Ruangguru Blog

    Pertama Kali Menjadi Guru Privat? Lakukan 7 Hal Ini di Pertemuan Pertama dengan Siswa!

    By Ruangguru writer · Nov 7, 2016

    Guru privat bukan berarti tidak profesional seperti guru formal di sekolah. Bahkan, sebetulnya menjadi guru privat itu tuntutan dan tanggung jawabnya juga besar. Pasalnya, ia akan memiliki hubungan yang lebih intim dengan siswanya. Ia dituntut untuk bisa memberikan perhatian penuh pada peserta didiknya. Orang tua siswa juga mengharapkan agar hal-hal yang tidak dimengerti siswa di sekolah dapat dijelaskan dengan lebih baik oleh guru privat. Jika kamu akan memulai karirmu sebagai seorang guru privat, kamu perlu mengetahui hal-hal berikut ini di hari pertamamu mengajar. Dijamin, kamu akan terlihat profesional.

    Pastikan kamu mengetahui data diri siswa

    menjadi guru privat - orang membaca kertas sambil tersenyum Guru membaca biodata siswa. (Sumber: shutterstock.com)

    Sebelum menerima pekerjaan menjadi guru privat, kamu pasti sudah mengetahui beberapa hal mengenai siswamu. Misalnya, nama siswa, jenjang pendidikannya, kelasnya, alamat rumahnya dan mata pelajaran yang akan kamu ajar. Pastikan kamu hafal informasi tersebut di luar kepala. Tidak perlu mencari informasi sampai stalking media sosial siswa, ya. Hal tersebut malah akan membuatmu tidak profesional.

    Datang tepat waktu

    menjadi guru privat - wanita mengecek jam Mengecek jam untuk datang tepat waktu. (Sumber: mamamia.com.au)

    Dalam pekerjaan apapun, tepat waktu merupakan hal yang penting. Jika memungkinkan, sebaiknya kamu cek lokasi rumah siswamu terlebih dahulu sebelum hari pertamamu mengajar. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi berapa waktu yang akan kamu tempuh dalam perjalanan menuju rumah siswa. Kamu juga akan terhindar dari nyasar. Datang sedikit lebih awal lebih baik daripada datang terlambat.

    Gunakan baju yang sopan dan bawa peralatan yang diperlukan

    menjadi guru privat - teman kerja tersenyum Contoh baju yang santai dan sopan. (Sumber: thebalance.com)

    Meskipun terkesan santai karena mengajar di rumah, kamu tetap harus mengenakan pakaian yang sopan. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan yang dapat membantu kamu dalam mengajar. Misalnya, alat tulis dan buku terkait mata pelajaran yang akan kamu bahas di hari itu, serta media ajar yang menunjang. Malu, dong, kalau harus meminjam alat tulis milik siswamu? Jika kamu mau mengajar secara lebih kreatif dengan bantuan teknologi, kamu bisa membawa laptop.

    Berkenalan dan mengobrol dengan orang tua siswa

    menjadi guru privat - berkonsultasi dengan orang tua Mengobrol dengan orang tua siswa. (Sumber: therivardreport.com)

    Jika orang tua dari siswamu ada di rumah saat kamu datang, jangan lupa untuk berkenalan. Tanyakan hal-hal mengenai siswa yang dapat membantu kamu dalam mengajar. Misalnya, bagaimana gaya belajar, minat, atau prestasi siswa selama ini. Selain itu, tanyakan juga harapan dari orang tua siswa terhadap kegiatan belajar privat yang kamu ajar. Kamu juga bisa mengobrol santai dengan mereka, siapa tahu mereka bisa memperluas networking-mu.

    Ajak berkenalan dan mengobrol untuk mencairkan suasana

    menjadi guru privat - dua orang mengobrol Mengobrol santai dengan siswa. (Sumber: tay.kinja.com)

    Selain mengobrol dengan orang tua siswamu, tentunya kamu juga harus mengobrol dengan siswa itu sendiri. Awali dengan memperkenalkan dirimu. Setelah itu, kamu bisa menanyakan hal-hal tentang siswamu. Contohnya, hobi, musik kesukaannya, dan lain-lain. Usahakan untuk bersikap santai dan jangan kaku. Jika kamu berhasil mencairkan suasana dengan baik di hari pertama, hubunganmu dan siswamu akan seperti dua orang teman.

    Tanyakan kesulitan yang dihadapi siswa

    menjadi guru privat - guru mengajar muridnya Menanyakan kesulitan siswa. (Sumber: sheknows.com)

    Di sela-sela mengobrol, coba tanyakan kesulitan apa yang siswamu sering hadapi. Dengan demikian, kamu jadi tahu apa yang paling dibutuhkan oleh siswamu. Misalnya siswamu kesulitan di bidang fisika, kamu jadi bisa memperbanyak pembahasan mengenai Fisika. Mungkin ada juga topik-topik tertentu yang sulit untuk ia pahami. Kamu jadi bisa mengajar dengan lebih efektif, deh.

    Berikan apresiasi saat siswa berhasil memahami suatu pelajaran

    menjadi guru privat - guru tos dengan muridnya Mengapresiasi siswa. (Sumber: pearsoned.com)

    Sebagai seorang guru privat, kamu harus menjadi teman belajar yang menyenangkan. Berikan penjelasan dengan perlahan sampai siswamu paham. Jangan lupa untuk mengapresiasi siswa saat ia berhasil memahami suatu pelajaran. Siswa akan merasa senang jika diberi apresiasi dan dampak positifnya, ia juga akan semakin semangat belajar.

    Nah, jangan lupa lakukan tujuh hal di atas ya saat pertama kali datang ke rumah siswa privatmu. Jika ini bukan kali pertamanya kamu mengajar, tidak ada kata terlambat untuk memulai, kok, smart buddies. Yuk #BanggaJadiGuru dengan terus berusaha menjadi guru privat yang profesional. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang berprofesi sebagai guru privat, ya. Ceritakan juga pengalamanmu mengajar untuk pertama kalinya di kolom komentar. (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: inspirasi, Mengajar Cerdas, Mengajar Kreatif

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru