Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan | Biologi Kelas 12

Biologi Kelas 12 : Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan

RG Squad, apa kalian tahu beda antara tumbuh dan berkembang? Awas, jangan sampai keliru lho ya. Kalian harus bisa bedakan ya antara pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi biji yang berkecambah kemudian menjadi tumbuhan utuh. Sementara perkembangannya dimulai ketika tumbuhan mulai tumbuh menjadi dewasa, dan menghasilkan bunga, buah, biji, atau alat perkembangbiakan lain. Nah, pada tumbuhan itu sendiri terbagi atas pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

  1. Pertumbuhan primer: Pertumbuhan yang terjadi di ujung akar dan ujung batang (meristematik primer), dan
  2. Pertumbuhan sekunder: Pertumbuhan yang terjadi di kambium (meristematik sekunder).

1. PERTUMBUHAN PRIMER

Pertumbuhan primer terjadi karena adanya aktivitas di jaringan apikal (meristematik primer). Pertumbuhan ini terjadi secara bertahap di tiga daerah. Yaitu daerah pembelahan (proliferasi), pemanjangan (elongasi), dan daerah diferensiasi.

  1. Daerah pembelahan, berada di bagian ujung akar dan ujung batang.
  2. Daerah pemanjangan, terletak setelah daerah pembelahan. Di daerah ini, sel akan mengalami pemanjangan dan pembesaran. Akibatnya, tumbuhan pun akan menjadi lebih besar dari sebelumnya.
  3. Daerah diferensiasi, daerah yang sel-selnya mengalami perubahan fungsi menjadi jaringan yang lebih kompleks. Seperti misalnya: epidermis, korteks, xylem, floem, dan sklerenkim,  

pertumbuhan primer

2. PERTUMBUHAN SEKUNDER

Pertumbuhan sekunder terjadi akibat adanya aktivitas di jaringan kambium (meristematik sekunder). Pembelahan kambium ke arah luar akan membentuk floem sekunder. Sementara pembelahan ke arah dalam, akan membentuk xylem sekunder. Pohon-pohon yang ada di sekitar kita diameternya menjadi lebar.

Nah, pertumbuhan sekunder ini penyebabnya. Pembelahan pada jaringan kambium ini akan menyebabkan terjadinya pelebaran batang, pembentukan lingkaran tahun, serta jari-jari empulur.

pertumbuhan primer

Pembelahan kambium menjadi xylem dan floem sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Hal ini menyebabkan kecepatan pembelahan yang terjadi di musim hujan berbeda dengan pembelahan di musim kering. Perbedaan inilah yang mengakibatkan munculnya lingkaran konsentris/lingkaran tahun di batang pohon.

pertumbuhan primer

Gimana RG Squad? Itu tadi pembahasan mengenai pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. Kalau kamu ingin lebih dalam mempelajari biologi, yuk langsung gabung di ruangbelajar! Ada banyak video animasi dan soal-soal buat latihan lho.

New Call-to-action

Beri Komentar