English Daily Dose: Yuk, Pertajam Listening Skill Kamu Biar Tidak Misunderstanding Lagi!

Ruangguru Mar 12, 2016 • 5 min read


 Berbicara bahasa Inggris sudah fasih, menulis juga sudah bagus baik penguasaan vocabulary maupun grammar-nya, tapi terkadang saat berbicara menggunakan bahasa Inggris, kita kesulitan untuk memahami ucapan lawan bicara hanya karena kemampuan mendengarkan (listening skill) kita masih kurang tajam.

Kalau sudah begini ceritanya, kita harus meningkatkan listening skill kita nih! Kamu tidak mau kan terlihat ragu saat berbicara hanya karena kesulitan mendengar apa yang diucapkan oleh lawan bicara? Yuk, mari lakukan latihan berikut untuk pertajam pendengaranmu!

1. Dengarkan lagu dan tebak liriknya!

Perhatikan setiap kata dalam lirik lagu! Perhatikan setiap kata dalam lirik lagu! (Foto: youthareawesome.com) 

Suka mendengarkan lagu, apalagi lagu dari artis internasional berbahasa Inggris? Belajar listening bisa dari mendengar lagu lho! Tapi pertanyaannya apakah kamu sekedar mendengarkan musiknya saja atau memperhatikan juga liriknya? Kalau kamu mendengar musiknya saja, pasti suka salah lirik pas nyanyiin lagunya deh! Malu kan? Hehe.

Untuk belajar listening, kita bisa latihan dengan mendengarkan lagu sambil tebak lirik lagu tersebut. Pilih satu lagu yang paling kita sukai, lalu dengarkan sambil menebak liriknya dengan menulis di kertas. Setelah selesai, coba deh kita cek di internet, apakahnya sudah betul liriknya? Atau ada kata-kata yang salah? Dengan rutin melakukan ini, telinga kita akan semakin peka untuk mendengar kata maupun kemampuan menyanyi kita hihi.

 

2. Nonton film tanpa subtitle

Dilarang nonton film dengan subtitle.

Dilarang nonton film dengan subtitle. (Foto: pmcdeadline2.files.wordpress.com)

Meski bahasa Inggris sudah jagoan, tapi kadang kita suka menonton film dengan subtitle. Well, kalau mau beneran mau tingkatkan kemampuan listening, jangan gunakan subtitle sekalipun terjemahan bahasa Inggris! Kenapa? Misalnya saja, saat menonton ada kata yang sulit di mengerti dari pemeran film. Biasanya kalau ada subtitle kita tinggal ‘nyontek’ dan jadinya kurang berusaha untuk mendengar. Betul tidak?

Kalau misalkan kita nonton tanpa subtitle tentu akan lain cerita! Misalnya saat mendengar kata yang kurang jelas atau tidak terdengar, biasanya kita suka penasaran. Kadang kita membiarkan begitu saja dan mencoba menerka apa diucapkan. Nah, kalau sudah seperti ini coba deh kamu putar ulang terus adegan film tersebut, sampai benar-benar mendengar apa yang diucapkan. Meski menonton kita jadi kurang nyaman, tetapi ini bisa bantu banget lho buat pertajam listening kita. Yuk, biasakan nonton film tanpa subtitle!

 

3. Sesekali streaming radio berbahasa Inggris

Coba dengarkan radio berbahasa Inggris

Coba dengarkan radio berbahasa Inggris. (Foto: dailymail.co.uk) 

Mungkin kalau mendengar lagu sudah biasa, apalagi dengan kata-kata yang disertai nada jadi membuat kita lebih semangat mendengarnya. Mau coba teknik lain? Kita bisa juga streaming radio berbahasa Inggris lho! Di radio, kita tidak hanya mendengar lagu saja tetapi juga mendengarkan pembicaraan dari penyiar radio. Apalagi buat kamu yang termasuk tipe belajar auditori (mendengar), cara ini lebih efektif untukmu.

Dengan cara seperti ini, kita bisa belajar mendengar dari conversation maupun dari lagu sekaligus.

 

4. Belajar dari berbagai aksen

Pelajari ciri khas aksen berbagai negara!
Pelajari ciri khas aksen berbagai negara! (Foto: blog.vitalchek.com)

Mungkin untuk mendengar pembicaraan bahasa Inggris dengan aksen British atau Amerika kita sudah bisa mendengar dengan baik. Tapi bagaimana kalau ternyata yang akan diajak bicara bukan dari kedua aksen tersebut? Apalagi kalau kita berencana kuliah di luar negeri, hukumnya wajib banget nih untuk melatih kemampuan ini!

Untuk bisa membedakannya, kita bisa berlatih dengan menonton film atau streaming video untuk dari berbagai aksen. Ini ada salah satu contoh video yang dibuat oleh perempuan Indonesia, Fathia Izzati, yang mencoba memperagakan 21 aksen, untuk melihat video bisa klik di sini.

Bagaimana setelah menonton? Tambah bingung atau tambah mahir membedakannya? Hehe.

 

5. Mintalah untuk mengulang kata dengan sopan

Berbicara dengan sopan.

Berbicara dengan sopan. Foto: upload.wikimedia.org

Ketika kamu sudah berlatih dengan giat, tetapi masih sulit mendengar ucapan dari lawan bicara, tidak ada salahnya untuk meminta mengulang! Tapi ingat ya, mintalah dengan cara yang sopan supaya lawan bicaramu tetap merasa didengar dan dihargai. Jangan malu untuk mengakui bahwa kita masih belajar untuk mempertajam kemampuan listening agar lawan bicara lebih memahami kondisi kamu.

Itulah lima kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mempertajam listening skill kita. Tetap giat berlatih dan jangan patah semangat ya, kamu pasti bisa! Good luck! :D (FR/TN)

Beri Komentar