10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang Program Prakerja (Bagian 1)

Ruangguru Sep 14, 2020 • 5 min read


SA Prakerja - 10 Pertanyaan Program Prakerja-01

Artikel ini memberikan penjelasan dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar program Prakerja.

--

Program Kartu Prakerja yang telah diresmikan oleh pemerintah pada 20 Maret 2020 lalu banyak mendapat respon positif dari masyarakat. Pasalnya, program ini dibentuk untuk membantu mengembangkan kompetensi dengan memberikan bantuan biaya pelatihan bagi para pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang ingin meningkatkan kemampuannya.

Namun, masih banyak masyarakat, baik yang belum mendaftar atau yang sudah menjadi penerima Kartu Prakerja merasa bingung dengan beberapa kebijakan/ketentuan dari program ini. Berikut beberapa penjelasan dari pertanyaan yang sering ditanyakan terkait program Prakerja.

Baca juga: Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Program Kartu Prakerja

 

1. Apakah perlu melakukan pendaftaran ulang jika kehabisan kuota di gelombang sebelumnya?

Anda tidak perlu lagi memasukkan semua data untuk melakukan pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, Anda masih bisa memilih gelombang berikutnya.

 

2. Berapa kali bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan?

Jika Anda menerima Kartu Prakerja, maka bantuan hanya diberikan sekali saja. Namun, Anda bisa menggunakannya untuk mengikuti beberapa pelatihan di mitra resmi program Kartu Prakerja.

 

3. Apakah saldo Kartu Prakerja dapat dipakai oleh orang lain?

Saldo Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan kepada orang lain. Artinya, saldo hanya dapat digunakan oleh Anda sendiri sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja.

 

4. Apakah saldo bantuan pelatihan ada masa kadaluarsanya?

Ya. Apabila Anda lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, Anda harus menggunakan saldo bantuan tersebut untuk mengikuti pelatihan di Mitra Platform Digital yang resmi dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima. Saldo ini juga wajib Anda gunakan dalam tahun anggaran berjalan. Jika sudah kadaluarsa/hangus, maka saldo bantuan pelatihan akan dikembalikan ke rekening kas negara.

 

5. Bagaimana jika gagal menggunakan saldo di Mitra Platform Digital?

Pastikan Anda telah memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP yang benar saat membeli kelas pelatihan di Mitra Platform Digital. Jika masih menemukan kendala, maka Anda bisa menghubungi Customer Service Mitra Platform Digital atau dapat juga menghubungi info@prakerja.go.id.

 

6. Apakah penerima Kartu Prakerja dapat mengikuti lebih dari satu pelatihan?

Bisa, asalkan Anda masih memiliki sisa saldo yang cukup untuk membeli kelas pelatihan yang lain. Selain itu, Anda juga hanya boleh membeli dan mengikuti pelatihan yang kedua setelah menyelesaikan pelatihan yang pertama.

 

7. Siapa saja yang bisa mendapatkan insentif?

Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah dan telah menyelesaikan pelatihan pertama.

 

8. Apa saja jenis insentif yang didapat dan berapa jumlahnya?

Insentif yang akan didapat bagi para penerima Kartu Prakerja terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  • Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp2.400.000,00, terdiri dari Rp600.000,00 / bulan (selama 4 bulan).
  • Insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp150.000,00, terdiri dari Rp50.000,00/survei (ada 3 survei).

 

9. Kapan penerima Kartu Prakerja bisa mendapatkan insentif?

1) Insentif Pelatihan

Anda akan menerima insentif pelatihan apabila:

a. Telah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat.

b. Jika Anda mengikuti lebih dari satu pelatihan, maka insentif pelatihan hanya diberikan saat Anda menyelesaikan pelatihan yang pertama. Artinya, tidak akan ada insentif untuk pelatihan kedua, dan seterusnya.

c. Telah memberikan ulasan dan penilaian terhadap lembaga pelatihan yang kamu pilih.

d. Telah berhasil mendaftarkan nomor rekening bank atau e-wallet yang telah tervalidasi di akun website www.prakerja.go.id.

Penyaluran data peserta yang sudah menyelesaikan kelas akan langsung dikirimkan setiap harinya oleh Skill Academy ke mitra pelatihan Prakerja, setelah itu data peserta akan disampaikan ke manajemen pelaksana Prakerja selama 3-7 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur Nasional).

2) Insentif Survei

Insentif survei akan diterima jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas program Kartu Prakerja.

 

10. Seperti apa bentuk insentif yang akan diberikan?

Insentif yang akan diberikan bersifat non-tunai dengan cara ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, OVO, atau GoPay milik peserta.

Baca juga: 5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

 

Nah, itu lah penjelasan dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang program prakerja. Anda juga dapat menghubungi info@prakerja.go.id dan Customer Service pada lembaga pelatihan yang Anda pilih untuk bertanya lebih jauh terkait kendala yang Anda hadapi. Jika Anda masih bingung memilih lembaga pelatihan mana yang tepat, Anda bisa mencoba mengikuti kelas pelatihan di SkillAcademy. Di sana, Anda akan dipandu oleh instruktur profesional dalam mengembangkan karir dan skill Anda menjadi lebih baik.

New call-to-action

Beri Komentar