Persiapkan Dirimu dengan Bimbel Online ruangbelajar Paket SBMPTN

Chairunnisya Tisa Jun 26, 2018 • 6 min read


Halo RG Squad! SBMPTN akan dilaksanakan kurang dari dua bulan lagi nih! Bagaimana persiapan kamu sejauh ini? Tenang saja, kamu masih bisa terus memantapkan diri menggunakan bimbel online di ruangbelajar SBMPTN lho. Sebelum kita mengetahui cara penggunaan ruangbelajar SBMPTN ini, apakah kamu sudah tahu apa itu bimbel online dan perbedaannya dengan bimbel konvensional atau offline seperti yang selama ini kamu kenal?

Perbedaan Bimbel Online dan Bimbel Konvensional

Seiring dengan perkembangan gaya belajar siswa, bimbel tidak lagi hanya di ruang kelas. Ada pula jenis bimbel online yang dapat kamu manfaatkan kapan saja dan di mana saja hanya melalui gadget. Beberapa perbedaannya antara lain:

1. Bimbel Online

ruangbelajar-4Bimbel online ruangbelajar

Melalui bimbel online siswa dapat memahami pelajaran di sekolah melalui perangkat teknologi seperti ponsel atau laptop. Sistem pembelajarannya sendiri bermacam-macam, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi belajar yang dapat diunduh secara gratis seperti ruangbelajar. Di dalam aplikasi tersebut memuat ribuan konten video belajar yang dijelaskan langsung oleh guru yang ahli di bidangnya. Terdapat pula kuis soal-soal untuk menguji kemampuan diri serta hasil akhir berupa rapor online.

Pemilihan bimbel online sangat tepat untuk siswa yang memiliki kegiatan padat di sekolah. Bisa pula menjadi opsi agar orang tua dapat lebih mudah mengontrol belajar anak karena anak tidak perlu pulang malam dan dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Selain itu, harga bimbel online jauh lebih murah dibandingkan bimbel konvensional, lho.

2. Bimbel Konvensional

teen.girl.class.testBimbel konvensional (Sumber: wrightslaw.com)

Walaupun sudah banyak bermunculan bimbel online, namun bimbel konvensional masih tetap bertahan dengan beragam inovasi. Meski harus merogoh biaya yang lebih tinggi, namun masih banyak orang tua yang percaya bahwa kelas tatap muka akan membuat siswa lebih fokus belajar. Belakangan juga, bimbel konvensional mulai merambah ke sesi konseling orang tua dan siswa dengan mengadakan seminar parenting.

Untuk kisaran biaya bimbel konvensional untuk SD, SMP, dan SMA mempunyai rentang harga yang berbeda-beda. Secara umum kisarannya berada di angka sekitar Rp2juta-Rp25 juta tergantung pada masa belajar (sebulan/semester/setahun), durasi jam belajar, dan total jumlah pertemuan. Sangat direkomendasikan untuk kamu memilih bimbel online karena harganya yang jauh lebih terjangkau karena tidak membutuhkan biaya operasional untuk ruang kelas dan transportasi menuju lokasi bimbel.

Salah satu bimbel online yang dapat kamu pilih untuk membantu kamu menghadapi ujian sekolah atau SBMPTN adalah ruangbelajar. Nah jika sebelumnya, Ruangguru sudah menjelaskan langkah-langkah menggunakan ruangbelajar. Sekarang kita akan melihat bagaimana cara menggunakan ruangbelajar paket SBMPTN, beserta kelebihannya. Penasaran? Ayo kita simak ulasannya.

Beli 1 Paket, bisa akses materi IPA dan IPS

ruangbelajar SBMPTNMateri yang ada di ruangbelajar paket SBMPTN. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Bimbingan belajar biasanya memberikan pilihan paket IPA atau IPS untuk SBMPTN. Nah, jika ingin mengambil jurusan lain atau IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) kamu biasanya diharuskan menambah biaya lagi. Berbeda dengan ruangbelajar paket SBMPTN. Di sini kamu cukup membeli 1 paket untuk bisa mengakses semua materi SBMPTN. Jadi lebih hemat dan efektif nih. Sebagai buktinya, berikut adalah materi yang disediakan:

  • TPA,
  • Matematika Dasar,
  • Bahasa Indonesia,
  • Bahasa Inggris,
  • IPA (Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia),
  • IPS (Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi),
  • RG Inspire (Berisi video motivasi dari kakak-kakak Ruangguru mengenai konsep diri, goals & motivation, stategy & personality dan pembahasan lainnya).

Latihan soal dan rangkuman

ruangbelajar SBMPTN

Terdapat video belajar animasi pada setiap topik untuk membantu kamu memahami materi (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

ruangbelajar SBMPTN

Ukur kemampuanmu dengan mengerjakan latihan soal (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

ruangbelajar SBMPTNRangkuman bisa diakses setelah kamu menonton video pelajaran dan mengerjakan latihan soal (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Sama seperti paket ruangbelajar lainnya, di ruangbelajar SBMPTN ini terdapat tahapan-tahapan atau "misi" yang harus diselesaikan. Pertama, kamu harus menonton video animasi mengenai teori dari materi terkait. Kemudian, akan ada beberapa latihan soal untuk menguji pemahamanmu tentang video sebelumnya. Jangan khawatir jika salah menjawab, karena setelah semua soal selesai dikerjakan kamu bisa melihat video pembahasannya dengan lengkap. Kamu juga bisa menyimpan materi yang telah dipelajari dengan men-download rangkuman yang berbentuk infografis.

Berisi pembahasan soal dari 2014

Untitled design-18.png

Pembahasan soal dari tahun 2014 hingga prediksi soal tahun 2018. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Tidak hanya berisi video pelajaran saja, ruangbelajar paket SBMPTN juga menyediakan video pembahasan soal dari tahun 2014, lho. Sehingga kamu dapat semakin mudah memahami soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya serta mengukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal. Kelebihan lainnya, tersedia juga prediksi soal SBMPTN untuk tahun 2018 dengan 4 paket berbeda. Luar biasa ya Squad.

Bisa melihat rapor secara langsung

ruangbelajar SBMPTN

Kamu bisa langsung melihat nilai kamu lho Squad! (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Untuk melihat perkembangan belajarmu, ada rapor yang akan memperlihatkan akumulasi dari misi belajar. Terdapat laporan nilai secara keseluruhan dan nilai per mata pelajaran. Ruangguru juga akan memberikan rekomendasi topik yang paling cocok untuk meningkatkan prestasimu. Jadi, kamu bisa lebih fokus mempelajari materi-materi yang belum dikuasai dengan baik.

Harganya terjangkau

ruangbelajar SBMPTN

Pilihan paket berlangganan ruangbelajar SBMPTN. (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Dengan banyaknya kelebihan yang disediakan, kamu hanya perlu membayar Rp225.000 untuk berlangganan selama 1 bulan. Tersedia juga paket 1 semester dengan harga Rp 475.000 dan paket ruangbelajar+RGDB 1 bulan seharga Rp775.000.

Tunggu apalagi Squad? Kamu hanya perlu download aplikasi Ruangguru dan pilih paket ruangbelajar SBMPTN sekarang juga. #BelajarJadiMudah karena kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja!

ruangbelajar

Beri Komentar