil penilaiannya. Jika tidak lolos bukan berarti Anda buruk, hal tersebut bisa jadi karena kepribadian Anda tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang sedang dicari. Namun tetap tidak ada salahnya mempersiapkan segalanya dengan semaksimal mungkin. Agar optimis untuk mengikuti psikotes, Anda bisa melakukan empat persiapan ini.

1. Menjaga kondisi badan

tes psikotes

Mempersiapkan tubuh yang kuat dan sehat (Sumber: Kompasiana.com)

Sehari sebelum mengerjakan tes psikotes, sebaiknya jaga stamina tubuh Anda. Tes yang mencakup kepribadian dan IQ ini membutuhkan kondisi badan yang sehat, karena apabila Anda kurang tidur atau malah sakit, Anda tidak dapat mengerjakan tes dengan baik. Hal ini tentunya sangat memengaruhi hasil dari tes kepribadian dan skor pada IQ Anda. Terlebih lagi pengerjaan tes psikotes dapat memakan waktu hampir setengah hari. Untuk itu, istirahatlah yang cukup, jangan tidur terlalu larut, dan lebih baik sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat.

Baca Juga: Ingin Sukses Wawancara Kerja Online? Lakukan 7 Langkah Berikut Ini!

2. Melihat sekilas tes apa yang akan Anda hadapi besok

tes psikotes

Mencari informasi dan referensi (Sumber: bestchoiceschools.com)

Akan sangat mengejutkan apabila Anda belum tahu seperti apa gambaran tes psikotes itu. Tidak ada salahnya bila Anda membeli buku tes psikotes yang dijual di toko buku, melihatnya melalui internet, atau bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah pernah mengerjakan tes psikotes.

Alat tes di dalam tes psikotes pun beragam, ada tes Wartegg, Pauli, Kraepelin, DAM, dan lain sebagainya. Tidak semua alat tes digunakan kok, tergantung kebutuhan dari setiap perusahaan. Misalnya tes psikotes di sebuah bank pasti berbeda dengan perusahaan media karena pencarian karakter calon karyawan juga berbeda. Untuk itu, penting sekali Anda mencari informasi atau referensi yang mendukung pengerjaan tes psikotes Anda sesuai dengan perusahaan yang Anda inginkan, seperti apa jenis tesnya, dan seperti apa strategi yang harus Anda siapkan. Kendala teknis sering muncul dan menjadi alasan Anda tidak lolos tes.

3. Jangan lupa mempersiapkan kelengkapan untuk tes psikotes

tes psikotes

Membawa alat tulis sendiri dari rumah (Sumber: aminoapps.com)

Rekan Kerja, sebelum hari H mengerjakan psikotes, jangan lupa untuk mempersiapkan kelengkapannya. Umumnya psikotes dikerjakan dengan menggunakan pensil dan pulpen. Nah, tidak semua perusahaan akan menyediakan alat tulis tersebut pada saat psikotes berlangsung. Hal ini dilakukan sebagai salah satu antisipasi adanya kecurangan. Selain itu pun, waktu pengerjaan tes psikotes sangatlah terbatas. Anda akan dihadapkan dengan banyak bagian tes dengan perhitungan waktunya masing-masing. Akan sangat buang waktu apabila Anda harus meminjam alat tulis dengan orang sekitar. Tentu hal tersebut juga mengganggu mereka juga, apalagi jika belum saling mengenal. Maka dari itu, jangan lupa untuk persiapkan pensil, pulpen, dan rautan!

4. Ingatlah untuk jangan berlaku curang!

tes psikotes

Jangan menyontek, Rekan Kerja (Sumber: gizmodo.com)

Sekali lagi, Anda perlu perhatikan lagi bahwa waktu untuk mengerjakan psikotes sangatlah terbatas. Apabila Anda menyontek dengan menggunakan telepon genggam atau melirik ke meja sebelah, Anda akan membuang waktu Anda dan hasilnya pun tidak maksimal. Terlebih lagi bila Anda ketahuan. Perusahaan akan mencoret nama Anda dan memasukan Anda ke dalam daftar blacklist. Akibatnya adalah Anda tidak bisa lagi mendaftar di perusahaan tersebut.

Penting untuk melakukan persiapan paling tidak satu hari sebelum mengerjakan tes psikotes, Rekan Kerja. Persiapan yang dilakukan dapat membantu agar Anda rileks dan hasil yang didapat juga sesuai harapan. Sangat disayangkan apabila pada akhirnya Anda menyesal karena tidak dapat mengerjakan psikotes dengan maksimal. Untuk itu, empat hal ini dapat memberikan Anda pemahaman dan mendukung pengerjaan psikotes Anda nanti.

Rekan Kerja, tahukah Anda bahwa Anda bisa meningkatkan kemampuan dan wawasan Anda terutama di dalam dunia kerja dengan membaca artikel-artikel lain di aplikasi ruangkerja? Nah, tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi ruangkerja dan Anda akan dapat menikmati berbagai fitur-fiturnya secara gratis.

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts